Comscore Tracker

5 Tempat Makan Legendaris di Jakarta, Konsisten Sediakan Menu Lezat

Dari menu berat hingga dessert, semuanya ada!

Di tengah kota Jakarta yang ramai akan kuliner kekinian, ternyata masih menyimpan berbagai tempat makan legendaris yang bisa kamu agendakan untuk dikunjungi.

Sudah ada sebelum makanan hits terkenal seperti sekarang, pilihan tempat makan legendaris ini jadi langganan orang tua kita dulu.

Buat kamu yang tiba-tiba pengin throwback akan kuliner legendaris, di bawah ini terdapat rekomendasi tempat makan legendaris di Jakarta yang layak untuk dikunjungi.

1. Bakmi Gang Kelinci

5 Tempat Makan Legendaris di Jakarta, Konsisten Sediakan Menu LezatBakmi Gang Kelinci (instagram.com/sibungbung)

Sudah ada sejak tahun 1957, sampai saat ini Bakmi Gang Kelinci menjadi tempat makan legendaris yang tetap masih mempertahankan eksistensinya. Terletak di kawasan Pasar Baru, Bakmi Gang Kelinci menghadirkan menu andalannya yakni bakmi.

Cita rasanya tersohor auentik, kamu bisa mencicipi berbagai varian bakmi, i-fue mie, nasi goreng, pangsit rebus, mie ayam, kwetiau, sampai-sampai dimsum pun ada lho. Benar-benar menjadi paket komplet ya?

Lokasi: Jl. Kelinci Raya No.1-3, RW.3, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710.

Jam operasional:

  • setiap hari, pukul 07:00-21:00 WIB.
  • kecuali minggu, pukul 07:00-19:30 WIB.

Harga: mulai Rp25 ribu.

2. Kopi Es Tak Kie

5 Tempat Makan Legendaris di Jakarta, Konsisten Sediakan Menu LezatKopi Es Tak Kie (instagram.com/amosbaikbaik)

Buat kamu penggemar kopi berdomisili di kawasan Glodok, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan Kopi Es Tak Kie. Ya, kedai kopi yang sudah beroperasi sejak tahun 1927 ini hingga kini menjadi tempat nongkrong favorit oleh berbagai kalangan usia.

Menu andalan di sini adalah es kopi dengan cita rasa tempo dulu. Manisnya pas dipadu dingin menyegarkan, benar-benar bikin refresh. Nah sembari ngopi, paling mantap menjajal menu lain juga lho seperti bakmi ayam, nasi campur, hingga nasi tim.

Lokasi: Gang Gloria, Glodok, Jl. Pintu Besar Selatan III No.4-6, RT.7/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120.

Jam operasional:

  • senin-kamis, pukul 06:30-14:00 WIB.
  • jum'at-minggu, pukul 06:30-12:30 WIB.

Harga: mulai Rp11 ribu.

Baca Juga: 5 Kuliner Legendaris di Suryakencana yang Wajib Kamu Coba, Enak Semua!

3. Ketan Susu Kemayoran

5 Tempat Makan Legendaris di Jakarta, Konsisten Sediakan Menu LezatKetan Susu Kemayoran (instagram.com/laparmanjaa)

Beroperasi selama 24 jam, kedai yang satu ini bisa menjadi ide tempat nongkrong sederhana tapi asyik. Di sini, kamu bisa menyantap menu nasi ketan dipadu manis gurihnya susu dan parutan kelapa.

Nasi ketan susu ini tidak dimakan sendirian, melainkan dilengkapi gorengan, teh poci, maupun kopi. Layaknya seperti angkringan, warung yang telah beroperasi sejak tahun 1958 ini benar-benar affordable.

Lokasi: Jl. Kemayoran Gempol Jl. Garuda No.11, RT.11/RW.8, Ujung, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10620.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga: Rp5 ribu.

4. Kedai Zainal Fanani 1967

5 Tempat Makan Legendaris di Jakarta, Konsisten Sediakan Menu LezatKedai Zainal Fanani 1967 (instagram.com/christianian)

Termasuk ke dalam jajaran tempat makan nasi uduk Betawi terlegendaris, Kedai Zainal Fanani 1967 menawarkan menu andalan berupa nasi uduk khas Betawi lengkap dengan aneka lauk pauk.

Sudah berdiri sejak tahun 1967, kedai ini memiliki cukup banyak cabang yang tersebar di beberapa kawasan kota Jakarta. Jadi, kamu bisa mendatangi cabang terdekatmu ya.

Lokasi: Jl. Kb. Kacang 8 No.5, RT.1/RW.5, Kb. Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10240.

Jam operasional: setiap hari, pukul 10:00-00:00 WIB.

Harga: mulai Rp50 ribu.

5. Es Krim Ragusa Italia

5 Tempat Makan Legendaris di Jakarta, Konsisten Sediakan Menu LezatEs Krim Ragusa Italia (instagram.com/makananarthur)

Hawa kota Jakarta yang cenderung panas memang paling enak menikmati sesuatu yang menyegarkan nih, tapi kira-kira apa ya? Nah, gimana kalau kita cobain es krim saja di kedai Es Krim Ragusa Italia. Kedai ini terkenal legendaris lho karena sudah hadir sejak tahun 1932, jadi soal cita rasa tidak perlu diragukan deh.

Di sini, tersedia berbagai macam varian es krim yang gak membosankan, harganya pun affordable. Pokoknya, mantap banget deh!

Lokasi: Jl. Veteran I No.10, RT.4/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110.

Jam operasional: setiap hari, pukul 10:00-21:00 WIB.

Harga: mulai Rp20 ribu.

Pilihan tempat makan legendaris di atas hanyalah beberapa sekian dari banyaknya spot makan legendaris di Jakarta. Nah sebagai warga Jakarta, kamu pernah mampir ke yang mana nih?

Baca Juga: 5 Warung Pecel Paling Nagih di Jakarta, Cocok untuk Kuliner Malam

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal positif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya