Comscore Tracker

7 Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Bahaya jika Kamu Salah Mengolahnya

Asal makan dan mengolah justru akan merepotkanmu

Ada banyak pilihan makanan sehat yang bisa dinikmati semua orang. Namun, beberapa makanan sehat justru bisa berbalik jadi bahaya bagi tubuh, jika salah dalam mengolahnya.

Nah, contohnya seperti deretan makanan berikut ini!

1. Daging-dagingan

7 Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Bahaya jika Kamu Salah Mengolahnyameat-online.co.za

Daging-dagingan, seperti daging merah atau daging unggas, sebaiknya tidak dimasak dalam suhu yang terlalu tinggi. Suhu yang terlampau tinggi akan membuat protein dalam daging berubah dan berbahaya bagi tubuh. Daging seharusnya dimasak dalam suhu rendah untuk mengurangi penumpukan zat karsinogenik.

2. Madu

7 Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Bahaya jika Kamu Salah Mengolahnyabrightside.me

Selain mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, madu sebenarnya juga mengandung beberapa racun, lho. Namun, madu yang dijual di pasaran biasanya sudah melewati proses pasteurisasi untuk menghilangkan organisme merugikan, seperti bakteri, protozoa, dan kapang.

Kalau kamu mengonsumsi madu alami yang tidak dipasteurisasi, hal ini akan berisiko bagi kesehatan. Sesendok teh madu yang tidak dipasteurisasi dengan baik dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, dan muntah.

3. Kentang

7 Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Bahaya jika Kamu Salah Mengolahnyadelish.com

Kentang seharusnya disimpan di tempat yang sejuk, gelap, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Kentang yang disimpan di tempat basah dan terang biasanya akan berubah menjadi hijau dan tumbuh tunas.

Jika kentang sudah berubah seperti ini, sebaiknya jangan dikonsumsi. Sebab, bisa jadi sudah ada kandungan racun yang dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti muntah, sakit perut, dan diare.

4. Almond

7 Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Bahaya jika Kamu Salah Mengolahnyabrightside.me

Ada dua jenis almond, yakni manis dan pahit. Almond pahit dikabarkan mengandung jumlah hidrogen sianida yang relatif besar. Hal ini bisa menyebabkan masalah bagi orang dewasa dan bisa berakibat fatal pada anak-anak.

Namun, almond pahit masih aman dikonsumsi selama semua hidrogen sianida diekstraksi selama proses pemurnian.

Baca Juga: 10 Masakan Khas Indonesia Ini Punya Filosofis dan Makna Mendalam Lho!

5. Roti

7 Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Bahaya jika Kamu Salah Mengolahnyabrowneyedbaker.com

Roti yang sehat sebenarnya terbuat dari biji-bijian bertunas, karena lebih mudah dicerna. Kandungan protein, serat, folat, vitamin C, dan nutrisi sehat lainnya pun cukup tinggi.

Sebaliknya, roti putih yang dikemas biasanya mengandung tepung dan aditif yang diproses tinggi, sehingga jadi tidak sehat. Terlalu sering mengonsumsi roti putih bisa menyebabkan obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

6. Susu

7 Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Bahaya jika Kamu Salah Mengolahnyakxrb.com

Minum susu dalam jumlah teratur itu sehat, tapi terlalu banyak mengonsumsi susu juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami aterosklerosis dan penyakit kardiovaskular.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi kalsium dari susu dapat berisiko kanker ovarium pada wanita dan kanker prostat pada pria. Mempertahankan asupan susu yang seimbang sangat penting untuk diet yang sehat.

7. Kerang

7 Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Bahaya jika Kamu Salah Mengolahnyafishfarmingexpert.com

Kerang merupakan makanan laut yang kaya protein, asam lemak omega-3, magnesium, seng, besi, dan tembaga. Sebaiknya konsumsi kerang segar dan dimasak benar-benar matang.

Kerang yang tidak dimasak dengan baik atau kurang matang mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan. Alhasil, bisa membuat kita terinfeksi bakteri dan keracunan makanan. 

Baca Juga: 8 Bakteri Berbahaya dalam Makanan yang Sering Menyebabkan Keracunan

yummy-banner

Topic:

  • Andry Trisandy
  • Dewi Suci R.

Just For You