Comscore Tracker

5 Tempat Makan Rujak Soto di Banyuwangi, Recommended Buat Dicoba

Wajib dijajal ketika berlibur ke Banyuwangi

Rujak soto adalah salah satu kuliner berkuah khas Banyuwangi dengan memadukan sayuran, daging babat, lontong, dan isian pelengkap lainnya. Kuahnya bercita rasa pedas gurih dipadu topping pelengkap, seketika rujak soto terasa mengenyangkan. Banyak dijadikan sebagai opsi menu sarapan hingga makan malam oleh warga lokal, lho.

Nah, buat kamu sedang berada di Banyuwangi yang bingung mencari tempat makan rujak soto terenak. Berikut rekomendasi spot makan rujak soto untuk kamu singgahi.

1. Pondok Rujak Soto

5 Tempat Makan Rujak Soto di Banyuwangi, Recommended Buat DicobaPondok Rujak Soto (instagram.com/farisaris)

Pondok Rujak Soto termasuk salah satu tempat makan rujak soto legendaris yang banyak dikunjungi oleh berbagai tokoh kalangan saat melancong ke Banyuwangi. Seporsi rujak soto di sini isiannya cukup melimpah, yakni terdiri daging babat, lontong, sayuran, telur bacem, dan kerupuk.

Memadukan isian porsi melimpah dengan kombinasi cita rasa sedap, menikmati rujak soto di sini bakalan nikmat banget dengan melengkapinya bareng es dawet, es temulawak, es buah, es kolak, dan lain sebagainya.


Lokasi: Jalan Basuki Rahmat Nomor 113, Kelurahan Singotrunan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi

Jam operasional:
09.00-21.00 

Harga: Rp25.000 ribu

2. Rujak Soto Mak Sum

5 Tempat Makan Rujak Soto di Banyuwangi, Recommended Buat DicobaRujak Soto Mak Sum (dok.pribadi/Setya Nanda P.)

Rujak soto legendaris ini berlokasi di Kelurahan Kampung Mandar yang mulai berjualan dari siang hingga malam hari. Selalu menjadi tempat nongkrong andalan di saat jam makan siang, seporsi rujak soto di sini dihargai mulai Rp10.000-20.000 ribu.

Satu porsi rujak milik Mak Sum umum seperti isian rujak soto pada umumnya, yakni terdiri daging babat, sayuran, serta lontong. dan kerupuk. Biar makin sedap, jangan lupa juga untuk cobain tahu walik yang disajikan bareng petis mandar.

Lokasi: Jalan Letjen Di. Panjaitan Nomor 49, Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi

Jam operasional: 11.30-20.30 WIB

Harga: Rp10.000-20.000 ribu

Baca Juga: Serba-serbi Rujak Soto, Kuliner Unik Asli Banyuwangi?

3. Rujak Soto Mbok Mbret

5 Tempat Makan Rujak Soto di Banyuwangi, Recommended Buat DicobaRujak Soto Mbok Mbret (instagram.com/arievrahman)

Tempat makan Rujak Soto Mbok Mbret berada di Desa Benculuk Kecamatan Cluring, atau lebih tepatnya terletak di depan bekas gedung bioskop Silva Benculuk. Berkesempatan mampir ke warung makan ini, seporsi rujak soto disuguhi isian daging babat, sayuran, tahu, lontong, taburan bawang goreng, dan kecap manis. 

Berciri khas cita rasa pedas, gurih, serta manis, salah satu favorit pelanggan di sini ialah menikmati rujak soto bersama es dawet tape. Manis segarnya seketika menetralkan sensasi pedas rujak soto, nih.

Lokasi: Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi

Jam operasional: 10.00-16.00 WIB (hari minggu libur)

Harga: Rp20.000 ribu


4. Rujak Soto Losari

5 Tempat Makan Rujak Soto di Banyuwangi, Recommended Buat DicobaRujak Soto Losari (instagram.com/bubueataway)

Berada di Kelurahan Kepatihan ada salah satu tempat makan rujak soto yang worth it untuk kamu singgahi, nih. Tempat makan berkonsep ala perumahan ini menyuguhkan satu porsi rujak dengan isian potongan daging babat, sayuran, lontong, tempe goreng, dan emping.

Porsinya melimpah dengan cita rasa pedas gurih, untuk meminimalisirnya kamu bisa mencoba kesegaran es dawet maupun es campurnya yang khas.

Lokasi: Jalan Progo, Kelurahan Kepatihan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi

Jam operasional: 09.00-15.00 WIB

Harga: Rp25.000 ribu

5. Warung Rujak Soto Bu Ijah

5 Tempat Makan Rujak Soto di Banyuwangi, Recommended Buat DicobaRujak Soto Bu Ijah (instagram.com/amandaakohar)

Rekomendasi terakhir tempat makan rujak soto yang recommended buat kamu datangi ini berada di Jalan Borobudur. Pernah menjuarai sebagai festival rujak terenak, tentu menjadikan kamu tak perlu khawatir soal rasa yang ditawarkan.

Ada banyak pilihan menu rujak untuk bisa kamu coba, seporsi rujak soto di sini disajikan melimpah dengan isian daging babat, tahu, sayuran, lontong, bawang goreng, dan kecap. Side dish favorit di sini ada jenang, es temulawak, serta es dawet.

Lokasi: Jalan Borobudur, Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi

Jam operasional:

  • 09.00-16.00 WIB
  • 09.00-17.30 WIB (hari minggu)

Harga: Rp17.500 ribu

Kalau tiba-tiba perut keroncongan saat melancong ke Banyuwangi, langsung saja, yuk melipir ke tempat makan rujak soto di atas. Selalu ramai pengunjung, diharapkan bersabar mengantre, ya.

Baca Juga: Resep Soto Kemiri, Soto Ayam Santan yang Kuah Kaldunya Ringan

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal positif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya