Comscore Tracker

5 Kudapan Manis Khas Maluku yang Siap Bikin Kamu Ketagihan

Serasi dipadukan dengan teh di sore hari

Seperti yang kita tahu, Maluku merupakan sebuah provinsi di bagian timur Indonesia. Tak hanya kaya akan keindahan alamnya saja, di Maluku kamu juga bisa menikmati aneka kuliner yang menggugah selera. Karena letaknya yang berdekatan dengan laut, gak heran jika makanan yang ada di sana didominasi dengan cita rasa serba ikan atau seafood

Namun meski begitu, nyatanya Maluku tak hanya memiliki olahan hasil laut saja, lho. Sama halnya dengan di daerah lain di Indonesia, ada pula kudapan manis yang biasa disantap untuk sarapan atau teman minum teh dan kopi di sore hari seperti 5 di antaranya berikut ini.

Jika kamu berlibur ke Maluku, jangan lupa untuk mencoba semuanya, ya!

1. Kue bagea

5 Kudapan Manis Khas Maluku yang Siap Bikin Kamu Ketagihaninstagram/ yenianita__

Pertama ada kue bagea. Terbuat dari bahan utama tepung sagu yang dicampur dengan gula halus, kacang kenari, tepung terigu, minyak sayur, cengkih, dan kayu manis bubuk. Kemudian semua bahan dicampur dan diuleni hingga kalis, lalu dibentuk bulat lonjong, baru dipanggang.

Kue bagea punya cita rasa yang manis namun sedikit keras. Makanya kamu disarankan menyantapnya bersama teh atau kopi agar teksturnya jadi lebih empuk. 

2. Kue asida

5 Kudapan Manis Khas Maluku yang Siap Bikin Kamu Ketagihaninstagram/ anakbungsuamsterdam

Di Ambon, Maluku kue asida biasa ditemui saat bulan Ramadan. Konon, kue ini merupakan kudapan yang berasal dari Arab, namun di Ambon sendiri sudah sangat terkenal dan banyak digemari. Kue asida juga biasa disebut dodol Ambon. Camilan manis ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan gula merah.

Uniknya, saat penyajian di tengah-tengah kue ditambahkan lelehan mentega. Jadi dalam satu suap, kamu akan mencicipi perpaduan rasa manis dan gurih sekaligus.

Baca Juga: 7 Kudapan Khas Maluku Ini Lezatnya Sampai Gigitan Terakhir 

3. Halua kenari

5 Kudapan Manis Khas Maluku yang Siap Bikin Kamu Ketagihaninstagram/ yoyokemang

Bila di Jawa kita mengenal ada ampyang, di Maluku ada pula makanan ringan sejenis yang bernama halua kenari. Bedanya, ampyang menggunakan campuran gula merah dan kacang tanah, sedangkan halua kenari memakai kacang kenari.

Tak hanya terkenal di Maluku saja, halua kenari juga digemari oleh banyak masyarakat di Manado, Sulawesi Utara.

4. Bubur ne

5 Kudapan Manis Khas Maluku yang Siap Bikin Kamu Ketagihaninstagram/ skachemical

Satu lagi nih, kuliner khas Maluku yang jadi primadona di bulan Ramadan. Namanya adalah bubur ne. Sekilas, bubur ne terlihat seperti kolak yang biasa kita temui di daerah-daerah di pulau Jawa. Perbedaannya tentu saja pada isiannya. Jika kolak di Jawa menggunakan pisang atau ubi, bubur ne dari Maluku menggunakan sagu yang berbentuk bulatan kecil seperti mutiara yang berwarna-warni. Sementara kuahnya terbuat dari campuran santan, gula merah, kayu manis, dan daun pandan.

Bubur ne lebih enak disantap dengan menambahkan es batu biar makin segar.

5. Sagu gula

5 Kudapan Manis Khas Maluku yang Siap Bikin Kamu Ketagihaninstagram/ crownstaryossie

Terakhir dan gak kalah enak, ada sagu gula. Bisa dibilang, di sebagian besar wilayah timur Indonesia seperti Maluku menggunakan sagu sebagai bahan makanan pokok layaknya nasi. Maka gak heran jika banyak kuliner khas-nya berbahan dasar sagu. Seperti sagu gula ini. Sesederhana namanya, sagu gula tentu terbuat dari sagu dan gula.

Cara membuatnya adalah dengan mencampur tepung sagu bersama parutan kelapa, kemudian panggang menggunakan tungku, dan beri gula merah sisir di tengahnya. Sekilas penampakan kue ini mirip dengan kue rangin. Tapi tentu saja keduanya punya cita rasa yang berbeda.

Itu tadi lima kudapan manis khas Maluku yang wajib kamu coba satu per satu. Menurutmu, dari kelimanya mana nih yang paling serasi dengan secangkir teh hangat dan kopi?

Baca Juga: 9 Dessert Mangkuk Khas Asia yang Manisnya Menyempurnakan Lidah

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You