Comscore Tracker

9 Kuliner Tradisional Nepal yang Wajib Kamu Cobain

#PanjatPoin Unik-unik semua nih!

Salah satu makanan favorit di Nepal yang sudah sangat dikenal oleh penduduk lokal ada dal bhat. Dal berarti sup kacang-kacangan, sedangkan bhat berarti nasi. Makanan ini disajikan dengan tumis sayur ataupun ikan di sampingnya.

Namun selain dal bhat yang terkenal sebagai makanan wajib di Nepal, ada banyak kuliner unik lainnya yang perlu kamu coba. Dilansir dari Culture Trip, berikut 10 kuliner tradisional nepal yang wajib kamu coba.

1. Sel roti

9 Kuliner Tradisional Nepal yang Wajib Kamu Cobainholidaystonepal.com

Sering disebut donal Nepal, bentuknya yang bulat bolong dan dimasak dengan cara digoreng. Namun sel roti mempunyai rasa yang tidak terlalu manis dibandingkan dengan donat pada umumnya. Para pedagang sel roti dapat dijumpai di pinggir jalan. Selain itu, penduduk Nepal juga membuat sel roti saat ada festival tertentu. Seperti misalnya festival Maghe Sankranti dan Tihar.

2. Gundruk

9 Kuliner Tradisional Nepal yang Wajib Kamu Cobainthegundruk.com

Gundruk sangat populer di Nepal. Makanan ini terbuat dari sayuran hijau yang difermentasi yang kemudian dibuat menjadi asinan yang disebut gundruk ko achar. Rasanya unik, campuran rasa kecut dan asin. Biasa dimakan bersama dengan kari Nepal dan dal bhat.

3. Bara

9 Kuliner Tradisional Nepal yang Wajib Kamu Cobaintheculturetrip.com

Bara merupakan kue mirip panekuk yang terbuat dari tepung beras. Kuliner ini datangnya dari Etnis Newari. Hidangan ini bisa dimakan polos dan bisa juga ditambah dengan telur mata sapi atau daging kerbau cincang.

4. Chatamari

9 Kuliner Tradisional Nepal yang Wajib Kamu Cobainthegundruk.com

Karena bentuknya yang mirip pizza, chatamari sering disebut sebagai pizza-nya orang Nepal.

Chatamari erbuat dari tepung beras yang ditambah beberapa topping seperti irisan bawang, ketumbar, daging cincang, telur, cabai, serta rempah-rempah lainnya.

5. Yomari

9 Kuliner Tradisional Nepal yang Wajib Kamu Cobaininsidehimalayas.com

Yomari biasanya dijumpai saat festival Yomari Punhi, yang menandakan berakhirnya musim panen padi. Yomari terbuat dari tepung beras yang dibentuk seperti ikan dan kemudian diisi dengan chaku. Chaku sendiri terbuat dari campuran air tebu, gula merah, mentega, dan kacang. Rasanya? Dijamin enak!

Baca Juga: 14 Potret Cafés Richard di Resorts World Genting, bak Sarapan di Paris

6. Chiura

9 Kuliner Tradisional Nepal yang Wajib Kamu Cobaintheculturetrip.com

Chiura terbuat dari beras yang dikeringkan, sehingga kurang lebih bentuknya seperti oatmeal. Tujuannya untuk membuat beras tersebut lebih awet. Karena teksturnya kering, chiura biasanya dimakan bersama dengan kari.

7. Sandheko

9 Kuliner Tradisional Nepal yang Wajib Kamu Cobainbitsofbri.com

Salad pedas khas Newari ini biasanya terbuat dari kentang atau kacang, yang kemudian ditambah dengan cabai, bawang mentah, ketumbar, rempah-rempah lain. Uniknya, salad ini disajikan dingin. Makanan ini sangat enak dan populer di kedai-kedai makanan ringan di Nepal.

8. Momo

9 Kuliner Tradisional Nepal yang Wajib Kamu Cobaininheadline.com

Selain dal bhat, momo juga merupakan makanan favorit orang Nepal. Momo mirip dengan dimsum, yang diisi dengan sayuran cincang atau daging ayam dan kerbau. Ada dua cara memasak momo, cukup dikukus saja atau juga bisa dikukus kemudian digoreng.

9. Juju dhau

9 Kuliner Tradisional Nepal yang Wajib Kamu Cobainthehimalayantimes.com

Juju dhau adalah sejenis yogurt manis yang disajikan di wadah tanah liat. Hidangan ini dapat dengan mudah ditemukan di kota Bhaktapur. Juju dhau terbuat dari susu kerbau. Hidangan ini merupakan salah satu hidangan yang penting dalam perayaan-perayaan etnis Newari.

Jika kamu berkesempatan ke Nepal, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner-kuliner tradisional tersebut, ya!

Baca Juga: 7 Makanan Khas China yang Paling Populer di Indonesia, Mana Favoritmu?

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya