Comscore Tracker

5 Tips Makan Aman di Restoran saat Masa New Normal

Kangen makan di luar tapi mau berjaga-jaga? Bisa kok!

Setelah berbulan-bulan di rumah saja, pastinya kamu kangen dong makan di luar dan pergi ke restoran. Tapi, mungkin kamu belum melakukannya karena takut akan wabah COVID-19 dan ingin berjaga-jaga. Nah, sebenarnya kamu bisa lho makan di restoran secara aman dalam masa new normal ini!

Yuk, mari kita lihat lima tips cara makan aman di restoran berikut ini!

1. Selalu bawa tisu basah untuk membersihkan alat-alat makan

5 Tips Makan Aman di Restoran saat Masa New NormalPexels.com/cottonbro

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah untuk membawa tisu basah dan menyiapkannya untuk membersihkan alat-alat makan seperti sendok, garpu, piring, dan sedotan. Hal ini wajib untuk dilakukan karena virus COVID-19 bisa hidup di atas permukaan yang berbeda-beda selama jangka waktu yang tertentu. Karena itu, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga dan membersihkan alat-alat makanmu terlebih dahulu.

Kamu juga bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkan meja dan tempat dudukmu untuk memastikan bahwa semuanya bersih. Meja dan tempat dudukmu juga sempat ditempati oleh orang lain, jadi tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga!

2. Cari tempat duduk yang sepi dan terbuka

5 Tips Makan Aman di Restoran saat Masa New NormalPexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika kamu di restoran, jangan duduk di tempat yang ramai karena itu akan meningkatkan risikomu menemui orang yang terjangkit penyakit COVID-19. Selalu cari tempat duduk yang sepi, dan jika memang restoran itu sangat ramai, mungkin kamu bisa memilih restoran yang lain terlebih dahulu.

Carilah tempat yang terbuka juga. Berada di ruangan yang sempit dengan banyak orang juga meningkatkan risiko, jadi pastikan bahwa kamu bisa menjaga jarak dengan orang lain ketika berada di restoran itu.

Baca Juga: Ini 7 Tips Berkendara Motor di Masa New Normal

3. Bawa masker cadangan

5 Tips Makan Aman di Restoran saat Masa New NormalPexels.com/Anna Shvets

Setiap kali kamu pergi makan, bawalah masker cadangan. Bagian dalam maskermu bisa saja tersentuh permukaan meja atau tanganmu secara tidak sengaja dan menjadi kotor. Karena itu, lebih baik jika kamu menyiapkannya terlebih dahulu dan membawa satu atau dua masker cadangan.

Kamu bisa menaruh masker itu di dalam plastik kemudian meletakannya di dalam tasmu. Kalau bisa, jangan langsung menaruh masker itu di dalam tas, karena ketika kamu mengambil barang dari tas mu, masker itu bisa terkena kotoran juga.

4. Ingatlah untuk mencuci tangan sebelum makan, terutama jika kamu makan menggunakan tangan

5 Tips Makan Aman di Restoran saat Masa New Normalpexels.com/Burst

Mencuci tangan adalah salah satu hal yang paling penting pada saat pandemi ini. Ketika kamu membuka pintu restoran, memegang kertas menu, dan lain-lainnya, tanganmu bisa saja terkena kotoran atau bekas virus COVID-19. Jadi, kamu harus selalu mencuci tanganmu ketika berada di luar.

Jika kamu makan dengan tangan, selalu cuci tanganmu sebelum dan setelah kamu memegang barang-barang seperti piring, atau jika kamu membuka kemasan seperti plastik. Pastikan bahwa ketika kamu menyentuh makananmu, tanganmu sudah dicuci dan dibersihkan. 

5. Perhatikan standar kebersihan restoran yang kamu kunjungi

5 Tips Makan Aman di Restoran saat Masa New NormalPexels.com/Clem Onojeghuo

Sebelum kamu memutuskan untuk makan di restoran tertentu, pastikan bahwa standar kebersihan restoran itu baik. Kamu bisa melihat ini dengan memerhatikan jika pegawai restoran tersebut menggunakan masker atau tidak, dan lebih baik lagi jika mereka menggunakan face shield dan sarung tangan.

Jika kamu mau memastikan bahwa kamu makan di tempat yang benar-benar aman, kamu bisa mencari restoran di mana dapur restoran itu terlihat dan kamu bisa melihat koki-koki restoran itu masak secara langsung. Dengan itu, kamu akan tahu jika mereka menggunakan masker atau tidak dan kamu akan merasa lebih aman.

Itulah lima tips untuk makan di restoran dengan aman di masa new normal ini! Walaupun kini sudah ada banyak orang yang mulai makan di luar dan kembali ke kehidupan normal, sangatlah penting bahwa kita terus berjaga-jaga demi kesehatan kita bersama!

Baca Juga: Tips Bersihkan Baju dari Kuman Usai Bepergian di Era New Normal

Angie Hosea Photo Verified Writer Angie Hosea

Hi, I'm Angie! I'm a passionate writer who is currently living in Surabaya, Indonesia. For any inquiries, please contact me through⁣ my E-mail: angiehoseaaa@gmail.com⁣ or reach out to me through my Instagram: @angiehosea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya