Comscore Tracker

Tips Membersihkan Botol Kaca, Begini Caranya supaya Bersih Bersinar

Ampuh bersihkan kerak dan noda membandel

Botol kaca seringkali dikoleksi menjadi perabot rumah tangga dan alat makan. Botol jenis ini dipilih karena terlihat lebih cantik dan elegan.

Meski demikian, membersihkan botol kaca terbilang susah-susah gampang. Jika tidak tepat cara membersihkannya, noda seringkali masih menempel di botol kaca, sehingga mengurangi kecantikannya. Selain itu, juga bisa menyebabkan penyakit, karena sisa makanan yang tak bersih.

Nah, buat kamu yang mengoleksi botol kaca di rumah, berikut beberapa tips membersihkan botol kaca yang bisa kamu praktikkan.

1. Menggunakan campuran beras dan deterjen

Tips Membersihkan Botol Kaca, Begini Caranya supaya Bersih Bersinarhealthline.com

Seringkali kotoran di dalam botol masih tersisa karena sulit dijangkau. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan campuran air hangat, deterjen, dan beras.

Pertama, masukkan air hangat hingga 3/4 botol, tambahkan sedikit deterjen, dan 1 sdt beras. Setelah itu, tutup botol lalu kocok-kocok hingga beras bisa menjangkau semua permukaan dalam botol. Jika kaca botol tipis, jangan terlalu mengocoknya ya.

Selanjutnya, keluarkan campuran air, deterjen, dan beras dari dalam botol. Bilas sebentar menggunakan air mengalir dan biarkan botol kaca mengering.

2. Menghilangkan kerak menggunakan cuka

Tips Membersihkan Botol Kaca, Begini Caranya supaya Bersih Bersinarnaturecode.org

Jika ada kerak yang membandel, kamu bisa memanfaatkan cuka untuk membersihkannya. Caranya, rendam botol di dalam campuran cuka dan air hangat dengan perbandingan 1:1. Rendam selama semalaman.

Setelah semalaman, buang air rendaman dan lanjutkan dengan membersihkan botol menggunakan cara nomor satu.

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Botol Minum Tupperware yang Mudah

3. Memanfaatkan bahan alami seperti jeruk nipis

Tips Membersihkan Botol Kaca, Begini Caranya supaya Bersih Bersinarmycapsulekitchen.com

Bahan alami seperti jeruk nipis atau lemon juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan dan menghilangkan bau tak sedap yang menempel pada botol kaca.

Caranya, masukkan air hangat hingga 3/4 botol, tambahkan air jeruk nipis beserta irisannya. Tutup botol, lalu kocok-kocok beberapa menit. Setelah itu, simpan botol di dalam lemari es selama semalaman.

Selanjutnya, buang cairan jeruk nipis dan lanjutkan dengan membersihkan botol menggunakan cara nomor satu atau cukup menggunakan sabun dan air mengalir. 

Nah, itulah beberapa cara dan tips membersihkan botol kaca yang bisa kamu coba di rumah. Dijamin botol kacamu jadi bersih bersinar dan lebih higienis. Selamat mempraktikkan!

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Botol Susu Bayi, Lebih Higienis dan Sehat

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya