Comscore Tracker

5 Lauk Kering dari Solo yang Cocok buat Teman Makan Nasi 

Bisa jadi oleh-oleh juga nih~

Berkunjung ke suatu daerah, kurang afdol rasanya bila belum membawa pulang buah tangan untuk orang di rumah. Salah satu pilihan oleh-oleh yang biasa diburu wisatawan adalah makanan khas daerah tersebut. Misalnya, bila kamu berkesempatan untuk mengunjungi kampung halaman presiden Jokowi, di Solo, Jawa Tengah.

Ada banyak makanan khas kota Bengawan, yang bisa kamu pilih. Mulai dari makanan basah seperti serabi, sampai aneka makanan kering yang bisa bertahan lama.

Karena dinilai lebih awet, maka gak heran bila makanan kering jadi primadona untuk dijadikan buah tangan. Seperti 5 makanan kering khas Solo berikut ini. Selain enak buat dijadikan camilan, kelimanya juga cocok banget lho, buat lauk makan nasi. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Klengkam

5 Lauk Kering dari Solo yang Cocok buat Teman Makan Nasi instagram.com/dapoer_endull Follow

Klengkam terbuat dari bahan dasar kentang yang diiris tipis seperti keripik, kemudian digoreng kering. Setelah itu diberi bumbu berupa gula merah, bawang merah, bawang putih, cabe merah, sedikit cabe rawit, daun jeruk, garam, gula pasir dan air secukupnya.

Rasa klengkam dominan manis, yang berasal dari penggunaan gula merah, dan sedikit pedas. Biasanya, klengkam dipakai sebagai salah satu lauk makan nasi kuning.

2. Srundeng

5 Lauk Kering dari Solo yang Cocok buat Teman Makan Nasi instagram.com/osliasuroboyo

Selain klengkam, srundeng juga kerap dijadikan lauk pelengkap dalam sepiring nasi kuning. Biasanya srundneg akan ditaburkan di atas nasi layaknya bawang goreng.

Srundeng sendiri terbuat dari parutan kelapa yang diberi bumbu halus yakni bawang merah, bawang putih, dan ketumbar serta bumbu rempah lain seperti lengkuas, daun salam daun jeruk, dan serai. Tak lupa beri garam dan gula pasir secukupnya. Kemudian kelapa parut dimasak bersama bumbu hingga meresap dan kering.

3. Abon

5 Lauk Kering dari Solo yang Cocok buat Teman Makan Nasi instagram.com/tokoperalatankue

Bagi kamu yang belum tahu, abon merupakan hasil olahan daging sapi, yang disuwir tipis kemudian dimasak bersama bumbu rempah hingga benar-benar kering. Dahulu, abon hanya terbuat dari daging sapi dan punya rasa yang manis. Namun sekarang, ada pula pilihan abon dari daging ayam yang gak kalah enaknya, lho. Selain itu, kamu juga bisa memilih abon dengan rasa pedas.

Salah satu brand abon khas Solo yang terkenal adalah abon Mesran, yang berlokasikan di jalan Kalilarangan No 71, Jayengan, Solo.

Baca Juga: 10 Pilihan Camilan hingga Makan Malam di Solo yang Bikin Ngiler

4. Sambal pecel

5 Lauk Kering dari Solo yang Cocok buat Teman Makan Nasi instagram.com/sambelpecel_omahjengsri

Bila pernah berkunjung ke Solo, tentu kamu pernah pula mencicipi kelezatan nasi pecelnya. Selain menikmati enaknya pecel komplit, kamu juga bisa membawa pulang sambalnya secara terpisah sebagai oleh-oleh, lho. Tentu saja, sambal yang dimaksud tidak dalam keadaan sudah diencerkan menggunakan air, melainkan masih berwujud sambal dengan tekstur seperti pasta.

Biasanya, sambal pecel dijual per kilo. Tingkat kepedasannya juga bisa kamu sesuaikan sesuai selera. Dari mulai yang tidak pedas sama sekali, hingga yang paling pedas.

5. Karak bratan

5 Lauk Kering dari Solo yang Cocok buat Teman Makan Nasi instagram.com/jastipfatmas

Di Solo, selain kerupuk kanji atau kerupuk udang ada pula karak. Karak adalah makanan ringan yang bertekstur renyah, terbuat dari sisa nasi yang diberi garam. Nasi dan garam tersebut ditumbuk menjadi adonan hingga kalis, kemudian dikukus, dipotong-potong tipis lalu dijemur. Setelah kering, karak digoreng sampai mengembang.

Salah satu produsen karak khas Solo yang tersohor, adalah karak Bratan. Berbeda dengan karak yang dijual di pasar, karak Bratan memiliki tekstur yang lebih tebal dan renyah. Serta menggunakan bahan-bahan dengan kualitas terbaik.

Saat berkunjung ke kota Bengawan, Solo jangan lupa ya untuk membawa pulang kelima lauk khas-nya di atas. Dijamin deh, keluarga dan teman-temanmu bakal ketagihan.

Baca Juga: 5 Fakta Tengkleng Khas Solo, Makanan Rakyat Jelata di Masa Lalu

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You