Comscore Tracker

4 Tips Mengetahui Lontong yang Pakai Boraks, Jangan Dibeli Ya!

Teliti sebelum membeli

Lontong memang menjadi sajian paling diminati setiap orang, apalagi saat momen hari besar seperti lebaran, lontong seolah tak ketinggalan menjadi daftar menu wajib untuk dihidangkan di hari raya. Lontong bisa dibuat sendiri di rumah atau dibeli langsung ke pasar.

Namun, hati-hati jika kamu membeli lontong di luar, sebab masih ada lontong berbahan kimia yang beredar di pasar. Untuk itu sebagai pembeli, kamu harus jeli ya, jangan sampai membeli lontong yang mengandung boraks.

Boraks sendiri adalah campuran garam mineral dengan konsentrasi tinggi, kerap kali bahan kimia ini dipakai pada pembuatan makanan tradisional salah satunya lontong. Makanan yang mengandung boraks tentu berbahaya lho kalau dikonsumsi, sebab dapat merusak sistem tubuh hingga menyebabkan kematian.

Ini karena boraks bukanlah zat untuk ditambah ke makanan, melainkan zat yang digunakan untuk membuat pestisida hingga campuran pembersih So, biar gak kecolongan, berikut ini 4 tips mengetahui lontong yang mengandung boraks.

1. Kenali aromanya, lontong boraks biasanya beraroma tajam

4 Tips Mengetahui Lontong yang Pakai Boraks, Jangan Dibeli Ya!cookpad.com/id

Mula-mula, kamu bisa mengenali lontong yang mengandung boraks dengan cara mencium aromanya. Biasanya lontong memakai bahan boraks aromanya tajam seperti bau obat dan sedikit asam. Sementara jika lontong berbahan alami tanpa boraks baunya lebih natural yakni bersumber dari bau daun yang membalut lontong.

Untuk itu hati-hati ya dalam memilih lontong yang dijual di pasaran. Jangan sampai kamu asal beli dan tidak mau tahu dengan kondisi lontong yang kamu makan dari hasil membeli di pasar.

2. Perhatikan teksturnya, lontong boraks lebih kenyal dan padat

4 Tips Mengetahui Lontong yang Pakai Boraks, Jangan Dibeli Ya!faktualnews.co

Setelah mengenali aromanya, lihat juga tekstur lontong tersebut. Biasanya lontong memakai boraks memiliki tekstur yang kenyal dan padat, sementara lontong tanpa boraks biasanya lebih lembek dan tidak terlalu padat.

Jangan sampai kamu terkecoh dalam membeli lontong hanya karena teksturnya yang padat, sebab banyak orang lebih memilih lontong dengan isi yang padat, padahal bisa jadi lontong yang dibeli itu ternyata sudah tercampur bahan kimia seperti boraks yang amat berbahaya untuk masuk ke perut.

Ingat, selalu hati-hati dalam membeli makanan di luar. Lebih baik tanya ke penjual lontong jika kamu ragu-ragu saat membelinya.

Baca Juga: Ragam 6 Kuliner Serba Lontong Khas Jawa Timur, Bikin Laper!

3. Lontong pakai boraks biasanya tidak lengket saat dipotong

4 Tips Mengetahui Lontong yang Pakai Boraks, Jangan Dibeli Ya!resepdanmasakan.com

Hal lain yang perlu kamu perhatikan saat membeli lontong di pasar adalah mengenai kondisi lontong ketika dipotong. Coba kamu uji dengan memotong lontongnya, jika lontong yang kamu potong tidak lengket di badan pisau, kemungkinan lontong tersebut mengandung boraks.

Ini karena lontong sudah tercampur bahan kimia, sehingga kondisinya menjadi anti lengket. Sementara itu lontong yang dimasak tanpa boraks, maka akan lengket saat dipotong menggunakan pisau. Bahkan teksturnya tidak terlalu padat.

4. Biasanya lontong yang memakai boraks lebih tahan lama

4 Tips Mengetahui Lontong yang Pakai Boraks, Jangan Dibeli Ya!sajiansedap.grid.id

Gak bisa dipungkiri, lontong yang mengandung boraks umurnya lebih lama, sehingga tahan hingga beberapa hari sampai satu minggu. Bahkan kondisinya masih oke seperti baru dibeli meski pun sudah beberapa hari di simpan di rumah.

Sementara itu, lontong yang dimasak tanpa boraks hanya bertahan dalam kurun waktu 2-3 hari saja, setelah itu kondisi lontong akan mudah basi dan berair, kecuali jika lontong dimasukkan ke pendingin atau kulkas maka bisa sedikit bertahan lama, kamu bisa memakannya kembali dengan cara dikukus terlebih dahulu.

Demikian lah empat tips mengetahui lontong yang mengandung boraks. Hati-hati dan selalu waspada ya dalam membeli makanan di luar, sebab makanan yang tidak sehat akan mempengaruhi sistem di dalam tubuh, apalagi zat seperti boraks terbilang mudah didapat karena dijual bebas.

Yuk, lindungi dirimu dan keluarga agar tidak sampai mengonsumsi makanan dengan campuran zat berbahaya.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Saus Sambal yang Berkualitas, Sudah Tahu?

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You