Comscore Tracker

6 Minuman yang Mencegah Dehidrasi di Musim Kemarau

Yuk mulai perhatikan kondisi tubuh~

Terik matahari semakin menusuk kulit dan tubuh, ini berarti musim kemarau sudah di depan mata. Musim kemarau identik dengan suasana gersang dan panas yang tidak kenal waktu. Ternyata, hal ini dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit, salah satunya dehidrasi. Memang tidak bisa dipungkiri jika dehidrasi terjadi di musim kemarau.

Dehidrasi merupakan suatu keadaan ketika tubuh kekurangan sejumlah cairan. Ada beberapa gejala kalian mengalami dehidrasi, antara lain badan lemas, bibir pecah-pecah, jantung berdebar, kesadaran menurun dan masih banyak gejala lainnya. Tidak sedikit pula kasus dehidrasi mengakibatkan nyawa melayang.

Oleh karena itu, sangat penting dilakukan tindakan pencegahan agar tidak mengalami dehidrasi. Salah satu cara terbaik untuk mencegah dehidrasi adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh disaat terik matahari menerpa. Ada beberapa minuman segar dan menyehatkan yang bisa kalian konsumsi saat musim kemarau. Berikut 6 Minuman Yang Mencegah Dehidrasi Di Musim Kemarau.

1. Air putih

6 Minuman yang Mencegah Dehidrasi di Musim Kemaraualkawaterlife.com

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan air putih, karena setidaknya kalian mengonsumsi 7-8 gelas air putih dalam sehari. Air putih adalah minuman yang paling baik untuk mencegah dehidrasi. Ketika terik matahari di musim kemarau meningkat, kalian bisa memperbanyak minum air putih. Karena meminum air putih tidak memiliki efek samping dan justru baik untuk kesahatan dan metabolisme tubuh kalian. Jadi, jangan malas minum air putih ya.

2. Jus jeruk

6 Minuman yang Mencegah Dehidrasi di Musim Kemaraucurerator.com

Mungkin kalian sudah tahu kalau jus jeruk sangat menyegarkan saat di minum dlam kondisi matahari sangat terik. Ternyata, jus jeruk tidak hanya menyegarkan namun juga sangat menyehatkan. Kandungan vitamin C yang dimiliki buah Jeruk berfungsi sebagai antioksidan. Hal tersebut mampu menurunkan terjadinya berbagai penyakit infeksi. Selain itu, jika kalian mengonsumsinya dalam bentuk jus, kalian juga akan terhindar dari dehidrasi. 

3. Air kelapa

6 Minuman yang Mencegah Dehidrasi di Musim Kemaraudrhealthbenefits.com

Air kelapa merupakan minuman alami yang sangat baik untuk tubuh kalian. Tak hanya memuaskan dahaga, namun air kelapa juga memiliki banyak manfaat. Elektrolit yang dikandung oleh air kelapa ternyata seperti sodium, magnesium, potasium, dan kalsium. Kandungan tersebut sangat baik untuk mencegah masalah dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh.

Baca Juga: 8 Makanan & Minuman yang Aman untuk Penderita Maag, Enak Pula

4. Es tebu

6 Minuman yang Mencegah Dehidrasi di Musim Kemarauswitchsecuritycompanies.com

Es Tebu merupakan salah satu minuman menyegarkan yang bisa kalian minum saat menghadapai teriknya matahari. Meskipun sari tebu banyak mengandung gula, namun tidak selamanya minuman manis tidak baik untuk tubuh. Kealamian dari manis sari tebu ternyata mampu menggantikan elektrolit yang hilang pada tubuh kalian. Karena sari tebu sudah manis, jadi jangan tambahkan gula buatan ke dalam jus tebu tersebut.

5. Susu

6 Minuman yang Mencegah Dehidrasi di Musim Kemarauhaber.sol.org.tr

Salah satu dampak dari teriknya matahari di musim kemarau adalah kproduksi keringat yang meningkat. Hal tersebut dapat menyebabkan cairan tubuh bisa hilang lebih cepat. Susu adalah salah satu minuman yang bisa kalian minum untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Dengan kandungan nutrisi yang dimiliki susu, membuat susu mampu menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang. Jika kalian rutin minum susu, maka kesehatan sel otot atapun tulang kalian akan terjaga.

6. Minuman isotonik

6 Minuman yang Mencegah Dehidrasi di Musim Kemaraustraitstimes.com

Jika kalian tidak bisa menghindari aktivitas yang menguras keringat saat terik matahari musim kemarau, minuman isotonik bisa jadi solusi. Minuman isotonik akan membantu kalian untuk bertahan dan tidak berakhir pada kondisi dehidrasi. Minuman isotonik ternyata memiliki tekanan osmotik yang sama dengan cairan tubuh. Hal ini dapat memperlancar terjadinya pertukaran elektrolit atau senyawa lainnya. Sehingga, jika kalian meminum minuman isotonik, kalian akan terhindar dari terjadinya dehidrasi.

Nah, itulah beberapa minuman yang dapat kalian coba untuk mencegah dehidrasi di musim kemarau. Mulai perhatikan kondisi tubuh kalian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Gak Cuma Makanan, Santan Juga Bisa dibikin Jadi 5 Minuman Ini Lho!

Aswar Riki Photo Community Writer Aswar Riki

Matematika UNNES. Menulis. Desain Grafis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You