Comscore Tracker

5 Tips Memilih Nangka Manis untuk Buka Puasa

#RamadanMasaKini Bisa untuk bikin es buah nih gengs

Buah nangka menjadi salah satu buah favorit orang Indonesia. Buah yang diyakini berasal dari India ini, memiliki rasa yang manis dan aroma yang khas. Selain dapat dimakan langsung, buah nangka biasanya disajikan dalam es buah.

Buah nangka kaya akan vitamin A dan C yang bermanfaat untuk kesehatan seperti, mencegah kanker, mencegah sembelit, dan melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri. Namun, tahukah kamu bagaimana tips memilih nangka manis dan segar? Yuk, simak informasinya berikut ini.

1. Aromanya harum

5 Tips Memilih Nangka Manis untuk Buka Puasainstagram.com/goyajournal

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan untuk menentukan tingkat kematangan nangka. Nangka yang sudah matang, tentu akan mengeluarkan aroma yang kuat dan segar. Sedangkan nangka yang masih mentah, tidak mengeluarkan aroma apa pun.

2. Kulitnya berwarna hijau kekuningan

5 Tips Memilih Nangka Manis untuk Buka Puasainstagram.com/nana_jajan

Sama seperti buah pada umumnya, nangka dengan warna kulit yang mulai kekuningan merupakan tanda bahwa nangka sudah matang sempurna. Sedangkan nangka dengan warna kulit hijau, menandakan bahwa nanas belum sepenuhnya matang.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Buah Pepaya yang Matang, Cocok untuk Pencuci Mulut

3. Terdapat bintik-bintik hitam pada kulit

5 Tips Memilih Nangka Manis untuk Buka Puasainstagram.com/rawtropicalliving

Sama seperti buah pada umumnya, nangka dengan warna kulit yang mulai kekuningan merupakan tanda bahwa nangka sudah matang sempurna. Sedangkan nangka dengan warna kulit hijau menandakan bahwa nanas belum sepenuhnya matang.

4. Hindari nangka yang sudah berlubang

5 Tips Memilih Nangka Manis untuk Buka Puasainstagram.com/robertisherefruitstandandfarm

Ketika memilih nangka, hindari nangka yang terdapat lubang pada kulitnya. Sebab, nangka yang berlubang kemungkinan besar sudah terserang oleh ulat dan biasanya daging buahnya telah rusak dan tidak bersih. Jadi, pilihlah nangka yang masih dalam kondisi utuh.

5. Pukul nangka dengan benda tumpul

5 Tips Memilih Nangka Manis untuk Buka Puasainstagram.com/thaihoa_grocer

Cara yang satu ini mungkin jarang dilakukan. Nangka yang telah matang sempurna, akan mengeluarkan bunyi yang longgar jika dipukul dengan benda tumpul. Sebaliknya, nangka yang belum cukup matang akan mengeluarkan bunyi nyaring ketika dipukul.

Nah, itu dia 5 tips memilih nangka manis untuk buka puasa. Jangan sampai salah pilih ya!

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Aulia Maharani Photo Community Writer Aulia Maharani

find me on ig : auliaamhrni

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Just For You