Comscore Tracker

12 Makanan & Minuman Berindeks Glikemik Rendah, Pas untuk Sahur

Menjadi muslim yang sehat dan kuat pada bulan Ramadan

Tubuh manusia membutuhkan nutrisi guna diproses menjadi energi agar tubuh dapat beraktivitas sebagaimana mestinya, karenanya manusia perlu memenuhi kebutuhan energinya dengan mengonsumsi makanan dan minuman. Kendati demikian, manusia perlu memerhatikan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuhnya.

Indeks Glikemik (IG) penting untuk diperhatikan, terkhusus bagi penderita diabetes melitus atau bahkan bagi mereka yang ingin memiliki tubuh ideal dalam mengoptimalkan momen Ramadan ini dengan memerhatikan menu sahurmu. Karena dengan memerhatikan nilai IG makanan --selain memerhatikan Beban Glikemik- menjadi langkah penting untuk memulai diet, dan tentu juga guna mengontrol gula darah bagi penderita diabetes melitus.

Sederhananya penjelasan mengenai makanan IG bernilai rendah yaitu makanan yang diserap tubuh menjadi gula darah dengan lebih lambat, maka kadar gula darah dalam tubuh pun menjadi lebih terkontrol dan makanan dengan IG bernilai tinggi berlaku sebaliknya, dalam konteks penderita diabetes melitus yang pengelolaan kadar gula dalam darahnya tidak berfungsi optimal tentu memerhatikan nilai IG makanan menjadi penting.

Nah, berikut daftar makanan dan minuman dengan nilai IG rendah yang diolah dari berbagai sumber.

1. Roti gandum

12 Makanan & Minuman Berindeks Glikemik Rendah, Pas untuk Sahurpexels.com/kaboompics.com

Kamu perlu mengetahui dalam setiap 50 gram roti gandum terdapat 30 nilai IG, lho. Roti gandum dapat kamu kreasikan dengan makanan lainnya, tentu setelah roti gandum dikreasikan porsi roti gandum atau makanan yang mendampinginya disesuaikan jumlahnya ya, jangan sampai berlebihan.

Kamu bisa memilih telur atau daging untuk teman pas roti gandummu. Tentu semuanya harus diperhatikan ya, mulai dari bagaimana kamu mengolah telur atau dagingnya, juga termasuk jumlah yang akan kamu makan. Yang perlu diperhatikan saat mengelola daging yaitu hilangkan bagian lemaknya dan jangan digoreng dengan minyak berlebih, dan pastikan minyaknya bersahabat dengan tubuhmu. Tetapi akan lebih sehat jika direbus, dipanggang, atau dibakar. Wah lezat dan bergizi, ya.

2. Nasi merah

12 Makanan & Minuman Berindeks Glikemik Rendah, Pas untuk Sahurpexels.com/Lovefood Art

Kamu perlu tahu normalnya dalam setiap 150 gram nasi merah terdapat 50 nilai IG, lho. Sehingga kamu perlu mencoba nasi merah untuk pengganti nasi putihmu saat santap sahur. Karena nasi merah yang rendah gula, tentu pas banget buat kamu.

Eits, jangan lupa ya, usahakan dimakan dalam keadaan nasi tidak panas, apalagi dengan asap yang masih mengepul, jangan deh. Selain akan memberi efek terbakar saat mengonsumsi nasi yang masih mengepul, kadar gulanya juga akan berbeda dengan kondisi nasi yang tak panas.

3. Oatmeal

12 Makanan & Minuman Berindeks Glikemik Rendah, Pas untuk Sahurpexels.com/photo/Alexander Mils

Kamu tahu berapa nilai IG dalam oatmeal?. Catat baik-baik, ya!. Normalnya dalam 250 gram oatmeal terdapat 55 nilai IG. Cocok deh buat santap sahurmu. Jangan tambahkan pemanis buatan ya. Kamu perlu mencoba mengonsumsi oatmeal dengan buah-buahan, mulai dari blueberry, pisang, strawberry. Coba deh, tidak kalah enak dengan oatmeal dengan pemanis buatan, lho.

4. Jagung rebus

12 Makanan & Minuman Berindeks Glikemik Rendah, Pas untuk Sahurpexels.com/Buenosia Carol

Dalam 150 gram jagung rebus terdapat 60 nilai IG, cocok nih buat kamu yang ingin menjalankan pola makan sehat. Kamu perlu sesekali mencoba jagung untuk menggantikan nasi. Atau kamu bisa mengolahnya menjadi jagung rebus dan juga sup jagung. Wah, terbayang begitu lezat, ya?

Coba kreasikan lagi bahan jagung di rumahmu, tentu dengan cara mengolahnya yang tepat dan ingat jangan berlebihan, ya!

5. Jus apel tanpa pemanis

12 Makanan & Minuman Berindeks Glikemik Rendah, Pas untuk Sahurpexels.com/Rawpixel.com

Dalam 250 ml jus apel tanpa pemanis terdapat 44 nilai IG. Wah, segar ya jus apel tanpa pemanis ini. Cocok deh untuk minuman sahurmu. Segar dan juga menyehatkan.

6. Jus jeruk tanpa pemanis

12 Makanan & Minuman Berindeks Glikemik Rendah, Pas untuk Sahurpexels.com/Rawpixel.com

Nah cocok nih buat kamu saat bulan Ramadan ini. Selain memenuhi vitamin c dalam tubuhmu, jeruk juga baik untuk melancarkan pencernaanmu. Jus jeruk pun termasuk minuman yang dapat membuatmu tambah kuat lho saat berpuasa. Karena dalam 250 ml jus jeruk tanpa pemanis terdapat 50 nilai IG. Pas banget buat kamu yang ingin mengontrol gula darah.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Maag Saat Berbuka

7. Jeruk bali

12 Makanan & Minuman Berindeks Glikemik Rendah, Pas untuk Sahurpixabay.com/JillWellington

Setelah kamu membaca informasi ini pastikan kamu pertimbangkan untuk segera membeli buah dengan nilai IG rendah ini. Lalu kamu konsumsi sebelum memakan santap sahur. Selain membuat kamu tidak kalap ketika menyantap menu utama, banyak dampak kesehatan lainnya juga lho saat kamu mengonsumsi buah sebelum makan besar. Kamu perlu tahu, bahwa dalam 120 gram jeruk bali terdapat 25 nilai IG, lho. Wah, cocok ya untuk makanan pembuka sahurmu.

8. Pear

12 Makanan & Minuman Berindeks Glikemik Rendah, Pas untuk Sahurpixabay.com/PublicDomainPictures

Buah pear termasuk buah yang memiliki kandungan air yang cukup banyak. Ini akan menjadi sangat tepat buat tubuhmu saat dimakan sebelum makan. Kamu tidak akan kalap saat menyantap makanan utama. Normalnya setiap 120 gram pear terdapat 28 nilai IG. Pas sekali buat menu dietmu dan menu untuk mengontrol gula darahmu.

9. Kacang tanah

12 Makanan & Minuman Berindeks Glikemik Rendah, Pas untuk Sahurpixabay.com/Pezibear

Kacang tanah akan menjadi santapan yang pas saat kamu juga tepat mengkreasikannya. Kamu bisa menaburkan kacang ke dalam sereal, yoghurt rendah lemak, salad, ataupun es krim rendah lemak, lho. Karena selain bernutrisi, kacang mengandung lemak sehat dan serat. Yang tak kalah penting ialah nilai IG kacang, dalam setiap 50 gram kacang tanah terdapat 7 nilai IG. Wah, pas banget ya, buat santapan sahurmu.

10. Kacang kedelai

12 Makanan & Minuman Berindeks Glikemik Rendah, Pas untuk Sahurpixabay.com/Jing

Kacang kedelai bisa kamu konsumsi secara langsung mau pun ketika kacang kedelai sudah berupa tempe atau pun tahu. Cukup banyak kreasi makanan dari kedua makanan yang akrab dengan lidah masyarakat Indonesia itu. Nilai IG yang terkandung dalam setiap 150 gram kacang kedelai yaitu bernilai 15. lho. Nilainya akan normal dan sama baik ketika kamu mengolahnya dengan tepat. Jadi pastikan kamu mengolahnya dengan tepat, ya!

11. Wortel

12 Makanan & Minuman Berindeks Glikemik Rendah, Pas untuk Sahurpixabay.com/Couleur

Selain baik untuk kesehatan matamu, wortel juga baik untuk gula darahmu, lho. karena dalam setiap 80 gram wortel terdapat 35 nilai IG. Cocok untuk pelengkap makananmu atau pun kamu jus, tentu tanpa pemanis buatan ya. Awal-awal mungkin akan terasa aneh jika meminum jus wortel tanpa pemanis buatan, tetapi ke depannya bakal terbiasa. Cobain, deh!

12. Kacang polong

12 Makanan & Minuman Berindeks Glikemik Rendah, Pas untuk Sahurpixabay.com/iPublicDomainPictures

Kamu dapat menjadikan kacang polong sebagai cemilan, atau pun sebegai pelengkap makanan lainnya. Lagi-lagi, kamu harus tetap memerhatikan bagaimana kacang polongmu diolah dan juga jumlah yang masuk dalam tubuhmu. Kacang polong sangat baik untuk kadar gula tubuhmu, karena dalam 80 gram kacang polong terdapat 51 nilai IG. Yuk, berkreasi di dapur!. Buat makanan-makanan sehatmu di dapur rumahmu.

Bagaimana, sudah kepikiran menu sahurmu nanti? kalau sudah pastikan kreasi makananmu tetap memerhatikan bagaimana makanan diolah, seberapa matang makanan tersebut dimasak, dan dengan apa makanan tersebut dikonsumsi. Untuk minuman biasakan jangan diberi pemanis tambahan, ya. Oh iya, makanan dan minuman di atas selain pas untuk santap sahurmu, cocok juga untuk santapan utama saat berbuka, lho.

Masih penasaran apa itu Beban Glikemik? Singkatnya, Beban Glikemik dipengaruhi kuantitas karbohidrat pada makananmu, jadi setalah kamu tahu nilai IG makananmy pastikan kamu mengontrol jumlah porsi makananmu, ya! Semangat sehat dan tidak lebar-an saat lebaran.

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Sehat untuk Anak, Rasanya Enak dan Menyenangkan

Hasib Photo Writer Hasib

Sulung kelahiran Kota Tangerang ketika mozaik reformasi sedang terus disusun, pada penguhujung '96. Berharap deret-deret tulisan memperpanjang usia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya