Comscore Tracker

10 Menu Buka Puasa Irit yang Paling Nikmat, Cocok untuk Tanggal Tua

Irit bukan berarti tak enak

Ada banyak ide menu buka puasa yang bisa kamu coba di rumah. Di tanggal tua seperti sekarang, kita bisa memilih menu buka puasa yang murah dan sederhana. 

Menu-menu sedap khas Nusantara banyak yang bisa dibuat dengan bahan-bahan yang terjangkau dan irit. Berikut sepuluh ide menu buka puasa irit yang bisa kamu pilih.

1. Telur dadar padang

10 Menu Buka Puasa Irit yang Paling Nikmat, Cocok untuk Tanggal Tuayummy.co.id

Telur merupakan salah satu bahan makanan murah meriah yang bisa diolah menjadi berbagai macam menu lezat. Salah satunya telur dadar khas Padang.

Telur dadar Padang punya ciri khas dengan bentuknya yang lebih tebal dibanding telur dadar biasa. Bahan dasar bumbu merahnya membuat telur dadar padang lebih nikmat daripada telur dadar biasa.

2. Tumis kangkung ebi

10 Menu Buka Puasa Irit yang Paling Nikmat, Cocok untuk Tanggal Tuaharrania.com

Gak ada salahnya berbuka puasa dengan menu sayuran seperti tumis kangkung ebi. Selain murah meriah, tumisan yang satu ini juga gampang banget buatnya.

Bahan utamanya adalah seikat kangkung ditambah ebi atau teri asin yang membuat rasa semakin gurih.

3. Terung balado

10 Menu Buka Puasa Irit yang Paling Nikmat, Cocok untuk Tanggal Tuaselerasa.com

Buat yang suka rasa pedas, terung balado ini cocok banget buat menu berbuka. Rasa pedasnya gak terlalu menyiksa sehingga gak bikin perut begah. Harganya murah dan mudah didapat di pasar tradisional.

4. Kembung goreng tauco

10 Menu Buka Puasa Irit yang Paling Nikmat, Cocok untuk Tanggal Tuaresepanekaikan.com

Pengen menyantap ikan laut murah? Ikan kembung solusinya. Yap, ikan laut yang satu ini memang terkenal sangat terjangkau.

Tekstur dagingnya gak kalah empuk dibanding ikan laut lainnya. Ikan kembung juga bisa diolah menjadi berbagai menu, salah satunya ikan kembung goreng tauco.

5. Lele goreng sambal tomat

10 Menu Buka Puasa Irit yang Paling Nikmat, Cocok untuk Tanggal Tuamasakapaya.com

Lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar murah meriah tapi punya tekstur daging yang lezat. Cukup digoreng kering, ditambah sambal tomat sudah nikmat banget buat menu berbuka puasa. Simpel, kan?

6. Telur bumbu bali

10 Menu Buka Puasa Irit yang Paling Nikmat, Cocok untuk Tanggal Tuainstagram.com/a1_makveesa0220_anwar

Selain olahan telur dadar padang, kamu juga bisa mengolah telur menjadi menu telur bumbu bali. Bahan-bahan bumbu halusnya terdiri dari cabai rawit merah, cabai keriting, cabai merah besar, bawang merah, dan bawang putih. Dijamin bikin selera makanmu meningkat!

Baca Juga: 10 Jenis Es Teh Paling Nyegerin untuk Buka Puasa, Bikin Ngiler Duluan!

7. Dadar jagung

10 Menu Buka Puasa Irit yang Paling Nikmat, Cocok untuk Tanggal Tuainstagram.com/tepikota_

Salah satu olahan jagung yang mudah dibuat dan irit adalah dadar jagung. Teksturnya renyah di luar dan empuk di dalam. Gorengan yang satu ini cocok jadi camilan takjil maupun lauk pendamping makan berat.

8. Nasi pecel

10 Menu Buka Puasa Irit yang Paling Nikmat, Cocok untuk Tanggal Tuainstagram.com/jogjafood

Nasi pecel merupakan menu yang praktis dan murah meriah. Kamu cukup menyediakan sayuran seperti kangkung, taoge, dan kacang panjang, lalu membeli bumbu pecel yang siap pakai di warung-warung. Praktis, deh!

9. Bihun goreng telur

10 Menu Buka Puasa Irit yang Paling Nikmat, Cocok untuk Tanggal Tuainstagram.com/halimhusna

Bihun goreng telur juga cocok banget jadi menu berbuka irit dan nikmat. Meski bihun terkenal sederhana, tetapi rasanya lebih istimewa jika dibanding mie instan biasa. Kamu bisa menambahkan topping telur dadar dan sayuran seperti sawi.

10. Sayur bening

10 Menu Buka Puasa Irit yang Paling Nikmat, Cocok untuk Tanggal Tuainstagram.com/lpgfoodbang

Last but not least, ada sayur bening yang juga bisa kamu masukkan ke dalam daftar menu berbuka puasamu. Menu berkuah yang satu ini familiar banget sebagai menu harian masyarakat Indonesia.

Selain menyegarkan, sayur bening juga bikin perut lebih nyaman setelah berbuka. Sayur bening terdiri bayam dan jagung, bisa juga ditambahkan wortel jika suka.

Itulah sepuluh masakan enak dan tetap irit untuk menu buka puasamu. Jadi mau masak yang mana dulu, nih?

Baca Juga: 10 Ide Menu Buka Puasa Sehat, Rasanya Nikmat dan Bikin Cepat Kenyang 

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya