Comscore Tracker

5 Tips Cerdas Memilih Salak yang Matang Sempurna

Teman ngemil yang sehat

Buah salak banyak tumbuh liar di Jawa dan Sumatera. Buah ini juga dibudidayakan di negara Thailand dan Malaysia. Dalam bahasa Inggris, buah ini disebut snake fruit karena kulitnya yang menyerupai ular.

Selain itu, buah salak juga mengandung banyak vitamin yang bagus untuk kesehatan mata, jantung, dan kehamilan. Sudahkah kamu mengetahui bagaimana tips memilih buah salak yang baik? Yuk, simak informasinya berikut ini.

1. Kulitnya coklat kehitaman

5 Tips Cerdas Memilih Salak yang Matang Sempurnainstagram.com/foodandroad_

Buah salak yang sudah matang sempurna dapat dilihat dari warna kulitnya yang coklat tua kehitaman. Sedangkan buah salak yang belum matang sempurna, warna kulitnya masih berupa coklat muda atau coklat kekuningan.

2. Hindari salak yang berkulit kusam

5 Tips Cerdas Memilih Salak yang Matang Sempurnainstagram.com/greendreamsfl

Hindari memilih salak yang berkulit kusam, karena menandakan salak tersebut masih muda dan belum matang sempurna. Untuk mendapatkan salak yang telah matang sempurna, pilihlah salak dengan kulit yang bersih dan mengkilat.

3. Perhatikan sisik pada kulitnya

5 Tips Cerdas Memilih Salak yang Matang Sempurnainstagram.com/foodandroad_

Salak yang telah matang sempurna, sisik pada kulitnya besar dan jarak setiap sisiknya renggang. Sedangkan salak yang masih muda dan belum matang sempurna, jarak setiap sisiknya masih rapat.

Baca Juga: 5 Manfaat Hebat Buah Kundur, Ampuh Atasi Panas Dalam

4. Aromanya harum

5 Tips Cerdas Memilih Salak yang Matang Sempurnainstagram.com/foodandroad_

Sama seperti buah pada umumnya, salak yang telah matang sempurna akan mengeluarkan harum aroma khas buah salak yang segar. Sedangkan salak yang belum matang sempurna, tidak mengeluarkan aroma apapun.

5. Ujungnya runcing dan lembut

5 Tips Cerdas Memilih Salak yang Matang Sempurnainstagram.com/faranak.hasanzade

Untuk menentukan tingkat kematangan salak, kamu dapat menekan ujung salak yang berbentuk runcing. Apabila ujung salak tersebut lembut ketika ditekan, maka tandanya buah salak telah matang sempurna dan rasanya manis.

Nah, itu dia 5 tips cerdas untuk memilih buah salak yang telah matang sempurna. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Kecapi Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Aulia Maharani Photo Community Writer Aulia Maharani

find me on ig : auliaamhrni

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You