Comscore Tracker

6 Jajanan Jadul Ini Warnai Momen Hari Raya Anak 90-an, Kangen Deh! 

Beberapa jajanan ini sudah mulai sulit ditemui, lho

Momen hari raya Idulfitri menjadi salah satu momen yang paling dinanti oleh anak-anak, tak terkecuali anak generasi 90-an. Memakai baju baru, mendapat angpau serta bebas bersilaturahmi menjadi sekian alasannya. Tentu perpaduan makanan, mainan dan bersama teman menjadi perpaduan yang sungguh membahagiakan bagi anak-anak bukan? 

Salah satu tradisi yang selalu dilakukan saat hari raya adalah silaturahmi ke sanak-saudara maupun ke tetangga sekitar. Tentu sebagai tuan rumah, Ibu sering kali menyiapkan jajanan sebagai suguhan. Bukan selalu jajanan mahal, melainkan jajanan sederhana yang sering dibuat sendiri ini sering kali mewarnai momen hari raya anak 90-an.

Nah, berikut adalah enam jenis jajanan jadul yang warnai momen hari raya anak 90-an. Yuk, nostalgia! 

1. Kue kancing 

6 Jajanan Jadul Ini Warnai Momen Hari Raya Anak 90-an, Kangen Deh! Shoope/Rafasha23

Siapa yang masih ingat cita rasa kue kancing? Kue kancing menjadi salah satu kudapan favorit momen hari raya anak 90an. Kue kancing merupakan salah satu jenis kue kering yang memiliki rasa perpaduan dari manis dan gurih. Selain bertekstur renyah, kue kancing juga memiliki warna-warna yang menarik perhatian anak-anak.

Biasanya kue ini disajikan di dalam toples bening. Saat ini, kue kancing masih bisa ditemui dengan variasi bentuk yang lebih beraneka ragam. Hayo, siapa yang kangen kue ini? 

2. Rengginang

6 Jajanan Jadul Ini Warnai Momen Hari Raya Anak 90-an, Kangen Deh! resepkoki.id

Rengginang, kudapan ini juga menjadi salah satu kudapan wajib saat momen lebaran. Rengginang merupakan kerupuk tebal yang terbuat dari bahan beras ketan yang dibentuk bulat. Proses pembuatan kerupuk ini melalui proses pengeringan dan penggorengan. Cita rasa kerupuk rengginang yang renyah, asin dan gurih membuat rengginang selalu memiliki penggemar tersendiri.

Saat ini rengginang masih bisa kita temui, bahkan dengan varian rasa yang lebih banyak seperti terasi. Untuk menarik minat anak-anak, para orangtua membuat kerupuk rengginang dengan warna yang mencolok, merah dan putih. Kerupuk ini juga diletakkan dalam wadah toples bening sehingga menarik perhatian.

Tapi, gak jarang kerupuk ini juga diletakkan dalam wadah bekas biskuit, lho. Hayo, siapa nih yang pernah menemui kaleng biskuit tapi dalamnya rengginang? 

Baca Juga: 5 Resep Kue Kering Classic Keju, Jamuan Spesial Lebaran untuk Tamu

3. Madu mongso

6 Jajanan Jadul Ini Warnai Momen Hari Raya Anak 90-an, Kangen Deh! Cookped/Luluk Maunah

Madu mongso merupakan makanan khas yang berasal dari Ponorogo. Makanan ini berbahan dasar ketan hitam dan tape yang difermentasi. Perpaduan cita rasa manis serta sensasi asam selalu membuat para penikmatnya ketagihan.

Untuk menarik minat anak-anak, madu mongso dibungkus menggunakan plastik bergambar atau kertas warna-warni. Kini, madu mongso semakin susah ditemukan saat lebaran atau langka, lho. 

4. Keripik pisang 

6 Jajanan Jadul Ini Warnai Momen Hari Raya Anak 90-an, Kangen Deh! lewiorganics.com

Camilan lain yang juga selalu dihidangkan untuk menjamu tamu saat lebaran adalah keripik pisang. Keripik pisang memiliki cita rasa manis khas buah pisang serta gurih dan renyah. Dalam penyajiannya, keripik ini dibaluri gula atau garam yang dihaluskan untuk menegaskan cita rasanya.

Dulu, keripik ini dipotong tipis namun memanjang dan hampir tiap orang membuatnya sendiri dengan hasil buah panenan sendiri pula. Kini, keripik pisang masih bisa ditemui di berbagai toko camilan.  Siapa nih yang favoritnya keripik pisang? 

5. Kerupuk puli

6 Jajanan Jadul Ini Warnai Momen Hari Raya Anak 90-an, Kangen Deh! pondokrungan.myolsera.com

Dalam menyambut hadirnya bulan Ramadan, banyak daerah-daerah yang memiliki tradisi khusus. Salah satu jenis tradisinya adalah selamatan megengan. Hampir tiap-tiap rumah mengadakan tradisi ini. Nasi-nasi dari acara inilah yang sering diolah menjadi kerupuk puli. Kerupuk puli sendiri memiliki cita rasa gurih dan renyah. Biasanya kerupuk ini disajikan dalam toples bekas biskuit. Hayo, ada yang pernah tertipu? 

6. Bolu klemben 

6 Jajanan Jadul Ini Warnai Momen Hari Raya Anak 90-an, Kangen Deh! dictio.id/Anggara Cahya Nugraha

Jajanan lain yang juga sering disajikan sebagai kudapan lebaran anak 90an adalah bolu klemben. Bolu klemben merupakan camilan tradisional yang memiliki bentuk menyerupai biji kopi besar. Tekstur dari bolu klemben sendiri ada dua jenis, basah dan kering. Namun, yang sering ditemui adalah bolu klemben bertekstur kering.

Tekstur kue ini sangat unik, renyah di luar namun halus di dalam. Rasanya yang lezat membuat penikmat bolu klemben sulit berhenti untuk mengunyah. Hayo, siapa nih yang pernah kalap saat makan bolu klemben?

Nah, itulah enam jajanan jadul yang warnai momen hari raya Idulfitri anak 90-an. Di antara enam jajanan di atas, mana nih yang menjadi favoritmu dan buatmu tidak berhenti mengunyah?

Download aplikasi resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 7 Jajanan SD Berbahan Dasar Telur yang Bakalan Bikin Kamu Ngiler 

Armita Dewi Cahyanti Photo Verified Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya