Comscore Tracker

5 Trik Simpel Mengolah Kerang, biar Dagingnya Empuk dan Lezat

Ternyata butuh keterampilan khusus, gengs

Mengolah kerang dengan baik adalah pekerjaan yang tergolong susah-susah gampang. Langkah awalnya sederhana banget. Kerang hanya perlu dibersihkan, lalu direbus dan dimasak dengan bumbu yang diinginkan.

Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada "ritual" penting yang harus dilalui sebelum merebus kerang? Yup, demi mendapatkan rasa daging kerang yang gak keras alias empuk.

Kamu harus melakukan beberapa hal sebelum atau saat proses perebusan. Jadi gak cukup merebus kerang hanya dengan air bersih saja. Seperti apa cara? Yuk, praktikkan langsung lima trik simpel berikut ini.

1. Larutan cuka

5 Trik Simpel Mengolah Kerang, biar Dagingnya Empuk dan Lezatcnn.com

Kamu bisa mengunakan cuka biasa atau cuka apel untuk merendam kerang. Sebelum direbus, rendam kerang terlebih dahulu selama kurang lebih 3 jam. Kandungan asam akan membuat daging kerang menjadi lebih empuk.

2. Potongan pepaya

5 Trik Simpel Mengolah Kerang, biar Dagingnya Empuk dan Lezatdiycraftsy.com

Enzim nabati dapat jadi pelarut yang baik untuk kerang. Potong pepaya yang setengah matang kecil-kecil dan masukkan saat merebus kerang.

3. Larutkan teh pekat

5 Trik Simpel Mengolah Kerang, biar Dagingnya Empuk dan Lezatdrinkpreneur.com

Gak sekedar jadi minuman, teh juga mampu membuat kondisi daging kerang jadi empuk, lho. Larutkan teh (tanpa gula tentunya), lalu rendam dengan kerang beberapa jam sebelum kerang direbus.

Baca juga: 10 Olahan Keju Mozzarella Ini Bikin Ketagihan, Bikin Ludah Menetes!

4. Potongan jahe

5 Trik Simpel Mengolah Kerang, biar Dagingnya Empuk dan Lezatlivestrong.com

Jahe mengandung enzim proteolitik yang sangat baik untuk melembutkan daging, termasuk kerang. Saat merebusnya, jangan lupa tambahkan potongan jahe deh. Dijamin, rasa kerangnya bakal lebih enak.

5. Menggunakan jeruk nipis

5 Trik Simpel Mengolah Kerang, biar Dagingnya Empuk dan Lezatlivestrong.com

Sama halnya dengan cuka, jeruk nipis dengan kandungan asam dapat digunakan untuk membuat kerang lebih lezat. Rebus kerang dengan beberapa potong jeruk nipis. Selain itu, dapat memberikan aroma segar pada kerang.

Nah, itu tadi trik mudah yang bisa langsung kamu praktikkan di rumah. Bahannya pun sebagian besar dari buah dan bumbu dapur yang mudah diperoleh. Siap untuk memasak kerang?

Baca juga: 12 Kreasi Olahan Telur Paling Enak, yang Mana Favoritmu?

yummy-banner

Topic:

Just For You