Comscore Tracker

5 Tips Memasak Mie Instan biar Gak Lembek dan Lengket, Gampang!

Mie instan buatanmu bakal seenak buatan abang-abang

Siapa, sih, yang gak suka dengan mi instan? Penyelamat lapar di malam hari sekaligus makanan favorit banyak orang di tanggal tua ini memang seenak itu untuk disantap.

Namun, gak sedikit masih bingung untuk menghasilkan racikan mi instan yang mantap.Tenang, kini gak perlu berkecil hati, karena ada banyak cara untuk membuat mi instan yang enak.

Nah, dengan menerapkan sejumlah tips berikut, kamu bisa membuat mi instan yang gak lembek dan lengket saat dimasak. Coba cek dan praktikkan, ya!

1. Tambahkan tepung beras ke dalam air rebusan mi

5 Tips Memasak Mie Instan biar Gak Lembek dan Lengket, Gampang!ilustrasi tepung beras (commons.wikimedia.org/경빈마마)

Mungkin masih banyak yang belum tahu  kalau tepung beras gak sebatas dijadikan bahan pembuatan aneka jajanan pasar Indonesia. Tepung beras ternyata juga bisa bikin mi instan buatanmu gak lembek dan lengket saat dimasak.

Caranya, kamu tinggal menambahkan sedikit tepung beras ke dalam air rebusan mi. Cara ini terbuktif efektif untuk membuat mi tidak menyerap banyak air dan minyak pada mi juga tidak akan lepas ke dalam air panas. Dengan begitu, mi instan buatanmu akan kenyal.

2. Tambahkan juga sedikit minyak ke dalam rebusan mi instan

5 Tips Memasak Mie Instan biar Gak Lembek dan Lengket, Gampang!ilustrasi minyak goreng (pixabay.com/HomeMaker)

Cara ini biasanya digunakan saat kita merebus pasta, kan? Ternyata, menambahkan sedikit minyak ke dalam air rebusan mi instan juga terbukti membuatnya gak lembek dan lengket saat dimasak.

Untuk jenis minyaknya tidak ada batasan. Kamu bisa menggunakan minyak apa pun yang ada di rumah, mulai dari minyak sayur, minyak zaitun, minyak kanola, minyak wijen, dan sebagainya.

Namun, perlu diingat bahwa minyak yang kamu tambahkan pada air rebusan mi instan harus dalam keadaan baru. Hindari menggunakan minyak bekas atau jelantah karena pasti akan merusak cita rasa dari mi instan itu sendiri.

3. Perhatikan durasi merebus mi

5 Tips Memasak Mie Instan biar Gak Lembek dan Lengket, Gampang!ilustrasi merebus mie (commons.wikimedia.org/ProjectManhattan)

Tips selanjutnya supaya mi instan gak lengket dan lembek ada pada durasi merebusnya. Meski sudah ada panduan, tetap saja untuk menghasilkan mi yang kenyal dan nikmat butuh trik tertentu. Sebaiknya cukup rebus sekitar 3-5 menit saja.

Kalau suka tekstur yang kenyal, kamu bisa merebus mi instan selama tiga menit. Sebaliknya, kalau suka mi instan yang sedikit lembut, kamu bisa merebusnya selama lima menit. Lebih dari itu akan membuat mi instan buatanmu jadi sangat lembek.

Supaya matangnya pas, kamu juga wajib memasukkan mi instan saat air rebusan sudah benar-benar mendidih. Sebab, air yang belum sepenuhnya mendidih hanya akan membuat durasi merebus mi instan semakin lama dan merusak tekstur.

Baca Juga: 5 Bumbu Pedas yang Bikin Rasa Mie Instan Buatanmu Makin Spesial

4. Coba teknik ini agar mi instan tetap kenyal

5 Tips Memasak Mie Instan biar Gak Lembek dan Lengket, Gampang!ilustrasi membuat mie instan tetap kenyal (pexels.com/Katerina Holmes)

Meski air rebusan mi instan aman untuk dikonsumsi, tapi cara ini perlu dilakukan untuk menghentikan proses pemasakan pada mi instan. Semisal, kamu gak ingin buru-buru menyantap mi instan atau ingin tetap mempertahankan tekstur kenyal, kamu bisa menghentikan proses pemasakan dengan menyiram mi bersama air dingin.

Selanjutnya, kamu bisa menuang air rebusan dan mencampur mi instan bersama bumbu. Jadi, kamu gak perlu membuang air rebusannya juga. Cukup ambil mi dan juga saringan, lalu guyur mi dengan air dingin.

5. Mengoles mi instan dengan minyak

5 Tips Memasak Mie Instan biar Gak Lembek dan Lengket, Gampang!ilustrasi mengolesi mie dengan minyak (vecteezy.com/เอก หนวด)

Gak cuma mi telur saja yang harus dioles minyak supaya gak lengket setelah direbus. Mi instan juga bisa kamu perlakukan dengan cara yang sama. Gak hanya bikin mi makin kenyal dan enak, tapi juga jadi gak lengket saat disantap.

Selain itu, tampilan mi juga jadi semakin terlihat mengilap. Kalau gak suka memakai minyak sayur, minyak zaitun, dan sebagainya, kamu bisa memanfaatkan minyak yang sudah ada pada mi instan itu sendiri.

Selayaknya kamu saat membeli mi ayam, si penjual juga pasti akan mengaduk mi terlebih dahulu dengan minyak bawang, baru menyiramnya dengan kuah. Tips ini bakalan bikin mii instan buatanmu jadi semakin enak, nikmat, dan pastinya gak lembek apalagi lengket.

Mungkin bagi sebagian orang tips di atas sedikit mencederai esensi dari kata instan itu sendiri, sehingga terasa lebih ribet. Namun, kalau kamu benar-benar ingin mendapatkan tekstur dan kekenyalan dari mi, gak ada salahnya mempraktikkan sejumlah tips di atas.

Baca Juga: 10 Olahan Mie Kuah dari Berbagai Negara, Mie Ayam Gak Kalah Eksis!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya