Comscore Tracker

5 Ragam Oleh-oleh Khas Bogor Ini Wajib Kamu Bawa Pulang!

Borong yang banyak ya

Bogor merupakan salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi, terutama bagi warga Jakarta. Wisata alamnya yang sejuk dan indah, selalu ramai didatangi pengunjung. 

Selain wisata alam dan belanja, Bogor juga memiliki wisata kuliner yang tidak kalah enak dengan daerah lainnya. Aneka makanan berkuahnya yang lezat, selalu membuat pengunjung ingin berlama-lama di Kota Hujan tersebut.

Tak hanya makanan berkuahnya yang lezat, Bogor juga memiliki oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang untuk keluarga tercinta. Berikut adalah referensi oleh-oleh khas Bogor yang bisa kamu bawa pulang.

1. Asinan Bogor

5 Ragam Oleh-oleh Khas Bogor Ini Wajib Kamu Bawa Pulang!instagram.com/jajanrekomen

Asinan merupakan makanan yang dibuat melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka. Proses ini biasa disebut dengan pengacaran. Ada dua macam asinan khas Bogor, yaitu sayuran dan buah-buahan.

Asinan sayurnya terdiri dari wortel, toge, sawi, dan irisan kol. Sedangkan asinan buahnya terdiri dari potongan-potongan jambu air, nanas, dan mangga. Asinan disajikan dengan siraman kuah asam pedas. Hmm segar!

2. Makaroni panggang

5 Ragam Oleh-oleh Khas Bogor Ini Wajib Kamu Bawa Pulang!instagram.com/qomariyah19

Tidak seperti makaroni panggang pada umumnya yang disajikan dengan keju meleleh, makaroni panggang khas Bogor ini disajikan dengan parutan keju kering. Potongan dagingnya yang lezat, membuat siapa pun akan ketagihan dengan makanan yang satu ini.

Selain harganya yang terjangkau, makaroni panggang ini juga mudah ditemui di toko-toko kuliner sepanjang jalan Kota Bogor.

Baca Juga: Liburan di Bogor dan Harus Menginap, Ini 10 Hotel Murah dan Nyaman

3. Bika Bogor Talubi

5 Ragam Oleh-oleh Khas Bogor Ini Wajib Kamu Bawa Pulang!instagram.com/christina_leny

Tidak hanya Kota Medan saja yang memiliki kue bika, Bogor juga memiliki kue bika yang tentunya tidak kalah lezat, yaitu Bika Bogor Talubi. Bahan utamanya yang menggunakan talas dan ubi, menjadi ciri khas Bika Bogor ini. 

Selain talas, ada beberapa varian rasa lain di antaranya greentea, choco pandan, nangka, dan cokelat. Bika Bogor Talubi ini cocok untuk kamu yang ingin merasakan sensasi berbeda dari kue bika.

4. Roti Unyil

5 Ragam Oleh-oleh Khas Bogor Ini Wajib Kamu Bawa Pulang!instagram.com/icips.icips

Roti Unyil khas Bogor ini tidak jauh berbeda dengan roti pada umumnya. Seperti namanya, ukuran Roti Unyil lebih kecil dari roti manis biasa. Tidak hanya memiliki varian rasa manis, Roti Unyil juga memiliki varian rasa asin seperti abon, baso, asap ayam, dan asap sapi. Teksturnya yang lembut dan empuk, menjadikan Roti Unyil ini banyak digemari para pemburu oleh-oleh khas Bogor.

5. Bolu Lapis Talas Bogor

5 Ragam Oleh-oleh Khas Bogor Ini Wajib Kamu Bawa Pulang!instagram.com/ms_stevy

Siapa sih yang tidak kenal dengan oleh-oleh khas Bogor yang satu ini? Nama Lapis Talas Bogor memang sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta kuliner. Makanan ini menjadi oleh-oleh khas Bogor yang paling banyak diminati wisatawan. Beberapa topping-nya seperti keju, choco chip, dan rainbow chip, semakin menambah kelezatan bolu ini.

Nah, 5 oleh-oleh khas Kota Bogor di atas bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin berkunjung ke Kota Hujan itu.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Kuliner Keren & Unik di Bogor

Aulia Maharani Photo Community Writer Aulia Maharani

find me on ig : auliaamhrni

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You