Comscore Tracker

Sebaiknya Hindari Mengonsumsi 5 Jenis Makanan Ini di Malam Hari

Jangan asal makan, ya

Makan adalah salah satu aktivitas rutin kita dalam keseharian. Dengan makan salah satu sumber nutrisi dalam tubuh kita akan terpenuhi. Biasanya dalam keseharian kita melakukan kegiatan makan selama tiga kali yaitu pada pagi, siang, dan malam.

Di malam hari ada beberapa makanan yang harus kamu perhatikan betul boleh dan tidaknya untuk disantap. Hal ini perlu kamu lakukan agar terhindar dari risiko penyakit berbahaya ataupun membuat tubuhmu semakin gemuk. Berikut 5 jenis makanan yang harus kamu hindari di malam hari.

1. Makanan yang mengandung karbohidrat

Sebaiknya Hindari Mengonsumsi 5 Jenis Makanan Ini di Malam HariUnsplash.com/Pille-Riin Priske

Tubuh kita memang butuh asupan karbohidrat namun, di malam hari sebaiknya jangan konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, spaghetti, fettucini, pizza, burger, dan sebagainya.

Selain karena karbohidrat akan sulit dicerna di malam hari yang hanya akan menumpuk menjadi lemak, mengonsumsi karbohidrat di malam hari juga akan membuat tidurmu menjadi kurang lelap. Tak hanya kurang lelap saja tapi, keesokan paginya saat kamu terbangun kamu akan merasa kelelahan.

2. Makanan yang mengandung asam

Sebaiknya Hindari Mengonsumsi 5 Jenis Makanan Ini di Malam HariUnsplash.com/Brooke Lark

Bila kamu terpikir untuk mengonsumsi buah-buahan seperti nanas, jeruk, anggur dan buah-buahan dengan cita rasa asam lain di malam hari sebaiknya jangan dilakukan. Konsumsi buah tersebut di siang hari saja.

Pasalnya buah-buahan yang mengandung asam tersebut bila dikonsumsi di malam hari akan menyebabkan naiknya asam lambung dan juga kembung.

Baca Juga: Resep Rolade Ayam yang Bisa Jadi Lauk untuk Makan Malam, Enak Banget

3. Soda

Sebaiknya Hindari Mengonsumsi 5 Jenis Makanan Ini di Malam HariUnsplash.com/Artem Beliaikin

Jika sering melihat drama Korea pasti kamu sering bertemu dengan scene di mana tokoh-tokohnya memesan ayam goreng dan soda di malam hari. Eits, tapi kamu jangan coba-coba mengonsumsi soda di malam hari.

Meski rasanya enak dan memberi efek segar setelah kita mengonsumsinya, meneguk soda di malam hari hanya akan membuatmu susah tidur. Selain itu efek terlalu sering mengonsumsi soda dapat membuat kesehatanmu menurun dengan risiko penyakit jantung dan juga diabetes.

4. Makanan yang mengandung gula

Sebaiknya Hindari Mengonsumsi 5 Jenis Makanan Ini di Malam HariUnsplash.com/Toa Heftiba

Cokelat, cake, cookies, martabak manis, roti bakar cokelat dan juga es krim merupakan goodaan berat yang sulit dihindari ketika malam hari. Bila kamu sering tergiur sebaiknya mulai kurangi dan atau hentikan kebiasaan kamu ini deh.

Pasalnya mengonsumsi makanan yang mengandung gula di malam hari selain membuat kita akan mengalami kesulitan saat tidur juga akan meningkatkan gula darah dalam tubuh kita.

5. Kopi

Sebaiknya Hindari Mengonsumsi 5 Jenis Makanan Ini di Malam HariUnsplash.com/Nathan Dumlao

Kafein yang terdapat pada kopi akan membuat kita menjadi susah tidur. Oleh sebabnya, jangan pernah konsumsi kopi di malam hari. Selain membuat kita susah tidur, efek lain yang ditimbulkan setelah meminum kopi adalah membuat frekuensi buang air kecil kita meningkat. Bila kamu ingin mengonsumsi kopi di malam hari sebaiknya dilakukan kurang lebih enam jam sebelum kamu tidur.

Itulah, 5 jenis makanan yang harus kamu hindari di malam hari. Sebaiknya mulai mencari makanan substitusi agar tetap sehat ketika di konsumsi di malam hari seperti apel, teh herbal, ataupun air mineral. Tetap jaga kesehatan, ya guys.

Baca Juga: 6 Alasan Kamu Perlu Membiasakan Makan Secara Perlahan, Lebih Sehat!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya