Comscore Tracker

Referensi 8 Kue Khas Jerman Ini Cocok Banget Buat Oleh-oleh Liburanmu

Bisa jadi hidangan Natal juga, nih!

Oleh-oleh atau buah tangan merupakan salah satu hal yang hampir selalu diburu setiap orang yang sedang bepergian. Meskipun tidak wajib hukumnya untuk membeli oleh-oleh, namun kebanyakan orang merasa tidak puas jika bepergian tanpa membawa pulang oleh-oleh.

Untuk kalian yang bepergian ke Jerman, terdapat 8 jenis kue klasik yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk sanak saudara di tanah air. Yuk, cek di bawah ini!

1. Dominosteine.

Referensi 8 Kue Khas Jerman Ini Cocok Banget Buat Oleh-oleh Liburanmulebkuchenversand.de

Dominosteine adalah kue bercita-rasa manis berbentuk kubus dan sering ditemui saat Chrismast. Kue ini tidak hanya ada di Jerman, namun juga bisa ditemui di Austria.

Dominosteine terdiri dari beberapa lapis kue yang ditutup dengan icing yang biasanya adalah dark chocolate. Lapisan paling bawah terdiri dari Lebkuchen (kue tradisional Jerman khas natal), bagian tengah terbat dari jelly, dan lapisan paling atas adalah marzipan atau persipan.

2. Vanillekipferl.

Referensi 8 Kue Khas Jerman Ini Cocok Banget Buat Oleh-oleh Liburanmuaz809444.vo.msecnd.net

Selain Jerman, Vanillekipferl juga bisa ditemukan di Austria, Republik Ceko, Slovakia, Polandia dan sebagian Hungaria. Vanillekipferl merupakan biskuit berbentuk bulan sabit yang terbuat dari walnut, atau bisa juga dbuat dari kacang almond maupun hazelnut. Biskuit ini kemudian ditambahkan icing berupa gula vanila halus diatasnya.

3. Zimtsterne.

Referensi 8 Kue Khas Jerman Ini Cocok Banget Buat Oleh-oleh Liburanmulaviva.com

Zimtsterne merupakan permen natal yang berasal dari daerah Swabia, terbuat dari putih telur, gula, almond, kayu manis, dan tepung. Kue ini umumnya berbentuk bintang dan diberi icing berupa protein glasir.

4. Marmoriertes Schwarz-Weiß-Gebäck.

Referensi 8 Kue Khas Jerman Ini Cocok Banget Buat Oleh-oleh Liburanmudanis-treue-kuechenfee.de

Marmoriertes Schwarz-Weiß-Gebäck merupakan biskuit yang berwarna hitam dan putih yang terbuat dari adonan yang menggunakan kakao. Terdapat berbagai pola untuk membuat kue ini, seperti pola spiral, garis, kotak-kotak (papan catur), melingkar, dan pola acak.

5. Spitzbuben mit Glühweingelee.

Referensi 8 Kue Khas Jerman Ini Cocok Banget Buat Oleh-oleh Liburanmucandbwithandrea.com

Spitzbuben mit Glühweingelee merupakan jenis biskuit khas natal lainnya dari Jerman. Bentuknya bisa bermacam-macam sesuai dengan keinginan sang baker. Kue ini terbuat dari mentega, tepung, kacang almond, garam, vanili, telur, gula bubuk, jelly (berbagai rasa), dan gula bubuk sebagai icing.

6. Bethmännchen mit Salzmandeln.

Referensi 8 Kue Khas Jerman Ini Cocok Banget Buat Oleh-oleh Liburanmustatic.chefkoch-cdn.de

Bethmännchen mit Salzmandeln merupakan kue yang terbuat dari marzipan dan kacang almond, gula bubuk, air bunga mawar, tepung, dan telur. Kue ini biasanya dibuat saat hari natal.

Bethmännchen mit Salzmandeln memiliki kisah yang cukup menarik dalam pembuatannya. Kue ini awalnya memiliki 4 buah kacang almond sebagai topingnya yang masing-masing untuk setiap anak Simon Moritz (sang penemu Bethmännchen mit Salzmandeln). Namun, setelah kematian anaknya yang bernama Heinrich pada tahun 1845, keempat almond kemudian dihilangkan.

7. Elisenlebkuchen.

Referensi 8 Kue Khas Jerman Ini Cocok Banget Buat Oleh-oleh Liburanmucucinaepassione.de

Elisenlebkuchen merupakan salah satu jenis kue jahe yang terkenal di Jerman, terutama Fraknfurt. Kue ini terbuat dari adonan tepung dengan madu, telur, hazzelnut, manisan jeruk, lemon, marzipan, dan rempah-rempah. Rempah-rempah yang digunakan adalah kayu manis, jahe, adas manis, ketumbar dan kapulaga.

8. Honig-Pfeffernüsse.

Referensi 8 Kue Khas Jerman Ini Cocok Banget Buat Oleh-oleh Liburanmuimages.lecker.de

Honig dalam bahasa Jerman berarti madu, dan Pfeffernüsse merupakan kue kecil yang populer saat hari libur yang tidak hanya bisa ditemukan di Jerman, namun juga Denmark dan Belanda. Kue ini umumnya terbuat dari kayu manis, cengkeh, pala, kapulaga dan adas manis. Beberapa varian diberi icing berupa gula bubuk. Untuk rasa yang lebih manis digunakan juga Molase dan madu.

Veny Anwar Photo Verified Writer Veny Anwar

I'm the star of my life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya