Comscore Tracker

Mengenang Makanan Favorit BJ Habibie Sejak Kecil, Ada Kesukaanmu Juga?

Mungkin ini salah satu rahasia Habibie cerdas

Tanah Air sedang berduka. Putra bangsa terbaik sekaligus Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie mengembuskan napas terakhirnya kemarin, 11 September 2019.

Banyak kenangan semasa hidup Habibie yang dirindukan banyak orang di seluruh dunia. Selain karya dan jasa-jasanya yang selalu menginspirasi, banyak orang penasaran apa saja sih kuliner favorit pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, ini.

Ya, Habibie memiliki kuliner favorit yang selalu ia gemari sejak kecil. Ada juga masakan yang sering disantap Habibie dan istrinya, Ainun, sejak menjabat sebagai presiden RI tahun 1998-1999.

Penasaran apa saja? Yuk, intip tiga kuliner favorit Eyang Habibie berikut ini.

1. Berbagai macam olahan ikan

Mengenang Makanan Favorit BJ Habibie Sejak Kecil, Ada Kesukaanmu Juga?resephariini.com

Kecerdasan yang dimiliki Habibie tak hanya dari ketekunannya dalam belajar, tapi juga dari makanan yang dikonsumsinya sejak kecil. Sejak kecil, ia sangat suka mengonsumsi olahan ikan. Mulai dari ikan bakar, goreng, hingga sup ikan.

Bahkan, ketika melanjutkan studinya di Benua Biru Eropa, makanan yang kerap ia cari adalah ikan. Ayahnya yang asli Gorontalo memberi pengaruh pada selera makan Habibie.

Sebagai orang Sulawesi, ikan seolah jadi hidangan wajib yang setiap hari disajikan di rumah. Ketika sudah menikah dengan Ainun, kebiasaan makan ikan masih terus berjalan. Ainun bahkan harus belajar secara khusus untuk membuat sup ikan favorit Habibie.

2. Barongko

Mengenang Makanan Favorit BJ Habibie Sejak Kecil, Ada Kesukaanmu Juga?indonesia.go.id

Selain ikan, makanan kesukaan Habibie sejak kecil yakni barongko khas Bugis-Makassar. Barongko terbuat dari pisang kepok yang dicampur santan, telur, gula, dan dibungkus daun pisang, lalu dikukus.

Barongko memiliki perpaduan rasa manis dari pisang dan gurih dari santan. Dulunya sering disajikan sebagai hidangan penutup para raja Bugis.

Selain itu, barongko juga sering disajikan saat acara adat, seperti sunatan, akikah, pernikahan, atau syukuran. Kalau kamu berkunjung ke Kota Makassar, kamu bisa menemukannya di sepanjang Jalan Lasindrang.

Sebagian besar hotel di Makassar juga menyediakannya sebagai menu sarapan.  Menu favorit Habibie ini sudah ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, lho.

Baca Juga: 5 Hal Tentang BJ Habibie yang Layak Kamu Kenang

3. Masakan Padang

Mengenang Makanan Favorit BJ Habibie Sejak Kecil, Ada Kesukaanmu Juga?pegipegi.com

Seperti kebanyakan orang Indonesia, Habibie juga sangat suka masakan Padang. Salah satu rumah makan Padang favoritnya adalah Rumah Makan Sari Bundo yang berada di dekat kantor Sekretariat Negara RI, Jakarta Pusat.

Rumah makan ini kerap menjadi saksi bisu hangatnya kebersamaan Habibie dan Ainun saat masih menjabat sebagai presiden. Salah satu menu favoritnya di sini adalah ayam goreng dan jus terung Belanda yang dicampur sirsak.

Saking sukanya, Habibie sering meminta ayam goreng untuk dibungkus dan dibawa pulang. Pria penemu teori Faktor Habibie ini juga kerap mengajak anak-cucunya untuk menikmati masakan khas Sumatera Barat di sini.

Nah, itulah beberapa makanan favorit Habibie semasa hidupnya. Semoga segala kenangan yang ditorehkan Habibie selalu menginspirasi kita ya. 

Baca Juga: 5 Keberhasilan B.J. Habibie Semasa Hidupnya, Inspiratif!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You