Comscore Tracker

7 Dessert Khas Kalimantan Selatan Berbahan Tepung Beras, Bikin Nagih!

Gak cuma bentuknya, nama-nama dessert ini juga unik

Kalimantan Selatan merupakan provinsi yang memiliki banyak sungai di dalamnya. Salah satu kotanya, Banjarmasin bahkan memiliki julukan sebagai "kota seribu sungai". Uniknya, salah satu sungai (Sungai Barito) ini dimanfaatkan menjadi pasar terapung, yaitu pasar di mana proses jual beli dilakukan di atas perahu-perahu.

Di pasar terapung, kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan adalah jajanan pasarnya, alias dessert atau disebut juga wadai oleh masyarakat setempat. Mulai dari wadai manis dengan buah-buahan hingga bubur, semuanya wajib banget kamu coba. Yuk, cek ketujuh wadai berbahan dasar tepung beras khas Kalimantan Selatan di bawah!

1. Amparan tatak

7 Dessert Khas Kalimantan Selatan Berbahan Tepung Beras, Bikin Nagih!amparan tatak (instagram.com/kuliner_banua)

Amparan tatak adalah salah satu wadai tradisional khas Kalimantan Selatan. Dinamai amparan tatak karena secara harfiah berarti dihampar lalu ditatak atau dipotong dalam Bahasa Banjar.

Berbahan utama tepung beras, santan, dan pisang barangan atau pisang medan, amparan tatak memiliki perpaduan rasa gurih dan manis. Karena adonannya dikukus, wadai ini tidak akan mudah hancur saat dipotong. Wadai ini pun cocok jadi menu sarapan maupun menu ngeteh di sore hari, bakalan mempermanis harimu, deh. 

2. Bubur baayak

7 Dessert Khas Kalimantan Selatan Berbahan Tepung Beras, Bikin Nagih!bubur baayak (instagram.com/dapoernya_aidaaa)

Wadai khas Kalimantan Selatan selanjutnya yang berbahan dasar tepung beras adalah bubur baayak. Ini adalah bubur yang terbuat dari adonan tepung beras dan air kapur sirih. Dinamakan bubur baayak karena proses pembuatannya yang diayak atau disaring (seperti cendol) dengan nyiur jarang, yaitu tampah untuk mengayak adonan.

Untuk membuat kuah santan bubur baayak dibutuhkan gula merah dan pasir, pandan, santan, serta sedikit garam. Kelima bahan ini kemudian dimasak bersamaan dengan adonan bubur. Saat kuah santan mengental dan bubur mulai muncul ke permukaan tandanya bubur baayak siap disajikan.

3. Apam barabai

7 Dessert Khas Kalimantan Selatan Berbahan Tepung Beras, Bikin Nagih!apam barabai (instagram.com/waroeng.bandjar)

Apam barabai adalah wadai tradisional khas dari Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Wadai yang termasuk kue basah ini banyak di jual di pasaran, seperti pasar khusus apam di Terminal Keramat Barabai. Keberadaan apam yang sangat spesial di Barabai bahkan membuat kota ini dijuluki kota apam.

Selain tepung beras, untuk membuat apam barabai dibutuhkan santan, gula merah atau gula pasir, dan tape singkong. Kemudian semua bahannya dicampurkan dan didiamkan semalaman agar mengembang. Adonan dicetak tipis-tipis menggunakan cetakan khusus yang dibuat dari daun dadap lalu dikukus. Apam barabai pun siap dinikmati dengan taburan kelapa parut.

4. Babongko

7 Dessert Khas Kalimantan Selatan Berbahan Tepung Beras, Bikin Nagih!babongko (instagram.com/maskota_)

Babongko adalah wadai basah yang biasanya dihidangkan di acara-acara besar seperti pernikahan. Wadai yang terbuat dari tepung beras ini bisa dibilang dari segi bahan dan pengolahannya mirip dengan bubur sumsum di Jawa. Bedanya, babongko dibungkus dengan daun pisang dan dikukus bersamaan dengan santan dan gula merah.

Babongko yang sudah matang memiliki tekstur kenyal dan lembut di mulut. Rasanya yang gurih dan sedikit manis dari gula merah cair ini pun sangat pas jadi menu sarapan ringan di pagi hari.

Baca Juga: Resep Kue Gabus Keju, Inspirasi Kue Lebaran yang Renyah Abis! 

5. Kue putri selat

7 Dessert Khas Kalimantan Selatan Berbahan Tepung Beras, Bikin Nagih!kue putri selat (instagram.com/wadaibanjaralink)

Kue putri selat adalah salah satu kue berbahan dasar tepung beras dari Banjarmasin. Tidak hanya populer di Kalimantan Selatan, wadai ini juga terkenal di Kalimantan Timur hingga pulau Sumatra. 

Bagi kebanyakan orang, membuat kue putri selat memerlukan kesabaran ekstra. Karena proses mengukusnya dilakukan tiga kali sesuai warna pada kue ini. Lapisan warna putih adalah adonan tepung beras dan santan, sedangkan warna hijau diambil dari pandan dan warna cokelat diambil dari gula merah. 

6. Kue petah

7 Dessert Khas Kalimantan Selatan Berbahan Tepung Beras, Bikin Nagih!kue petah (instagram.com/rhbakery_smd)

Wadai petah atau disebut juga dengan petah asia adalah sejenis kue talam khas Kalimantan Selatan. Untuk membuat kue petah bahannya cukup mudah, hanya dengan tepung beras, santan, daun suji, daun pandan dan air kapur sirih. Semua bahan ini dimasak hingga mengental, kemudian dituang ke dalam loyang dan dipotong-potong saat sudah dingin.

Satu komponen penting dalam kue petah adalah saus santan kental atau "tahi lala" yang dibuat dari santan dan sedikit garam. Wadai petah pun siap dinikmati dengan "tahi lala" dan taburan bawang goreng di atasnya. Rasa gurih khas santan pada wadai ini cocok banget dinikmati dengan segelas teh hangat.

7. Kue cincin

7 Dessert Khas Kalimantan Selatan Berbahan Tepung Beras, Bikin Nagih!Kue cincin (instagram.com/kue_cincin_banjar)

Kue cincin adalah kue berbentuk lingkaran dengan empat lubang di tengahnya. Wadai ini terbuat dari campuran gula merah cair, tepung beras dan kelapa sangrai. 

Kue kemudian dibentuk sedemikian rupa dan digoreng hingga kecokelatan. Kue cincin di Kalimantan Selatan juga ada yang menggunakan campuran pisang di dalamnya atau dengan tambahan taburan wijen. Untuk menetralkan rasa manisnya kue cicin juga sedap bila dinikmati dengan secangkir kopi.

Ketujuh kue berbahan tepung beras di atas cukup mudah untuk dibuat sendiri dari segi bahan juga proses pembuatan. Wadai-wadai di atas pun cocok untuk jadi alternatif sarapan ringan tapi tetap mengenyangkan. Nah, dari tujuh kue di atas ini mana duluan yang bakalan kamu coba buat?

Baca Juga: 5 Inspirasi Dessert yang Diolah dari Perpaduan Stroberi dan Yoghurt

Andriana Rahayu Photo Writer Andriana Rahayu

Penikmat K-pop terutama Day6, pecinta film, anime, dan astronomi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya