Comscore Tracker

9 Oleh-Oleh Camilan Asal Jawa dari yang Pulang Mudik

Oleh-olehnya beragam!

Kalau kamu mudik, biasanya gak lupa dong untuk mampir buat beli oleh-oleh. Atau dari kampung halaman kamu, sudah langsung dibungkus oleh-oleh dari keluarga dan biasanya bisa sekardus, soalnya untuk dibagikan kepada para tetangga.

Ngomongin oleh-oleh, pasti kamu pun juga punya tetangga yang pulang mudik, kan? Terutama tetangga yang berasal dari Jawa. Biasanya, tetangga kamu akan bersilaturahmi sambil mengantarkan oleh-oleh. Kalau tetangga kamu berasal dari Jawa, ini sembilan oleh-oleh yang biasanya kamu pernah dapat!

1. Lanting

9 Oleh-Oleh Camilan Asal Jawa dari yang Pulang Mudikharnas.co

Lanting ini biasanya ditempatkan di kaleng-kaleng bekas biskuit. Jadi, jangan heran kalau tempat kaleng biskuit itu isinya adalah lanting, bukan biskuit. Bentuk lanting ini unik. Lanting memiliki bentuk seperti angka delapan dan juga angka nol. Rasanya gurih dan saat ini sudah tersedia berbagai rasa!

2. Intip

9 Oleh-Oleh Camilan Asal Jawa dari yang Pulang Mudiksteemit.com

Kalau oleh-oleh yang  satu ini, terbuat dari kerak nasi. Dan jangan salah lho, kerak nasi yang satu ini rasanya gurih! Apalagi ada lelehan gula merah yang mengitari intip. Jadi, gurihnya jadi satu sama rasa manisnya.

3. Telor asin

9 Oleh-Oleh Camilan Asal Jawa dari yang Pulang Mudiklombokita.com

Sudah pasti kamu tahu dong, kalau telor asin itu juga termasuk oleh-oleh walaupun sudah sering banget dijumpai. Tapi nih, kalau telor asin yang kamu dapat dari oleh-oleh tetangga kamu, pasti rasanya lebih enak.

4. Sale pisang

9 Oleh-Oleh Camilan Asal Jawa dari yang Pulang Mudikprimarasa.co.id

Oleh-oleh yang satu ini, terbuat dari buah pisang yang dipotong sisir tipis kemudian dijemur. Rasa dari pisang masih terasa, dan pastinya setelah itu jadi lebih gurih.

Baca Juga: 6 Langkah Bikin Sale Pisang untuk Camilan Buka Puasa 

5. Manggleng

9 Oleh-Oleh Camilan Asal Jawa dari yang Pulang Mudikgunungkidulku.com

Kalau makan oleh-oleh yang satu ini, pasti bikin nagih. Dan gak terasa sudah habis banyak, soalnya ada cita rasa yang gurih dan renyah dari singkong.  

6. Rempeyek

9 Oleh-Oleh Camilan Asal Jawa dari yang Pulang Mudikcookpad.com

Makanan yang menjadi pengganti kerupuk ini, memang sudah banyak ditemui dimana-mana. Biasanya, rempeyek yang paling umum ditemui adalah rempeyek kacang. Tapi ada juga rempeyek udang, ikan teri, daun bayam, hingga rempeyek laron juga ada, lho.

7. Teh tubruk

9 Oleh-Oleh Camilan Asal Jawa dari yang Pulang Mudikbukalapak.com

Memang tiap-tiap daerah memiliki cita rasa teh yang berbeda-beda. Seperti halnya yang terdapat di Jawa, ada berbagai teh yang memiliki cita rasa yang berbeda-beda.

8. Kacang tanah

9 Oleh-Oleh Camilan Asal Jawa dari yang Pulang Mudikbebeja.com

Biasanya, kalau ada tetangga yang membagikan kacang tanah pada kamu, biasanyaa di kampungnya itu lagi musim panen kacang tanah.

9. Ampyang

9 Oleh-Oleh Camilan Asal Jawa dari yang Pulang Mudikmerahputih.com

Kalau oleh-oleh yang satu ini, rasanya itu manis dan gurih. Perpaduan gurihnya kacang dan manisnya gula jawa itu yang bikin goyang lidah.

Dari oleh-oleh di atas, pasti kamu sudah pernah mendapatkan salah satunya, kan? Oleh-oleh khas Jawa apa lagi yang kamu dapat selain yang disebutkan di atas?

Baca Juga: 5 Manfaat Luar Biasa dari Telur Asin yang Tidak Boleh Dilewatkan

Arif Rahmanto Photo Community Writer Arif Rahmanto

pecinta kopi panas dan es teh manis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You