Comscore Tracker

10 Takjil Favorit Masyarakat Turki, Orang Indonesia Juga Pasti Suka

#RamadanMasaKini Kayaknya gak cukup satu deh

Turki adalah salah satu negara dengan mayoritas penduduk muslim yang cukup besar. Ramadan di negara ini dirayakan dengan penuh suka cita dan meriah. Layaknya di Indonesia, negara yang beribu kota Ankara ini juga punya kekayaan takjil yang melimpah.

Uniknya, makanan Turki dipengaruhi oleh pencampuran budaya Asia dan Eropa. Hal ini dapat dilihat dengan tingginya penggunaan gandum untuk kudapan dan campuran rempah-rempah yang kaya pada setiap masakan.

Seperti berikut ini, 10 takjil khas Turki yang selalu hadir saat Ramadan dan berhasil bikin ngiler.

1. Lahmacun (pizza Turki)

10 Takjil Favorit Masyarakat Turki, Orang Indonesia Juga Pasti Suka onegreenplanet.org

Sejenis roti yang dilapisi dengan daging cincang, salad, dan sayuran. Perasan jeruk nipis menambah unik rasa lahmacun.

2. Borek

10 Takjil Favorit Masyarakat Turki, Orang Indonesia Juga Pasti Suka lezzet.com.tr

Ini sejenis pastelnya orang Turki, nih. Lapisan tepung yang diisi dengan sayuran, keju, dan potongan daging.

3. Baklava

10 Takjil Favorit Masyarakat Turki, Orang Indonesia Juga Pasti Suka taste.com.au

Pecinta makanan Turki pasti sudah gak asing dengan baklava, dong. Pastry satu ini jadi hidangan wajib menu buka puasa.

4. Pide

10 Takjil Favorit Masyarakat Turki, Orang Indonesia Juga Pasti Suka hellofresh.ca

Pide ini dikenal sebagai pizzanya Turki. Karena kaya akan hasil kacang-kacangan, topinya banyak menggunakan kacang merah atau kedelai. Tentunya ditambah sayuran segar seperti pizza pada umumnya.

5. Gullac

10 Takjil Favorit Masyarakat Turki, Orang Indonesia Juga Pasti Suka weloveist.com

Gullac bikin ngiler banget sih kalau dilihatin siang-siang pas lagi puasa. Kue satu ini merupakan kuliner tradisional Turki yang juga hanya ada pada bulan Ramadan. Dibuat dari campuran susu, delima, dan kacang-kacangan.

6. Lokum

10 Takjil Favorit Masyarakat Turki, Orang Indonesia Juga Pasti Suka wha.com.tr

Berlibur ke Turki, maka kamu akan menjumpai penjual lokum hampir setiap sudut jalan. Lokum merupakan permen gulali khas Eurasia.

7. Kayisi tatlisi

10 Takjil Favorit Masyarakat Turki, Orang Indonesia Juga Pasti Suka food.com

Berikutnya yang gak kalah unik adalah kuyisi talisi. Manisan buah plum yang diisi dengan krim dan kacang.

8. Baklali enginar

10 Takjil Favorit Masyarakat Turki, Orang Indonesia Juga Pasti Suka youtube.com/yemektekeyifvar

Baklali enginar berbahan dasar artichoke, salah satu tanaman yang dibudidayakan di Turki. Jadi tunas artichoke ditumis dengan sayuran, kacang, dan perasan lemon, lalu dihidangkan di atas pastry.

9. Su boregi

10 Takjil Favorit Masyarakat Turki, Orang Indonesia Juga Pasti Suka startupistanbul.com

Bahan pembuatan su boregi hampir sama dengan borek. Terbuat dari adonan tepung dan susu, lalu dicampur dengan lasagna.

10. Kunefe

10 Takjil Favorit Masyarakat Turki, Orang Indonesia Juga Pasti Suka hataykoy.com

Terakhir dan gak boleh terlewatkan adalah kunefe. Pastry dengan keju dan campuran pistachio yang menggoyang lidah.

Walaupun mungkin kamu belum sempat berkunjung ke Turki, tapi 10 takjil di atas bisa kamu nikmatin di beberapa gerai camilan di Indonesia, kok. Selamat menjalankan ibadah puasa dan menunggu waktu berbuka.

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya