Comscore Tracker

7 Bahan Makanan Lokal Ini Jarang Ada di Korea, Langka dan Mahal!

Kamu bakal rindu makanan ini saat pergi ke Korea

Ragam kuliner nusantara membuat banyak orang Korea kaget ketika menemukan produk harian yang digunakan orang Indonesia, banyak makanan sehari-hari yang tidak ditemukan bahkan jarang dikonsumsi masyarakat dari negara gingseng ini disediakan oleh pusat perbelanjaan dan pasar Indonesia. Bahan baku masakan hingga deretan minuman berikut termasuk salah satunya, yuk simak!

1. Santan

7 Bahan Makanan Lokal Ini Jarang Ada di Korea, Langka dan Mahal!unsplash.com/Utsman Media

Santan yang digunakan masyarakat Korea Selatan merupakan produk impor yang harganya sangat mahal, apalagi pohon kelapa jarang tumbuh di tanah negara gingseng. Karena hal ini masakan tradisional Korea juga tidak menggunakan santan bubuk maupun santan cair sebagai bahan bakunya.

2. Meses 

7 Bahan Makanan Lokal Ini Jarang Ada di Korea, Langka dan Mahal!unsplash.com/Sharon McCutcheon

Meski banyak makanan Korea yang menggunakan coklat namun jarang ditemukan coklat berbentuk meses, kebanyakan coklat yang digunakan berbentuk batangan bukan potongan kecil yang ditemukan pada meses. Selain itu sebagian meses disana memiliki bentuk warna-warni, jarang ditemukan meses coklat seperti produk ceres.

3. Kecap Manis

7 Bahan Makanan Lokal Ini Jarang Ada di Korea, Langka dan Mahal!unsplash.com/Caroline Attwood

Kepopuleran sambal Indonesia membuat banyak perusahaan Korea yang mengeluarkan sambal pedas kemasan namun sampai sekarang jarang ditemukan produk kecap manis, pusat perbelanjaan Korea umumnya menjual kecap asin yang banyak digunakan sebagai bahan baku masakan di sana.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Arab, Lezat dan Cocok untuk Berbuka Puasa 

4. Pandan

7 Bahan Makanan Lokal Ini Jarang Ada di Korea, Langka dan Mahal!foodanddrinkresources.com

Rasa pandan masih asing dilidah orang Korea, tumbuhan harum yang sering ditemukan pada jajanan pasar hingga masakan khas Indonesia ini tidak tumbuh di wilayah empat musim seperti Korea Selatan.

5. Tempe

7 Bahan Makanan Lokal Ini Jarang Ada di Korea, Langka dan Mahal!unsplash.com/Ella Olsson

Makanan yang berasal dari kacang kedelai ini mudah ditemukan di seluruh Indonesia dengan harga terjangkau, namun makanan ini jarang ditemukan di Korea Selatan bahkan memiliki harga yang mahal meski banyak diminati.

6. Keju cheddar batangan

7 Bahan Makanan Lokal Ini Jarang Ada di Korea, Langka dan Mahal!clairra.com

Jajanan jalanan Korea Selatan menggunakan keju sebagai bahannya namun keju yang digunakan bukanlah keju  cheddar parut namun keju mozarella batangan, hal ini karenak Keju cheddar batangan tidak ada di Korea Selatan, cheddar biasanya berbentuk lembaran tipis seperti yang digunakan pada sandwich.

7. Jus sirsak dan jambu biji

7 Bahan Makanan Lokal Ini Jarang Ada di Korea, Langka dan Mahal!unsplash.com/kellsie

Buah tropikal yang tumbuh di negara dua musim seperti sirsak dan jambu biji memiliki harga yang sangat mahal di Korea Selatan, sebagian besar buah-buahan disana merupakan impor dari negara lain. Akibatnya, banyak orang belum pernah mencicipi buah ini baik dimakan langsung atau dalam bentuk jus kemasan. 

Ternyata lumayan banyak makanan Indonesia yang jarang ditemukan di Korea Selatan, dari makanan tadi ada kesukaanmu?

Baca Juga: 7 Makanan dan Minuman yang Bisa Menghidrasi Tubuh Selama Berpuasa

Lil Syifa Photo Verified Writer Lil Syifa

An ordinary girl who loves boba milk tea and sometimes lost on her own universe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya