Comscore Tracker

5 Variasi Coffee Cake Lezat, Cocok Dinikmati dengan Kopi Hangat

Lembutnya aneka coffee cake yang dijamin memikat lidahmu!

Menikmati secangkir kopi hangat di musim penghujan adalah salah satu cara yang dapat kamu pilih untuk menghangatkan tubuh. Saat menikmati secangkir kopi hangat, tentu tak lengkap rasanya tanpa adanya kudapan lembut nan lezat dari kue, bukan?

Rekomendasi kue lembut menggugah selera yang dapat kamu pilih untuk menemani kopi hangat favoritmu yaitu coffee cake. Tekstur coffee cake yang lembut dengan aroma menggugah selera akan melengkapi acara minum kopi di rumah.

Adonan coffee cake yang dapat dipadukan dengan aneka ragam bahan tambahan seperti  manisnya karamel atau creamy keju, dijamin makin memikat lidahmu karena rasanya. Penasaran dengan variasi coffee cake yang lezat? Yuk, simak rekomendasinya di bawah ini!

1. Cream cheese coffee cake 

5 Variasi Coffee Cake Lezat, Cocok Dinikmati dengan Kopi Hangatilustrasi cream cheese coffee cake (www.tasteofhome.com/Taste of Home)

Aroma menenangkan dari kopi hangat yang dinikmati dengan potongan coffee cake  berbahan cream cheese adalah kombinasi yang cocok menemanimu kala hujan menguyur. Cream cheese coffee cake yang dikombinasikan dengan taburan irisan kacang almond dan guyuran icing manis, menghasilkan rasa lezat yang buat lidah meleleh. 

Cream cheese yang dipadukan dengan tepung terigu, sour cream, gula pasir, mentega, telur, dan campuran ragi plus air kemudian uleni sampai adonan kalis untuk disimpan di lemari pendingin. Setelah itu, ambil adonan dan oleskan dengan campuran cream cheese, gula halus, vanilla essense, dan telur.

Panggang cream cheese coffee cake hingga mengembang dan menguarkan harum menggoda lalu guyur permukaannya dengan icing dan tak lupa taburan irisan kacang almond. 

2. Cinnamon coffee cake 

5 Variasi Coffee Cake Lezat, Cocok Dinikmati dengan Kopi Hangatilustrasi cinnamon coffee cake (www.southernliving.com/Southern Living)

Coffee cake berikut ini menggunakan bubuk kayu manis sebagai bahan utamanya. Sensasi hangat dan wangi khas dari bubuk kayu manis yang berpadu dengan bahan-bahan coffee cake lainnya, menciptakan rasa lezat yang menggugah selera. 

Untuk membuat cinnamon coffee cake, kamu membutuhkan tepung terigu, bubuk kayu manis, brown sugar, mentega, telur, baking powder, baking soda, dan sour cream. Campur semua bahan menggunakan whisk atau spatula lalu panggang sampai mengembang.

Nikmati kelezatan cinnamon coffee cake dengan secangkir kopi hangat saat hujan mengguyur bersama orang tercinta di rumah, selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Chiffon Cake Keju, Teman Terbaik untuk Ngopi Sore Hari

3. Creamy sweet potato coffee cake 

5 Variasi Coffee Cake Lezat, Cocok Dinikmati dengan Kopi Hangatilustrasi creamy sweet potato coffee cake (www.generalmillscf.com)

Ubi jalar kuning yang mempunyai cita rasa legit bisa kamu jadikan bahan pembuatan coffee cake, lho. Selain itu, menambahkan rasa creamy yang berasal dari cream cheese dapat menyeimbangkan rasa legit dari ubi jalar.

Adonan creamy sweet potato coffee cake dibuat dari perpaduan tepung terigu, bubuk kayu manis, gula pasir, mentega, baking powder, ubi jalar kuning kukus yang dilumatkan, dan telur. Lalu tuang adonan ke loyang, menyusul cream cheese, dan taburan crumble berbahan tepung terigu, brown sugar, dan mentega. 

Panggang creamy sweet potato coffee cake sampai mengembang beberapa menit lalu angkat dan nikmati kelezatannya dengan secangkir kopi hangat favoritmu. 

4. Salted caramel coffee cake 

5 Variasi Coffee Cake Lezat, Cocok Dinikmati dengan Kopi Hangatilustrasi salted caramel coffee cake (www.bettycrocker.co.uk)

Perpaduan rasa manis dan asin dari salted caramel yang diolah menjadi coffee cake, makin memikat rasanya dengan tambahan krim icing dan kacang kenari. Cita rasa manis dari salted caramel coffee cake inilah yang cocok kamu pilih untuk menemani rasa pahit kopi hangat. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat salted caramel coffee cake yaitu tepung terigu, telur, mentega, baking powder, gula pasir, karamel, dan bubuk kopi lalu campur semua bahan menjadi satu dan panggang sampai mengembang sempurna. Untuk krim icing, padukan karamel, krim manis, dan gula halus menjadi satu lalu guyur permukaan salted caramel coffee cake dengan karamel dan taburan kacang kenari. 

5. Carrot cake coffee cake 

5 Variasi Coffee Cake Lezat, Cocok Dinikmati dengan Kopi Hangatilustrasi carrot cake coffee cake (www.delish.com/Laura Rege)

Wortel sudah tak asing dijadikan sebagai olahan kue lezat yang menggugah selera, salah satunya adalah coffee cake. Parutan wortel yang berpadu dengan bahan-bahan coffee cake, menghasilkan kue lembut yang manis dan lezat.

Siapkan wadah untuk mencampurkan tepung terigu, parutan wortel, bubuk kayu manis, baking powder, baking soda, telur, vanilla essense, gula pasir, buttermilk, dan mentega menggunakan whisk. Tuang adonan ke loyang, selanjutnya taburi dengan topping crumble berbahan tepung terigu, bubuk kayu manis, gula pasir, mentega, dan cincangan kacang pecan. 

Panggang  carrot cake coffee cake sampai matang dan menguarkan wangi menggugah selera, barulah bisa diangkat dan dinikmati dengan secangkir kopi hangat. 

 

Coffee cake yang divariasikan cita rasanya dengan bahan-bahan di atas, dijamin rasanya lezat dan buatmu ketagihan untuk terus mencicipinya. Apalagi ditemani dengan kopi hangat favoritmu, kelima coffee cake di atas pasti makin terasa lezat. 

Baca Juga: Resep Carrot Cake Beraroma Jeruk, Cocok untuk yang Tidak Suka Wortel  

Mayang Arin Pratitis Photo Verified Writer Mayang Arin Pratitis

Instagram: @mayang.ariin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya