Comscore Tracker

Gak Akan Kadaluarsa! 5 Bahan Makanan yang Tetap Awet dan Tahan Lama

Bisa sampai bertahun-tahun, lho

Saat membeli bahan makanan, salah satu yang sering kita jadikan pertimbangan adalah masa kadaluarsa. Beberapa makanan memang tidak bisa awet dan tahan lama. Ada masa-masa tertentu dimana makanan tersebut tak lagi bisa kita konsumsi.

Akan tetapi lain halnya dengan beberapa bahan makanan berikut. Bahan makanan ini akan tetap awet dan juga tahan lama. Penasaran apa saja bahan makanan apa yang gak akan kadaluarsa tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1. Gula

Gak Akan Kadaluarsa! 5 Bahan Makanan yang Tetap Awet dan Tahan LamaPexels.com/Mali Maeder

Gula merupakan salah satu bahan makanan yang tidak akan pernah bisa kadaluarsa. Gula yang paling awet dan tahan lama adalah gula yang terbuat dari tebu.

Untuk membuatnya awet dan tahan lama pastikan kamu menyimpan gula dengan baik dan benar. Masukkan ke dalam wadah yang kering dan letakkan di tempat yang jauh dari kerumunan semut.

2. Madu

Gak Akan Kadaluarsa! 5 Bahan Makanan yang Tetap Awet dan Tahan LamaUnsplash.com/Arwin Neil Baichoo

Madu memiliki anti mikroba alami yang akan membuatnya terus terasa manis dalam waktu yang lama. Oleh karenanya, madu masuk ke dalam daftar bahan makanan yang tidak akan kadaluarsa.

Madu mempunyai tingkah pH dan keasaman yang rendah sehingga menyebabkan bakteri sulit untuk berkembang. Meski saat disimpan lama madu akan mengkristal, kamu tak perlu khawatir karena hanya dengan memanaskannya kembali, madu tersebut akan kembali ke bentuk semula.

Baca Juga: 6 Tips Mengukus Bahan Makanan Agar Kandungan Nutrisinya Tidak Hilang

3. Garam

Gak Akan Kadaluarsa! 5 Bahan Makanan yang Tetap Awet dan Tahan LamaPexels.com/Artem Beliaikin

Garam atau yang memiliki nama kimia natrium klorida ini juga akan awet dan tahan lama. Bahan makanan yang berfungsi sebagai penambah cita rasa makanan ini tak akan kadaluarsa, lho.

Agar awet dan tahan lama, simpanlah garam pada tempat yang bersih dan juga kering. Hindarkan dari tempat yang lembab karena akan membuatnya berair.

4. Minuman beralkohol

Gak Akan Kadaluarsa! 5 Bahan Makanan yang Tetap Awet dan Tahan LamaUnsplash.com/Chuttersnap

Tak hanya dijadikan sebagai minuman, alkohol terkadang juga digunakan sebagai campuran dalam makanan. Namun tidak perlu khawatir, karena minuman beralkohol akan tetap awet sepanjang masa. Minuman yang satu ini tidak memiliki masa kadaluarsa.

5. Cuka beras

Gak Akan Kadaluarsa! 5 Bahan Makanan yang Tetap Awet dan Tahan Lamathekitchn.com

Bila kamu memiliki cuka kamu tidak perlu khawatir jika bahan makanan yang satu ini akan kadaluarsa. Meski sudah dibuka sekalipun, cuka akan tetap awet dan tahan lama.

Cuka biasanya digunakan sebagai pemberi aroma serta rasa ke dalam makanan. Terbuat dari bahan-bahan alami yang telah melalui proses fermentasi.

 

Itulah tadi beberapa bahan makanan yang tak akan kadaluarsa. Bahan-bahan tersebut akan tetap awet dan tahan lama, lho. 

Baca Juga: 10 Bahan Makanan Unik dan Paling Mahal di Dunia, Kamu Mau Beli?

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya