Comscore Tracker

5 Rekomendasi Kuliner Olahan Tahu di Semarang, Rasanya Bikin Nagih

Wajib banget dicicipi selama berkunjung ke Semarang!

Kota Semarang dikenal dengan kuliner tahu yang enak dan bikin nagih. Di ibu kota Jawa Tengah ini, kita bisa menjumpai beragam kuliner olahan tahu dengan mudah.

Ada wedang tahu, tahu pong, hingga tahu gimbal yang menjadi kuliner khasnya. Nah, kalau kamu main ke Semarang, jangan lupa mencicipi kuliner-kuliner olahan tahu berikut ini ya!

1. Tahu Pong Gajah Mada

5 Rekomendasi Kuliner Olahan Tahu di Semarang, Rasanya Bikin Nagihinstagram.com/mahasiswakulineran

Tahu Pong Gajah Mada merupakan salah satu kuliner legendaris di Semarang. Lokasinya berada di Jalan Gajah Mada Nomor 63B, Kembangsari, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang.

Kuliner ini sudah dikelola oleh generasi ketiga dari keluarga pendiri Tahu Pong Gajah Mada. Seporsi Tahu Pong Gajah Mada terdiri dari tahu yang disajikan dengan kuah dari kecap, bawang, petis, dan acar lobak putih.

Bumbu di kedai Tahu Pong Gajah Mada terasa berbeda lantaran resep rahasia yang sudah digunakan sejak generasi pertama. Seporsi tahu pong komplet dibanderol sekitar Rp32 ribu.

2. Tahu Pong Karangsaru

5 Rekomendasi Kuliner Olahan Tahu di Semarang, Rasanya Bikin Nagihinstagram.com/e_ndro

Selain Tahu Pong Gajah Mada, ada juga Tahu Pong Karangsaru yang gak kalah legendaris. Lokasinya berada di Jalan Pringgading Nomor 11D, Brumbungan, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang.

Tahu Pong Karangsaru sudah ada sejak 1949. Satu porsi tahu pong di sini berisi tahu pong goreng, irisan telur bebek rebus, gimbal, emplek, dan kuah khusus.

Kuah khusus di Tahu Pong Karangsaru juga punya rasa yang berbeda. Kuahnya terdiri dari kecap asin, petis, dan bawang, sehingga menghasilkan rasa manis, gurih, serta sedikit asin.

Saking legendarisnya, tempat makan ini juga jadi langganan Michael Bambang Hartono, pemilik Grup Djarum yang juga menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

3. Tahu Gimbal Pak Edi

5 Rekomendasi Kuliner Olahan Tahu di Semarang, Rasanya Bikin Nagihinstagram.com/aristo_wibisono.danis

Tahu Gimbal Pak Edi beralamat di Jalan Menteri Supeno, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang. Tempat ini terkenal dengan rasanya yang autentik.

Seporsi tahu gimbal di sini terdiri dari tahu, bakwan udang, telur ceplok, lontong, irisan kubis, yang disiram sambal kacang. Seporsi Tahu Gimbal Pak Edi dibanderol sekitar Rp17 ribu.

Baca Juga: 10 Olahan Telur Asin yang Paling Nikmat, Rasanya Bikin Susah Move On!

4. Wedang Tahu Tjoa

5 Rekomendasi Kuliner Olahan Tahu di Semarang, Rasanya Bikin Nagihpicuki.com

Wedang Tahu Tjoa berlokasi di kawasan Pecinan, tepatnya di Jalan Wotgandul Timur, Kranggan, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang. Wedang tahu di sini dibuat 100 persen dari bahan alami. Tahunya pun tidak terasa langu di lidah.

Selain itu, kuah jahenya disajikan hangat dengan rasa manis yang pas dari gula aren. Satu porsi Wedang Tahu Tjoa dibanderol Rp10 ribuan.

5. Tahu Petis Prasojo

5 Rekomendasi Kuliner Olahan Tahu di Semarang, Rasanya Bikin Nagihinstagram.com/laurentiadewi_blog

Last but not least, ada Tahu Petis Prasojo yang wajib kamu cobain selama berkunjung ke Semarang. Lokasinya di kawasan kuliner Simpang Lima, Pleburan, Semarang Selatan, Semarang.

Tahu Petis Prasojo dikenal sebagai pelopor penjual tahu petis di Semarang. Tekstur tahunya kering, renyah, tapi tetap lembut saat dikunyah. Bumbu petis yang disajikan pun punya rasa yang bikin ketagihan.

Selain tahu petis, kamu bisa mencoba gorengan lainnya, seperti tempe goreng, lumpia, bakwan, tahu brontak, dan tahu bakso. Harganya sekitar Rp2.000 per gorengan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi kuliner tahu khas Semarang yang bisa kamu cicipi. Mana yang paling menggoda seleramu?

Baca Juga: 10 Jenis Tahu Paling Populer di Indonesia, yang Mana Favoritmu?

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya