Comscore Tracker

7 Makanan Halal Khas Thailand, Sensasi Rasanya Mirip Kuliner Indonesia

Sesi kulineran di Negeri Gajah Putih jadi makin asyik

Berlibur ke Thailand kurang lengkap tanpa menikmati makanan khas karena sajian kuliner ala Negeri Gajah Putih ini menawarkan cita rasa berempah layaknya masakan Indonesia. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir untuk mencicipi makanan di Thailand sebab memiliki rasa yang pas di lidah orang Indonesia.

Nah, buat kamu yang berencana melancong ke Thailand dan ingin mencicipi makanan halal di sana, tom yam hingga gaeng keow wan gai menjadi salah satu hidangan yang bisa kamu coba, lho. Biar gak penasaran, langsung saja simak selengkapnya makanan halal khas Thailand berikut ini.

1. Tom yum

7 Makanan Halal Khas Thailand, Sensasi Rasanya Mirip Kuliner IndonesiaTom yam (freepik.com/jcomp)

Salah satu makanan khas Thailand yang begitu populer oleh masyarakat dunia adalah tom yam. Sajian berkuah ini menawarkan cita rasa pedas serta asam sehingga ia menjadi daftar makanan yang wajib dicoba kala berada di Negeri Gajah Putih.

Kenikmatan rasa dari tom yam sendiri juga bervariasi di antaranya tom yam goong berbahan dasar udang, tom yam pla dari ikan, dan tom yam taek menggunakan perpaduan makanan laut. Dengan miliki variasi ini tentu menjadikan kamu bisa menikmati tom yam menurut selera.

2. Som tam

7 Makanan Halal Khas Thailand, Sensasi Rasanya Mirip Kuliner IndonesiaSom tam (freepik.com/jcomp)

Som tam terbuat dari serutan pepaya muda yang dibumbui dengan bawang putih, tomat, cabai, jeruk nipis, dan saus ikan. Dari perpaduan bumbu inilah menghasilkan cita rasa som tam yang pedas, manis, serta gurih.

Menawarkan rasa dan tampilan layaknya kuliner khas Indonesia, yakni rujak buah. Bahkan, kelezatan som tam juga diakui sebagai 50 makanan terenak di dunia versi CNN, lho. Dengan demikian, som tam jadi makanan yang wajib kamu coba ketika berada di Thailand, nih.

3. Pad thai

7 Makanan Halal Khas Thailand, Sensasi Rasanya Mirip Kuliner IndonesiaPad thai (freepik.com/jcomp)

Penikmat makanan mi di Thailand cukup tinggi sehingga negara dengan julukan Negeri Gajah Putih ini memiliki banyak suguhan mi dari non halal hingga halal tersedia di sini. Nah, jika kamu menginginkan kuliner halal, pad thai menjadi makanan yang recommended buat kamu coba, nih.

Pad thai sendiri adalah tumisan mi dari tepung beras dengan dilengkapi telur, tahu, sayuran, dan ada juga yang dilengkapi seafood seperti udang, cumi-cumi, serta kepiting. Perpaduan rasa yang pas di lidah orang Indonesia, pad thai dapat ditemui di restoran maupun secara kaki lima.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Halal di Kuta Bali, Ramah Muslim

4. Massaman curry

7 Makanan Halal Khas Thailand, Sensasi Rasanya Mirip Kuliner IndonesiaMassaman curry (freepik.com/jcomp)

Massaman curry menjadi kuliner khas Thailand Selatan yang dipengaruhi oleh masakan Melayu serta India. Hidangan kari ini umumnya terbuat dari daging sapi dan bumbu rempah sehingga memiliki rasa pedas tapi sedikit manis.

Menawarkan sensasi rasa layaknya masakan Melayu yang berempah, massaman curry menjadi makanan halal sekaligus kuliner terenak di Asia versi CNN, lho. Di negara asalnya, ia kerap dinikmati bersama roti.

5. Khao soi

7 Makanan Halal Khas Thailand, Sensasi Rasanya Mirip Kuliner IndonesiaKhao soi (freepik.com/jcomp)

Penggemar sajian mi di Negara Asia terbilang banyak sehingga ia mudah ditemui di setiap Negara Asia. Salah satunya saat berada di Thailand kamu dapat menjumpai varian hidangan mi dengan nama khao soi.

Khao soi sendiri memiliki tampilan layaknya laksa yang dengan ciri khasnya berisi mi serta daging ayam atau sapi. Nah, keunikan dari khao soi adalah disajikan dengan topping mi goreng kering dan dinikmati bersama sayur asin. 

6. Tom kha gai

7 Makanan Halal Khas Thailand, Sensasi Rasanya Mirip Kuliner IndonesiaTom kha gai (freepik.com/jcomp)

Tom kha gai adalah sejenis tom yam yang punya ciri khas kuah berwarna putih dengan bahan pembuatannya menggunakan bahan dasar daging ayam dan jamur. Meski memiliki kuah berwarna putih, namun tom kha gai menawarkan cita rasa yang tak kalah pedas, lho.

Hal ini, karena dalam proses memasak tom kha gai menggunakan bumbu rempah seperti lengkuas, jahe, serai, cabai, serta ketumbar. Dengan perpaduan pedas dari rempah inilah menjadikan tom kha gai sangat cocok dinikmati saat hawa dingin melanda.

7. Gaeng keow wan gai

7 Makanan Halal Khas Thailand, Sensasi Rasanya Mirip Kuliner IndonesiaGaeng keow wan gai (freepik.com/jcomp)

Jika umumnya masakan kari berwarna merah, maka lain halnya dengan kuliner khas Thailand yang satu ini. Dia adalah gang keow wan gai, yakni hidangan kari berwarna hijau yang didapat dari penggunaan bumbu dasar cabai hijau.

Nah, dengan memiliki kuah warna hijau tentu menjadikan masakan kari berbahan dasar ayam ini menawarkan rasa lebih pedas dibanding kari pada umumnya. So, buat kamu penggemar pedas wajib banget cobain kuliner yang juga dijuluki thai green curry chicken.

Dengan adanya makanan halal khas Thailand seperti di atas tentu menjadikan kita gak khawatir saat kulineran di Negeri Gajah Putih. Selain sederet sajian ini masih banyak lagi kuliner halal lainnya, lho yang tentunya bisa kamu telusuri lebih jauh kala ada di Thailand. Selamat berkulineran ria!

Baca Juga: Deretan Kuliner Halal yang Wajib Dicoba di Kota Manado

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya