Comscore Tracker

Selain Lumpia, 5 Jajanan Khas Semarang Ini Juga Wajib Dicoba

Cobain, yuk pas main ke Semarang

Bila bertandang ke Semarang rasanya tak lengkap bila tak menyempatkan diri untuk berburu kuliner. Jika kamu sedang ingin menikmati makanan ringan, beberapa rekomendasi jajanan berikut mungkin bisa kamu coba.

Berikut, lima rekomendasi jajanan Semarang yang wajib kamu coba. Simak ulasannya, ya!

1. Pisang Plenet

Selain Lumpia, 5 Jajanan Khas Semarang Ini Juga Wajib Dicobainstagram.com/jakulsemarang

Jajanan yang satu ini sudah mulai langka dijumpai penggemarnya. Pisang plenet sendiri merupakan hidangan berupa pisang kepok yang dibakar, lalu dipipihkan sehingga menjadi pipih.

Pisang yang sudah diplenet tadi atau dipipihkan, kemudian ditumpuk sebanyak tiga empat buah disajikan dengan beragam topping, sesuai keinginan pembeli kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Salah satu kedai penjual pisang plenet yang terkenal adalah Pisang Plenet Pak Yuli yang terletak di sekitaran Jalan Gajah Mada Semarang.

2. Wedang Tahu

Selain Lumpia, 5 Jajanan Khas Semarang Ini Juga Wajib Dicobainstagram.com/javafoodie

Konon kabarnya sajian yang satu ini dibawa ke Indonesia, oleh pedagang dari Tiongkok. Wedang tahu sendiri merupakan minuman yang terbuat dari sari kedelai sehingga berbentuk seperti tahu setelah melalui proses yang cukup panjang.

Kemudian disajikan bersama dengan kuah jahe dan gula merah serta rempah-rempah yang berkhasiat untuk menyehatkan tubuh. Bila kamu ingin menikmati semangkuk wedang tahu kamu bisa datang ke Wedang Tahu Pak Adi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Semarang Favorit Ala Mgdalenaf, Mana favoritmu? 

3. Kue Leker

Selain Lumpia, 5 Jajanan Khas Semarang Ini Juga Wajib Dicobainstagram.com/jktfoodbang

Jajanan yang satu ini pastinya sudah tersohor dimana-mana. Salah satu kedai yang menjual kue lekker paling ternama di Semarang adalah Lekker Paimo.

Jika Lekker pada umumnya hanya berisikan pisang dan juga meses atau selai, di sini kamu bebas memilih isian sesuai favoritmu. Tapi, kamu harus sabar bila datang ke tempat yang satu ini karena selalu ramai dan tak pernah sepi pembeli. Sebaiknya kamu menyiasati dengan datang lebih awal.

4. Roti Ganjel Rel

Selain Lumpia, 5 Jajanan Khas Semarang Ini Juga Wajib Dicobainstagram.com/daliessiangadi123

Roti ganjel rel atau roti gambang merupakan salah satu kuliner khas Kota Semarang. Dinamakan seperti itu karena bentuknya yang besar seperti bantalan rel. Roti ini berbentuk kotak dengan cita rasa kayu manis yang khas dengan taburan wijen di atasnya.

Karena teksturnya sangat legit memakan satu potong roti ini saja sudah pasti akan langsung membuat perutmu kenyang. Salah satu rujukan untuk membeli roti ini adalah di Selina Bakery karena memang roti yang satu ini sudah sangat sulit untuk di temui.

5. Es Krim Jadul

Selain Lumpia, 5 Jajanan Khas Semarang Ini Juga Wajib Dicobainstagram.com/jktfoodbang

Bila di Jakarta punya Es Krim Ragusa dan di Surapaya punya Es Krim Zangrandi maka Semarang juga punya Toko Oen yang menyediakan eksrim “jadul”. Salah satu menu andalan di toko es krim ini adalah Oen’s Symphony Ice Cream.

Selain itu menu lainnya juga tak kalah lezatnya kok. Bila kamu bertandang ke tempat ini maka nuansa legendari akan langsung terasa, karena bangunan tokonya masih mempertahankan arsitektur jaman dulu khas Belanda.

Nah, itulah lima jajanan Semarang yang wajib kamu coba. Jangan lupa, ya sempatkan untuk mencicipi setidaknya satu kuliner bila kamu tengah bertandang ke Semarang.

Download aplikasi masakan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya