Comscore Tracker

Gak Melulu Jogja, Ini 5 Tempat Makan Gudeg di Solo yang Bisa Kamu Coba

Buat kamu penggemar gudeg, wajib coba ini! #LokalIDN

Gudeg identik dikenal sebagai salah satu kuliner khas Jogja. Namun saat kamu berlibur ke Solo, kamu juga dapat menjumpai hidangan istimewa ini lho. Gak jauh beda dengan gudeg khas Joga, gudeg khas Solo juga disajikan dengan seporsi nasi hangat beserta tambahan lauk pauk.

Cita rasanya yang tak terlalu manis dan lebih dominan gurih, cocok banget dicoba buat kamu yang tak suka dengan rasa manis terlalu pekat.

Nah gimana, tertarik ingin menikmati gudeg khas Solo ini? Yuk, langsung saja intip rekomendasinya berikut ini.

1. Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno

Gak Melulu Jogja, Ini 5 Tempat Makan Gudeg di Solo yang Bisa Kamu CobaGudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno (instagram.com/afterworking)

Beroperasi dini hari sampai pagi hari, Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno bisa dikatakan sebagai salah satu gudeg paling legendaris di Solo. Sesuai nama, menu utama di sini adalah gudeg ceker yang terkenal memiliki rasa dengan kelezatan yang gak bisa ditolak. 

Sementara itu dalam seporsinya berisi nasi, daging ayam, kuah kaldu, sambal krecek, telur, dan tidak ketinggalan pula cekernya yang begitu gurih. Perpaduan bumbunya pas, rasanya begitu nikmat di lidah.

Alamat: Jalan Wolter Monginsidi No.41-43, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57134.

Jam operasional: Setiap Hari, 02:00-07:00 WIB.

Harga: Mulai Rp15 ribu per porsi.

2. RM Adem Ayem

Gak Melulu Jogja, Ini 5 Tempat Makan Gudeg di Solo yang Bisa Kamu CobaRM Adem Ayem (instagram.com/theresia_betha8)

RM Adem Ayem sekilas seperti rumah makan pada umumnya yang menyediakan beragam menu nikmat. Namun salah satu menu paling diminati di sini adalah gudeg.

Menjadi salah satu menu favorit, satu porsi gudeg di RM Adem Ayem berisi nasi, telur, daging ayam, krecek, dan nangka. Selain gudeg, ada pula menu lain yang bisa kamu pilih lho. Penasaran ada apa saja, makanya langsung saja mampir ke sini ya!

Alamat: Jl. Slamet Riyadi No.342, Penumping, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141.

Jam operasional: Setiap Hari, 06:00-21:30 WIB.

Harga: Mulai Rp20 ribu per porsi.

Baca Juga: 6 Keistimewaan Gudeg Ceker Bu Kasno, Kuliner Legendaris Kota Solo

3. Gudeg Bu Mari

Gak Melulu Jogja, Ini 5 Tempat Makan Gudeg di Solo yang Bisa Kamu CobaGudeg Bu Mari (instagram.com/waosansurakarta)

Buat kamu penggemar gudeg dengan sensasi berbeda, kamu bisa mampir ke Gudeg Bu Mari. Berada di jalan Gatot Subroto, tempat makan ini merupakan salah satu warung gudeg yang cukup melegenda.

Dikenal memiliki cita rasa pedas, seporsi gudeg di sini disajikan bersama nasi, nangka, daging ayam, telur, sambal krecek, dan ayam suwir. Sensasi pedasnya yang menggigit dijamin puas. Namun jika terasa kurang pedas, kamu juga bisa menambah cabai rawit utuh biar rasanya makin maknyus.

Alamat: Jl. Gatot Subroto, Kemlayan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57151.

Jam operasional: Setiap Hari, 17:00-12:00 WIB.

Harga: Mulai Rp10 ribu per porsi.

4. Gudeg Mbak Yus

Gak Melulu Jogja, Ini 5 Tempat Makan Gudeg di Solo yang Bisa Kamu CobaGudeg Mbak Yus (instagram.com/wesmira)

Gudeg gak hanya nikmat disantap bersama nasi hangat. Dinikmati bersama bubur pun, cita rasa gudeg makin mantap. Hal ini bisa kamu jumpai saat berada di tempat makan Gudeg Mbak Yus.

Dalam satu porsinya disajikan nasi atau bubur. Sementara isian lauknya berisi daging ayam, krecek, telur, dan ceker. Dijamin deh soal sensasi rasa gak perlu diragukan lagi.

Alamat: Jl. RA Kartini No.12, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131.

Jam operasional: Setiap Hari, 18:00-00:00 WIB.

Harga: Mulai Rp30 ribu per porsi.

5. Gudeg Ceker Bu Yati

Gak Melulu Jogja, Ini 5 Tempat Makan Gudeg di Solo yang Bisa Kamu CobaGudeg Ceker Bu Yati (instagram.com/kuliner_asiksolo)

Gudeg Ceker Bu Yati menjadi salah satu pilihan tempat makan gudeg terakhir buat kamu kunjungi saat berada di Solo. Menawarkan aneka isian lauk seperti krecek, ceker, babat, sate telur, hingga nangka. Memberikan kenikmatan tersendiri di lidah penikmat gudeg khususnya khas Solo berkat cita rasanya yang pedas gurih begitu menggiurkan. Dijamin, deh langsung dibikin ketagihan!

Alamat: Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131.

Jam operasional: Setiap Hari, 18:00-01:00 WIB.

Harga: Mulai Rp15 ribu per porsi.

Nah, itulah dia kelima tempat makan gudeg di Solo paling rekomendasi. Cocok banget buat dicoba untuk kamu yang penasaran ingin menikmati gudeg dengan cita rasa berbeda.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Gudeg Paling Lezat di Jogja, Ingin Coba yang Mana Dulu?

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya