Comscore Tracker

5 Sajian Sate Ayam dengan Bumbu Kacang, Pedas Gurihnya Sedap Abis

Disantap bareng lontong biar makin puas

Dengan ciri khas ditusuk menggunakan lidi bambu menjadi salah satu yang membuat kuliner sate mendunia. Tersedia banyak jenis sate, di antaranya yang paling populer adalah sate ayam. Teksturnya empuk dengan dipadu bumbu pedas, kenikmatan dari sate ayam memang tak perlu ditanya.

Gak melulu disajikan bumbu kecap berisi irisan bawang, cabai, dan tomat, berikut beberapa pilihan sajian sate ayam dengan bumbu sambal kacang yang layak buat kamu coba.

1. Sate ayam khas senayan

5 Sajian Sate Ayam dengan Bumbu Kacang, Pedas Gurihnya Sedap AbisSate ayam khas Senayan (instagram.com/susiairin_ling)

Buat kamu penggemar sate berdomisili di Jakarta, pasti tak asing lagi dong dengan sate ayam khas Senayan. Sate ayam senayan sendiri adalah satu item menu legendaris berupa sate ayam berbumbu kacang dari kedai dengan nama senayan.

Kini, tak hanya berpusat di Jakarta melainkan juga tersebar di beberapa kota di Indonesia. Dengan begitu, menjadikan kamu bisa mencicipi sate ayam khas Senayan kapan saja dan di mana saja.

2. Sate ayam ponorogo

5 Sajian Sate Ayam dengan Bumbu Kacang, Pedas Gurihnya Sedap AbisSate ayam ponorogo (instagram.com/michellemawar)

Sate ayam menggunakan bumbu kacang ini asalnya dari Ponorogo, Jawa Timur. Varian sate ini kerap dijadikan wishlist oleh para pelancong saat mencoba kulineran enak saat mengginjakkan kaki di Kota Reog, nih.

Terdiri dari daging ayam yang telah dipotong dadu kemudian dilumuri bumbu halus bawang merah, bawang putih, gula merah, ketumbar, kemiri, garamlengkuas, dan jinten. Setelah itu, daging berlumur bumbu tersebut dibakar matang dan siap disantap bareng topping sambal kacang.

Baca Juga: Resep Sate Ayam Bumbu Merah ala Sate Ratu Yogyakarta yang Hits!

3. Sate ayam banjar

5 Sajian Sate Ayam dengan Bumbu Kacang, Pedas Gurihnya Sedap AbisSate ayam banjar (instagram.com/lilyminarosa)

Sate ayam khas Banjar ini memiliki ciri khas bumbu kacang lain dari biasanya, yakni merah merona. Seketika terlihat menggoda selera, dalam pembuatan sate banjar biasanya menggunakan bagian paha atau dada ayam.

Potongan daging ini lalu dimarinasi bumbu bawang putih, margarin, jeruk nipis, kecap, garam, gula, dan lada. Setelah itu, dibakar bersama olesan bumbu kacang yang telah ditumis. Sate ayam ala Banjar siap dinikmati dengan kucuran sambal rawit.

4. Sate ayam madura

5 Sajian Sate Ayam dengan Bumbu Kacang, Pedas Gurihnya Sedap AbisSate ayam madura (instagram.com/matthewgilank)

Tanah Madura memang terkenal dengan kuliner satenya yang bercita rasa menguggah selera dari mulai sate sapi, kambing, hingga ayam semuanya terkenal nikmat. Berbicara soal sate ayam, tentu di daerah Madura ini menyuguhkannya dengan sambal kacang.

Selain itu, ciri khas lain dari sate ayam madura adalah disajikan bersama acar bawang serta sambal rawit. Rasa pedas gurihnya memang paling cocok menikmati sate ayam khas Madura bareng pelengkap lontong.

5. Sate ayam padang

5 Sajian Sate Ayam dengan Bumbu Kacang, Pedas Gurihnya Sedap AbisSate ayam padang (instagram.com/cempakaayu18)

Selain cita rasa nasi padang yang tersohor juara menggoyang lidah, kuliner lain seperti sajian sate padang pun memiliki rasa tak perlu diragukan. Dalam pembuatannya, sate khas tanah Minang ini bisa menggunakan bahan dasar daging sapi atau ayam.

Tumis potongan daging dengan bumbu bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, cabai merah, cabai rawit, jinten, ketumbar, lada, pala, dan jahe. Setelah itu, tusuk daging sate dan dibakar matang. Siap disajikan bareng bumbu sambal kacang dan lontong.

Pedas gurihnya dari sambal kacang membuat cita rasa sate ayam makin nambah nikmat. Gak heran, kenikmatannya inilah kerap dinikmati dengan pelengkap lontong.

Baca Juga: Resep Sate Jamur Bumbu Kacang Nikmat, Cocok untuk Vegetarian

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya