Comscore Tracker

8 Rekomendasi Tempat Kulineran Enak di Jombang, Siapkan Perut Kosong!

Masakan Jawa Timuran memang juara citarasanya!

Jawa Timur dikenal memiliki kuliner enak yang tersebar di berbagai kota dan kabupatennya. Salah satunya Jombang. Meski bukan tujuan utama pariwisata, kota kecil yang kerap disebut Kota Santri ini punya beragam kuliner khas yang menggoyang lidah.

Nah, supaya gak bingung mau makan atau jajan di mana selama liburan ke Jombang, berikut rekomendasinya untuk kamu.

1. Sego Jagung Warung Nggunung

8 Rekomendasi Tempat Kulineran Enak di Jombang, Siapkan Perut Kosong!instagram.com/info_jombang

Sego jagung terbuat dari jagung yang sudah digiling dan dihaluskan. Sepiring sego jagung biasanya disajikan dengan ayam, lele, tumis terung, dan sambal. Untuk menikmati sego jagung, kamu bisa mampir di Warung Nggunung, yang berlokasi di Desa Tukum, Kecamatan Wonosalam.

2. Rawon Pojok II

8 Rekomendasi Tempat Kulineran Enak di Jombang, Siapkan Perut Kosong!travelingyuk.com

Pencinta daging wajib banget cobain Rawon Warung Pojok II yang berlokasi di Jalan Raya Glagahan Perak, Jombang KM 35. Warung ini menyediakan rawon sedap yang resepnya gak berubah rasa sejak berdiri pada 1980-an. Nilai plusnya lagi, warung ini buka seharian, mulai pukul 6 pagi hingga 10 malam. 

3. Pecel Pincuk Bu Djiah

8 Rekomendasi Tempat Kulineran Enak di Jombang, Siapkan Perut Kosong!instagram.com/afterworking

Pecel Pincuk Bu Djiah merupakan salah satu kuliner legendaris kebanggaan warga Jombang. Lokasinya berada di Jalan Wahid Hasyim 9A. Sama seperti pecel pada umumnya, pecel di sini terdiri dari beragam sayuran yang disiram saus kacang dengan rasa yang khas.

Kamu bisa memilih nasi atau lontong. Lauk pauk yang ditawarkan pun lengkap, mulai dari tahu, tempe goreng, rempela ati goreng, empal daging, ayam goreng, telur ceplok, atau telur dadar.

4. Sego sadukan

8 Rekomendasi Tempat Kulineran Enak di Jombang, Siapkan Perut Kosong!kooliner.com

Sego sadukan merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur, termasuk Jombang. Satu bungkus sego sadukan biasanya terdiri dari nasi, mi, ikan teri, serta irisan tempe, dan tahu.

Kuliner ini mirip nasi jinggo khas Bali. Cara penyajiannya pun sama, yakni menggunakan daun pisang sebagai wadah pembungkusnya.

5. Sate Kambing Pak Slamet

8 Rekomendasi Tempat Kulineran Enak di Jombang, Siapkan Perut Kosong!jombangcityguide.blogspot.com

Kalau ingin menikmati sate kambing di Jombang, kamu bisa mencoba Sate Kambing Pak Slamet yang berada di Jalan KH. Wahid Hasyim. Kuliner berbahan dasar kambing ini disajikan dengan paduan bumbu yang khas. Selain sate, kamu juga bisa mencicipi sop kambingnya yang gak kalah sedap.

Baca Juga: 7 Cara Mengolah Labu Kuning Jadi Kuliner yang Lezat, Gampang Kok!

6. Nasi Kikil Bu Tandur

8 Rekomendasi Tempat Kulineran Enak di Jombang, Siapkan Perut Kosong!instagram.com/sam_kuliner

Satu lagi kuliner Jombang yang melegenda adalah Nasi Kikil Bu Tandur. Nasi kikil yang berlokasi di Jalan KH. Hasyim Asy'ari Nomor 144 ini merupakan salah satu makanan favorit Presiden RI keempat, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Seporsi nasi kikil biasanya terdiri dari nasi, kikil, nangka muda, dan paru yang disajikan menggunakan pincuk daun pisang.

7. Ketan Merdeka

8 Rekomendasi Tempat Kulineran Enak di Jombang, Siapkan Perut Kosong!instagram.com/eldien.shidqy

Warung Ketan Merdeka berlokasi di Jalan Gusdur Nomor 29, Candi Mulyo. Kamu bisa menikmati beraneka ragam ketan, seperti ketan hitam dan ketan putih. Seporsi ketan biasanya disajikan dengan dua macam bubuk yang berbeda warna, lalu ditaburi parutan kelapa.

8. Es Lodeh Pak Seger

8 Rekomendasi Tempat Kulineran Enak di Jombang, Siapkan Perut Kosong!jombangcityguide.blogspot.com

Kuliner unik di Jombang lainnya adalah Es Lodeh Pak Seger. Lokasinya berada di Jalan Patimura, tepatnya di depan SMPN 1 Jombang.

Es lodeh sebenarnya mirip es campur pada umumnya. Namun, yang membedakan adalah rasa pedas dan manis.

Kamu bisa memilih dua varian rasa, pedas atau manis. Satu porsi es lodeh terdiri dari pepaya, nangka, alpukat, kelapa, kolang-kaling, sawo, dan tomat. Rasanya enak dan menyegarkan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat kulineran enak di Jombang. Kamu paling pengin cobain yang mana dulu, nih?

Baca Juga: 7 Resep Kreasi Nangka Jadi Kuliner yang Enak dan Lezat, Coba Yuk!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya