Comscore Tracker

6 Sajian Takjil yang Bisa Disimpan untuk Waktu yang Lama

#RamadanMasaKini Bisa buat stok sampai lebaran

Selain azan magrib, takjil, atau sajian berbuka, pasti merupakan hal yang ditunggu tunggu teman-teman bukan? Nah, pernah gak sih ngitung berapa banyak uang yang harus kita keluarkan kalau kita jajan takjil di luar terus?

Sekali-kali bikin takjil frozen food di rumah yuk! Selain terjamin kebersihannya, bikin takjil dalam jumlah besar juga bisa menghemat budget.

Membuat takjil berupa frozen food juga bisa menjadi alternatif bagi ibu-ibu "berbalita" yang menginginkan kepraktisan di setiap berbuka. Tapi, kita perlu waktu yang cukup Panjang untuk membuat sajian tersebut. Yuk, kita lihat apa aja sih takjil frozen yang bisa kita buat!

1. Risoles sayur dan mayones, incaran pertama para pemburu takjil

6 Sajian Takjil yang Bisa Disimpan untuk Waktu yang LamaDapurkobe.co.id

Siapa sih yang gak suka risoles? Rasa garing di luar dengan isi yang begitu lembut, membuat risoles menjadi sajian pas untuk berbuka.

Kamu bisa membuat risoles sendiri loh di rumah! Kalau dirasa repot membuat kulit risol sendiri, kamu bisa menggantinya dengan kulit lumpia instant yang dijual di pasar atau supermarket, tapi rasanya akan sedikit berbeda ya.

Isian dari risol yang berupa sayur yang sudah matang membuatnya bisa bertahan lama di kulkas. Sekitar 5 hari di-chiller, dan 1 bulan di freezer. Selain itu, risol mayo yang berisi mayones, telur rebus, keju dan daging asap, juga bisa disimpan dengan jangka waktu yang sama.

2. Bitterbalen, takjil enak yang butuh merogoh kantong agak dalam

6 Sajian Takjil yang Bisa Disimpan untuk Waktu yang LamaCurls-culinair.nl

Bitterbalen merupakan sajian dari campuran tepung dan susu, kamu bisa mengisinya dengan daging ayam, keju, sayur, atau daging giling. Pantes aja, ya harganya mahal. Tapi kamu bisa bikin sendiri loh di rumah. Bitterbalen bisa disimpan di kulkas untuk jangka waktu yang lama. Karena pada dasarnya dia sudah matang, kecuali bagian telur sebagai bahan pelapis panir. Biterbalen dapat disimpan di kulkas selama seminggu dan 1 bulan di freezer. Kalau mau makan, tinggal goreng aja.

Baca Juga: 5 Manfaat Dahsyat Konsumsi Madu Saat Buka Puasa

3. Martabak telur, takjil wajib yang harus ada buat kamu yang suka makanan gurih

6 Sajian Takjil yang Bisa Disimpan untuk Waktu yang LamaRoyco.co.id

Martabak telur ini termasuk mudah dibuat. Berbekal kulit lumpia, daging giling, dan bumbu kari instan, kamu bisa membuat martabak sendiri! Nah, martabak telur ini bisa disimpan tergantung kondisi telur yang kamu gunakan.

Kalau telur yang kamu gunakan sudah dalam keadaan matang, martabak ini bisa disimpan di freezer selama 3 bulan. Tetapi kalau kamu mencampur telur sebagai isian dalam keadaan mentah, martabakmu hanya bertahan di freezer selama sebulan.

4. Tahu isi, takjil yang bikin antre di abang gorengan

6 Sajian Takjil yang Bisa Disimpan untuk Waktu yang LamaKaktasya.blogspot.com

Tahu isi ini favorit semu orang kalau beli gorengan. Kapan lagi bissa makan sayur dan tahu dengan rasa yang enak kan? Bikin sendiri yuk! Tahu isi ini, isiannya berupa sayur yang sudah ditumis.

Setelah isinya matang, kamu bisa memasukkannya ke dalam tahu. Nah, tahu ini bisa disimpan di kulkas dalam wadah tertutup selama 2 minggu. Sedangkan di freezer bisa awet dalam waktu 2-3 bulan. Pastikan kamu menutup wadahnya ketika tahu dalam keadaan dingin ya. Sewaktu-waktu ingin makan, kamu tinggal membuat tepungnya saja, lalu tahu siap digoreng!

5. Pisang coklat, snack burjo teman setia para mahasiswa

6 Sajian Takjil yang Bisa Disimpan untuk Waktu yang LamaWajibbaca.com

Pisang coklat merupakan menu yang mudah ditemui sehari-hari di warung burjo. Selama ramadhan, menu ini jadi salah satu primadona di waktu berbuka. Gak perlu taut kehabisan, kamu bisa bikin sendiri loh di rumah. Cukup sediakan kulit lumpia siap pakai, lalu isikan pisang yang sudah dipotong-potong, taburkan meses dan susu kental manis, kemudian gulung. Piscok ini bisa disimpan di dalam kulkas selama 1 minggu dalam wadah tertutup lho. Kalau mau makan, tinggal goreng aja. Praktis kan?

6. Siomay dan bakso ikan, oleh-oleh takjil yang dibawa Mama pulang pengajian

6 Sajian Takjil yang Bisa Disimpan untuk Waktu yang LamaTaste.com.au

Nah, yang satu ini memang agak ribet sih. Tapi dengan meluangkan waktu beberapa jam, kamu bisa punya stok siomay dan bakso homemade sampai lebaran! Resepnya banyak sekali bertebaran di internet, salah satunya di Instagram @yummy.idn.

Nah, siomay yang sudah dikukus itu tadi bisa kamu simpan loh teman teman. Dengan memastikan semua bahan sudah matang, kamu bisa menyimpan siomay dan bakso tersebut di freezer sampai 3 bulan! Kalau mau dimakan tinggal panaskan di kukusan atau rice cooker aja deh. Kalau gini, siap siap masak buat menu takjil cukup 15 menit aja.

Nah, itu tadi 6 homemade frozen food yang bisa kamu buat dan simpan selama bulan Ramadan. Semoga bikin menu buka puasamu makin sehat dan beragam ya! Selamat menunggu berbuka!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Anisa Anggi Dinda Photo Community Writer Anisa Anggi Dinda

Kinda find a good way to share some experience here. Enjoy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You