Comscore Tracker

5 Makanan Manis Khas India yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba

Penggemar makanan manis, masuk!

Selain terkenal sebagai negara yang menggunakan banyak rempah pada hidangan-hidangannya, India juga terkenal sebagai surga bagi para penggemar makanan manis. Bagaimana tidak, karena hampir di semua tempat di negara ini, kamu bisa dengan mudah menemukan para pedagang makanan manis yang berjualan menjajakan dagangannya.

Jika kamu suka makanan manis, maka mungkin kamu akan senang mencoba makanan-makanan ini. Namun bagi yang kurang suka, bisa dipastikan kamu akan kaget saat pertama kali mencicipinya. Mengapa? Karena rasa manis dari makanan-makanan ini terasa sangat berlebihan. Penasaran apa saja makanan manis tersebut dan seperti apa kira-kira rasa manisnya? Mari simak ulasan berikut ini:

1. Barfi

5 Makanan Manis Khas India yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Cobasssourabh.com

Dari semua makanan manis India yang pernah saya coba, barfi ini merupakan makanan manis yang paling saya sukai. Jika dibandingkan dengan makanan manis dari Indonesia, rasa manisnya cukup kuat. Namun jika dibandingkan dengan makanan manis India, rasa manisnya kalah dari yang lain.

Barfi terbuat dari susu kental yang ditambah dengan gula. Kedua bahan tersebut dimasak dalam wajan besar sampai semakin mengental dan memadat. Nama "barfi" berasal dari kata "barf" yang berarti salju. Jenis barfi bermacam-macam, tergantung dari bahan apa saja yang ditambahkan ke dalam campuran susu kental dan gula tadi. Ada basan barfi (ditambah kacang arab), kaaju barfi (ditambah kacang mete), pista barfi (ditambah kacang pistachio), serta sing barfi (ditambah kacang tanah).

Untuk menambah cita rasanya, barfi dapat ditambah dengan buah-buahan atau kacang-kacangan. Barfi biasanya juga dilapisi oleh lapisan tipis perak yang bisa dimakan. Sebelum disajikan, barfi yang sudah memadat biasanya dipotong berbentuk persegi, segitiga, atau wajik.

2. Gajar ka Halwa

5 Makanan Manis Khas India yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Cobamerisaheli.com

Saat pertama kali melihat makanan ini, saya sempat mengira kalau rasanya gurih. Ternyata saya salah, karena gajar ka halwa juga merupakan makanan manis. Rasa manisnya hampir sama seperti rasa manis pada barfi. Warna merah pada makanan ini berasal dari wortel (gajar) yang memang merupakan bahan utama untuk membuat hidangan yang umum dijumpai di acara pernikahan ini.

Gajar ka halwa dibuat dengan campuran parutan wortel, air, susu, dan gula, yang dimasak sambil terus diaduk secara berkala. Untuk mempercantik tampilannya saat disajikan, biasanya ditambahkan topping berupa kacang-kacangan yang sebelumnya telah digoreng.

3. Gulab Jamun

5 Makanan Manis Khas India yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Cobarashmisrecipes.com

Salah satu makanan India paling manis yang pernah saya coba. Terbuat dari "susu padat" atau "khoa" yang pembuatannya dilakukan dengan memanaskan susu cair di atas api kecil sampai hampir semua kandungan air di dalam susu tersebut menguap. Susu padat ini kemudian ditambahkan sedikit tepung dan diadon.

Setelah selesai dibuat, adonan tersebut kemudian dibentuk menjadi bulatan kecil dan digoreng dalam minyak panas. Gulab jamun yang sudah matang disajikan dengan sirup yang terbuat dari campuran gula, air mawar, kapulaga, dan safron. Tanpa sirup saja sudah manis, apalagi ditambah dengan sirup.

4. Jalebi

5 Makanan Manis Khas India yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Cobacookingshooking.com

Jika kamu pernah menonton film Lion (2016), maka mungkin kamu akan merasa familiar dengan hidangan yang satu ini. Sebab jalebi ini merupakan makanan favorit dari karakter utama di film tersebut. Dibuat hanya dari adonan tepung cair yang digoreng dalam minyak panas dan dibentuk menyerupai pretzel atau melingkar.

Segera setelah digoreng, jalebi dilumuri dengan sirup gula dan kemudian siap disajikan. Kekuatan rasa manisnya hampir sama dengan rasa manis gulab jamun. Dari segi tampilannya, jalebi terlihat mengkilap karena adanya kristal gula yang melapisi permukaannya.

5. Laddu

5 Makanan Manis Khas India yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Cobacookingshooking.com

Salah satu makanan manis pertama yang saya cicipi saat menginjakkan kaki di India. Terbuat dari tepung kacang arab, tepung terigu, parutan kelapa, dan minyak atau mentega, yang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti kacang atau kismis, dan kemudian dibentuk menjadi bulat.

Laddu merupakan makanan manis yang sering dijumpai dalam acara keagamaan, pernikahan, syukuran kelahiran, atau kegiatan festival lainnya. Ada juga yang menggunakan laddu sebagai persembahan untuk tempat peribadahan, seperti di Kuil Venkateswara, di Andhra Pradesh, India. Sejumlah komunitas Muslim di India juga menganggap laddu sebagai hidangan tradisional saat Idul Fitri.

Itulah makanan-makanan manis India yang rasa manisnya kebangetan. Jika saya harus mengurutkan dari yang manis sampai yang paling manis, maka urutannya adalah barfi, gajar ka halwa, laddu, gulab jamun, dan jalebi. Saya bukan penggemar makanan manis, tetapi saya pikir tidak ada salahnya mencoba. Toh kapan lagi bisa mencicipi rasa manis makanan-makanan kalau bukan sekarang? Tertarik untuk mencoba? Silakan datang ke India dan cicipi sendiri rasanya.

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You