Comscore Tracker

7 Tips agar Gorengan Sempurna dan Gak Berminyak, Wajib Coba!

Biar gorengan kamu lebih sehat juga

Siapa, sih, yang gak menyukai gorengan? Aneka makanan lezat yang cocok dijadikan sebagai camilan serta teman minum teh atau kopi ini memang sulit ditolak kelezatannya. Namun, banyak orang yang enggan menikmati gorengan karena takut akan kandungan minyaknya yang berlimpah pasca ditiris dari penggorengan.

Tapi, gak perlu khawatir lagi, kamu bisa membuat gorengan yang sempurna dan gak berminyak di rumah dengan mengikuti beberapa tips berikut. Kira-kira apa saja tips yang dimaksud? Intip bersama, yuk!

1. Pakailah minyak yang berkualitas

7 Tips agar Gorengan Sempurna dan Gak Berminyak, Wajib Coba!Ilustrasi menggoreng (Unsplash.com/Gary Meulemans)

Untuk mengetahui bagus atau tidaknya gorengan, kita wajib memperhatikan juga, lho minyak yang kita pakai. Jangan asal menuang minyak ke dalam wajan, ya. Pastikan minyak yang digunakan dalam kualitas baik dan juga bersih.

Karena jika asal pakai minyak, dijamin selain hasil gorenganmu gak sempurna, bisa jadi juga ada percampuran rasa dari bekas minyak yang sudah digunakan untuk menggoreng bahan lain. Sebaik-baiknya minyak boleh digunakan untuk menggoreng sekitar 2-3 kali saja. Selepas itu jangan digunakan lagi, ya.

2. Gunakan minyak panas

7 Tips agar Gorengan Sempurna dan Gak Berminyak, Wajib Coba!Ilustrasi minyak goreng (mashed.com)

Terkadang, kita kurang tepat dalam memasukkan adonan ke dalam minyak. Apabila memasukkannya di saat minyak belum terlalu panas, kelak yang terjadi gorengan yang dihasilkan akan menyerap banyak sekali minyak.

Untuk itu, pastikan mulai memasukkan adonan saat minyak sudah panas, ya. Kalau belum yakin sudah panas atau belum, coba masukkan sedikit adonan ke dalam minyak apabila adonan langsung naik ke atas permukaan tandanya minyak sudah panas.

3. Jangan menggoreng terlalu banyak

7 Tips agar Gorengan Sempurna dan Gak Berminyak, Wajib Coba!Ilustrasi gorengan (Unsplash.com/Markus Winkler)

Sebaiknya jangan memasukkan terlalu banyak gorengan dalam satu wajan. Hal ini justru malah akan membuat minyak terserap ke dalamnya. Persoalannya sederhana karena dalam satu wajan terdapat banyak gorengan akibatnya mereka akan saling berebut panas dari minyak.

Akibatnya, saat suhu minyak mulai turun maka ia akan terserap ke dalam gorengan itu sendiri. Sebaiknya, gorenglah secara bertahap selain membuat gorengan bisa lebih matang secara merata juga gak bikin berminyak.

Baca Juga: 5 Gorengan Berbahan Kepiting untuk Ide Sajian Ringkas dan Praktis

4. Usahakan jangan terlalu sering membalik gorengan

7 Tips agar Gorengan Sempurna dan Gak Berminyak, Wajib Coba!Ilustrasi gorengan (Unsplash.com/Ashwini Chaudhary)

Tunggulah hingga gorengan mengalami perubahan warna atau menjadi lebih kering. Terlalu sering membolak-balik gorengan justru gak baik. Pasalnya, minyak akan lebih banyak terserap. Untuk itu, baliklah saat diperlukan saja.

Jangan asal membalik, ya. Kalau kamu gak percaya boleh buktikan, deh, bagaimana hasil gorengan yang di balik seperlunya dengan gorengan yang terlalu sering di balik.

5. Hindari mengangkat gorengan saat belum kering

7 Tips agar Gorengan Sempurna dan Gak Berminyak, Wajib Coba!Ilustrasi kentang goreng (Pexels.com/Ron Lach)

Selain agar gorengan matang sempurna, mengangkatnya saat benar-benar sudah kering juga akan menghindarkanmu dari hasil gorengan yang penuh minyak. Jadi, untuk itu jangan pernah sekali-kali, deh, mengangkat gorengan saat masih basah.

Karena kamu akan rugi dua kali, lho pertama kemungkinan hasilnya belum matang kedua minyak yang dihasilkan akan sangat berlimpah.

6. Tiriskan terlebih dahulu

7 Tips agar Gorengan Sempurna dan Gak Berminyak, Wajib Coba!Ilustrasi peniris gorengan (asianinspirations.com.au)

Sebelum meletakkan gorengan ke atas wadah, ada baiknya untuk meniriskannya terlebih dahulu. Ada peniris gorengan ada juga cooling rack.

Kamu bebas memilih menggunakan salah satunya yang jelas gunakan alat yang ada di rumah kamu, ya. Hal ini dilakukan supaya kadar minyak yang ada pada gorengan berangsur turun saat ditiriskan.

7. Alasi gorengan dengan tisu

7 Tips agar Gorengan Sempurna dan Gak Berminyak, Wajib Coba!Ilustrasi potato wedges (Unsplash.com/Abby kale)

Terakhir, kalau kamu masih takut terdapat minyak pada gorenganmu kamu bisa menggunakan tisu untuk mengeringkannya. Lapisi bagian bawah dengan tisu lalu letakkan gorengan di atasnya.

Usahakan menggunakan tisu dapur yang memiliki daya serap minyak lebih tinggi, ya. Karena dikhawatirkan saat menggunkaan tisu jenis lain justru akan menempel pada gorengan.

 

Demikian tadi beberapa tips agar gorengan sempurna dan gak berminyak. Gimana sangat mudah dilakukan, bukan? Tunggu apalagi langsung dipraktikkan, yuk!

Baca Juga: 5 Tips Menikmati Gorengan agar Tetap Sehat, Gak Perlu Khawatir

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya