Comscore Tracker

5 Tempat Makan Legendaris di Bandung, Berusia Hampir Satu Abad!  

Saksi bisu sejarah kelezatan kuliner Bandung 

Bandung tidak pernah berhenti memukau para pelancong dengan ragam kulinernya yang kaya. Mencoba makanan atau kafe baru yang trendi di Bandung memang menyenangkan. Akan tetapi, mencicipi kuliner tempo dulu, berburu di tempat makan legendaris Bandung dapat memberikan kesan mendalam.

Berikut adalah tempat-tempat di mana kamu bisa merasakan kuliner klasik di Bandung, saksi bisu perjalanan kuliner Kota Kembang hingga populer seperti satu ini.

1. Roti Sumber Hidangan (sejak 1929)

5 Tempat Makan Legendaris di Bandung, Berusia Hampir Satu Abad!  Menu roti dan es krim Sumber Hidangan. (instagram.com/ penjelajah_rempah)

Toko Roti Sumber Hidangan merupakan salah satu ikon kuliner Bandung yang berdiri sejak tahun 1929. Beberapa orang menyebut bahwa Sumber Hidangan ini pertama kali dibuka dengan nama Het Snoephuis. Menawarkan berbagai jenis roti, kue kering, dan es krim buatan sendiri, dengan resep yang tidak pernah diubah selama hampir satu abad!

Berkat lokasinya yang berada di spot populer Braga, kedai ini ramai dikunjungi masyarakat lokal dan wisatawan sejak pertama kali didirikan. Tidak hanya roti dan kue dengan cita rasa legendaris yang ditawarkan, interior tempo dulu yang dipertahankan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Alamat: Jalan Braga No.20-22, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.
Jam Operasional: Buka Senin–Sabtu, pukul 09.30–15.30

2. Warung Kopi Purnama (sejak 1930)

5 Tempat Makan Legendaris di Bandung, Berusia Hampir Satu Abad!  Kopi dan roti srikaya Warung Kopi Purnama. (instagram.com/ foodventurewithkokoya)

Warung Kopi Purnama sudah berdiri sejak tahun 1930. Saat itu, pemiliknya, Purnama, hanya membuka kedai kopi sederhana di rumahnya. Menyajikan kopi ala Cina dengan cita rasa yang khas, kedai kopi ini menjadi populer di kalangan penduduk setempat dan dapat bertahan hingga saat ini.

Kini, kedai kopi tersebut telah dikelola oleh generasi ke-3 Purnama. Meski telah melewati beberapa generasi, kedai kopi ini masih mempertahankan rasa aslinya. Menu legendaris dari tempat ini adalah roti dengan selai kaya homemade dan kopi susu. Tempat ini juga memberikan sensasi nongkrong di era vintage berkat interiornya yang klasik.

Alamat: Jalan Alkateri No.22, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.
Jam Operasional: Buka setiap hari, pukul 06.30–21.00

Baca Juga: 10 Kota dengan Makanan Terbaik di Asia, Bandung Masuk Lima Besar!

3. Batagor Riri (sejak 1985)

5 Tempat Makan Legendaris di Bandung, Berusia Hampir Satu Abad!  Sajian menu batagor riri (instagram.com/ batagor_riri)

Batagor adalah jajanan khas Sunda yang sangat populer di Bandung. Batagor adalah bakso tahu goreng yang disajikan dengan saus kacang. Batagor yang sering dianggap melegenda tidak lain adalah Batagor Riri. Berdiri sejak tahun 1985 dan merupakan salah satu yang paling banyak dicari oleh penduduk lokal dan wisatawan.

Berbeda dengan batagor biasa lainnya, batagor riri memiliki tahun yang lembut dan bumbu kacang yang gurih akan membuat siapapun semakin ingin mencobanya. Batagor Riri masih digemari hingga saat ini, berkat cita rasa khasnya yang hanya menggunakan bahan-bahan terbaik, serta saus legendarisnya yang bertahan sejak didirikan.

Alamat: Jalan Burangrang No.41, Malabar, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung.
Jam Operasional: Buka setiap hari, pukul 08.00–20.00

4. Roti Gempol (sejak 1950)

5 Tempat Makan Legendaris di Bandung, Berusia Hampir Satu Abad!  sajian roti gempol. (instagram.com/ infobdgcom)

Roti  Gempol memiliki menu legendarisnya sendiri yaitu Roti Gandum Panggang dengan berbagai isian. Mulai dari selai kacang, taburan coklat, daging asap, telur, keju, dan masih banyak lagi. Rotinya serba home made dengan resep warisannya yang membuat tempat ini semakin istimewa.

Tak hanya warga lokal, para turis pun biasanya terlihat mengantre untuk mendapatkan Roti Gempol. Jika merasa lapar di Bandung dan ingin mencicipi sesuatu yang berbeda, kamu bisa mencoba makan roti gempol. Tempatnya berada di kawasan Citarum.

Alamat: Jalan Gempol Wetan No.14, Citarum, Bandung Wetan, Bandung.
Jam Operasional: Buka setiap hari, pukul 07.00–21.00

5. Bakmi Parahyangan (sejak 1975)

5 Tempat Makan Legendaris di Bandung, Berusia Hampir Satu Abad!  Menu mie yamin dan babat bakso si Bakmi Parahyangan. (instagram.com/ nelmorningstar)

Bakmi ini kan membuat para pecinta kuliner jatuh cinta dengan setiap gigitan, Bakmi Parahyangan sudah lama dikenal dengan mi yamin ala Bandung yang menggunakan kecap merek Kecap Cap Anggur, menghadirkan tingkat kemanisan yang pas dengan bakso dan pangsit yang disajikan dalam mangkuk terpisah.

Bakmi Parahyangan istimewa berkat toppingnya yang beragam, mulai dari ayam suwir tipis hingga bakso, babat sapi, dan siomay. Babat dagingnya kenyal dan gurih, sedangkan pangsitnya empuk. Bakmi Parahyangan hadir dengan cita rasa yang kuat, tak heran jika setiap hari selalu ramai dikunjungi. 

Alamat: Jalan Dalem Kaum No.12, Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung.
Jam Operasional: Buka setiap hari, pukul 08.00–20.00

Bandung memiliki pesona yang mampu menarik orang untuk datang. Tidak hanya menikmati kuliner warung makan legendaris, pengunjung dapat bernostalgia di Bandung bersama orang-orang tersayang.

Baca Juga: 12 Wisata Liburan Sekolah Bandung yang Seru untuk Anak-anak

Anisa Destya Photo Verified Writer Anisa Destya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya