Comscore Tracker

5 Jenis Sayuran yang Enak Dibikin Gorengan, Gak Kalah dari Mendoan

Kol goreng memang paling juara

Mayoritas masyarakat Indonesia sangat suka dengan yang namanya gorengan. Gak cuma sebagai camilan, tapi sering juga dijadikan lauk pendamping nasi. Jenis gorengan yang biasa kita temui umumnya, seperti tempe mendoan, bakwan jagung, tahu isi, pisang goreng, tapai goreng, dan lain-lain. 

Namun tahukah kamu, kalau selain jenis gorengan di atas, ada pula beberapa macam sayuran yang gak kalah enak jika digoreng. Buat yang susah makan sayur, mungkin lima jenis gorengan sayur ini bisa jadi solusi lezat. Penasaran apa saja?

1. Bayam

5 Jenis Sayuran yang Enak Dibikin Gorengan, Gak Kalah dari Mendoancookpad/Indah Sie Joutexzzt

Kamu pasti gak asing lagi dengan keripik bayam. Kalau biasanya bayam hanya diolah menjadi sayur bening atau pecel saja, ini coba dikreasikan menjadi camilan kriuk yang disukai banyak orang. Jenis bayam yang digunakan dipilih yang memiliki daun lebar. Kemudian satu per satu daunnya, dicelupkan pada adonan tepung beras, tepung terigu, bawang putih, ketumbar, air dan garam. Baru digoreng dalam minyak panas hingga kering. Dijamin, bikin kamu gak mau berhenti makan deh. 

2. Buncis

5 Jenis Sayuran yang Enak Dibikin Gorengan, Gak Kalah dari Mendoancookpad/Dapur Mama Kim's

Kalau biasanya buncis banyak ditemui pada masakan tumis, nyatanya jenis sayur hijau yang satu ini bisa juga diolah menjadi camilan lezat, lho. Ya, buncis krispi yang dibalut tepung bumbu pasti sukses bikin lidah kamu bergoyang. Sekilas penampakan buncis goreng ini menyerupai tempura. Karena memang kamu bisa membuat camilan berikut dari bahan tepung tempura. Tinggal celupkan buncis ke adonan tepung, lalu goreng dalam minyak panas hingga kuning keemasan. Dicocol pakai sambal botolan makin mantap nih. 

Baca Juga: Resep Kembang Kol Goreng yang Renyah, Begini Caranya Membuatnya

3. Terung

5 Jenis Sayuran yang Enak Dibikin Gorengan, Gak Kalah dari Mendoantwitter/mas-mas gluget gluget @goizza

Baik terung ungu maupun hijau sama-sama bisa diolah menjadi gorengan, lho. Begitu mencicipi rasanya, kamu pasti gak menyangka kalau sedang makan sayuran. Tak jauh beda dengan buncis goreng tadi, membuat terung goreng juga bisa menggunakan adonan tepung tempura. Caranya adalah dengan memotong terung kira-kira setebal satu sentimeter, kemudian siapkan adonan tepung dan celupkan terung ke dalamnya. Goreng dalam minyak panas hingga matang dan sajikan hangat bersama sambal kecap. Duh, auto lapar nih. 

4. Kol

5 Jenis Sayuran yang Enak Dibikin Gorengan, Gak Kalah dari Mendoanchicago.suntimes.com

Ini nih, gorengan sayur yang cukup populer bagi pencinta ayam goreng kaki lima. Ya, apalagi kalau bukan kol goreng. Di beberapa tempat penjual ayam goreng pinggir jalan, biasanya menyediakan menu pendamping berupa kol goreng. Uniknya, kol goreng ini gak diberi bumbu sama sekali. Hanya dibuang bagian tengahnya, kemudian goreng di minyak panas hingga berwarna kecokelatan. Meskipun tanpa bumbu, tapi sensasi rasa kol goreng yang manis gurih, selalu bisa bikin pengin nambah lagi. Kamu sudah pernah coba belum?

5. Kembang kol

5 Jenis Sayuran yang Enak Dibikin Gorengan, Gak Kalah dari Mendoannaturespath.com

Tak hanya kol saja yang nikmat dijadikan gorengan. Si kembang kol juga gak kalah bikin air liur menetes deh. Berbeda dengan kol goreng yang gak diberi bumbu sama sekali, kembang kol biasanya digoreng dengan dilumuri tepung berbumbu terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan tepung tempura instan supaya praktis. Tinggal celupkan kembang kol per kuntum ke dalam adonan tepung, lalu goreng dalam minyak panas hingga matang. Dicocol sambal botolan sudah enak banget, lho. Kalau gak percaya coba saja!

Ternyata gak cuma tempe dan tahu saja ya, yang bisa disulap jadi gorengan super lezat. Sayuran pun juga bisa. Tapi meskipun makan sayuran goreng itu enak banget, ada baiknya untuk tidak terlalu sering mengonsumsinya, ya. Lebih baik pilih sayuran tumis atau kukus supaya kandungan gizi di dalamnya tetap optimal diserap oleh tubuh. 

Baca Juga: 7 Gorengan ala Negeri Paman Sam yang Sederhana tapi Bikin Kangen

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya