Comscore Tracker

5 Kuliner Hidden Gem di Semarang, Sedapnya Gak Main-main!

Kalau sedang di Semarang, jangan lupa mampir!

Semarang selama ini terkenal sebagai kota dengan wisata bangunan bersejarah serta kulinernya. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Semarang akan berburu kuliner khas kota tersebut mulai dari lumpia, babat gongso, hingga tahu pong.

Namun, tak hanya itu saja, rupanya kuliner di Semarang masih banyak ragamnya dan patut untuk kamu cicipi, lho. Seperti pada deretan berikut ini yang merupakan kuliner hidden gem di Semarang. Wajib coba, deh!

1. Gado-Gado dan Es Pankuk Pak Yono

5 Kuliner Hidden Gem di Semarang, Sedapnya Gak Main-main!Gado-Gado dan Es Pankuk Pak Yono  (instagram.com/jajanandisemarang)

Berlokasi dekat dengan Gramedia Pandanaran Semarang, Gado-Gado Pak Yono ini menyajikan menu yang fresh dan porsi melimpah. Seporsi gado-gado di sini berisi sayur-sayuran segar, telur ayam, dan kerupuk. Bumbu kacangnya terasa tidak terlalu manis dan pekat sehingga pas di lidah.

Tak lupa, kamu juga bisa memesan es pankuk dengan es puter aneka rasa yaitu durian, alpukat, cokelat dan kelapa muda. Es pankuk ini turut disajikan dengan potongan pankuk, agar-agar, dan roti tawar, sangat tepat sebagai hidangan pemuas dahaga di siang hari. Gado-gado ini buka mulai pukul 10.00 WIB.

Alamat: Jl Pekunden Timur No.10, Pekunden, Semarang, Jawa Tengah

2. Sate Kambing Bu Harti Sidodadi

5 Kuliner Hidden Gem di Semarang, Sedapnya Gak Main-main!Sate Kambing Bu Harti Sidodadi (instagram.com/semarangjajan)

Warung sate, tongseng, dan gulai ini sudah berdiri sejak 1992. Terletak di dekat Stadion Sidodadi, warung ini menyediakan olahan kuliner dari daging kambing dengan cita rasa yang lezat.

Dagingnya berasal dari kambing muda sehingga terasa empuk, tidak berbau dan bumbunya meresap dengan baik. Tongsengnya juga dilengkapi dengan sayur-sayuran yang segar.

Buat kamu pencinta pedas, bisa request tambahan irisan cabai rawit. Pengunjung juga bisa melihat langsung proses masak yang masih menggunakan cara tradisional dengan arang. Sate Kambing Sidodadi beroperasi mulai pukul 10.00 WIB.

Alamat: Jl. Maluku, Karangtempel, Semarang, Jawa Tengah

3. Bakso Pangsit Muncul Pak Mul

5 Kuliner Hidden Gem di Semarang, Sedapnya Gak Main-main!Bakso Pangsit Muncul Pak Mul  (instagram.com/lepaslaper)

Bakso Pangsit Pak Mul menyediakan semangkuk bakso lengkap dengan mie, sayuran dan pangsit yang renyah. Baksonya kenyal dengan rasa daging yang mantap dan porsi normal sehingga tidak terasa berat. Namun ada juga bakso urat untuk kamu yang senang porsi jumbo.

Buat pencinta jeroan, kamu bisa minta tambahan potongan babat maupun iso. Kamu juga bisa minta tambahan pangsit sebagai camilan, lho. Di sini, kuah baksonya bening namun kaldunya tetap terasa. 

Bagi yang ingin mencoba bakso ini, disarankan datang tepat ketika warung ini buka yakni pukul 11.00 WIB, agar gak kehabisan. 

Alamat: Karang Wulan Barat Raya, Jagalan, Semarang, Jawa Tengah

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Enak di Semarang Terbaru untuk Akhir Tahun 2021

4. Bubur Ayam Sukabumi

5 Kuliner Hidden Gem di Semarang, Sedapnya Gak Main-main!Bubur Ayam Sukabumi  (instagram.com/heidymiyo)

Ingin menyantap hidangan berkuah nan hangat di sore hari? Nah, Bubur Ayam Sukabumi ini jawabannya! Buburnya pulen dengan rasa gurih yang tidak mendominasi. Rasanya makin enak dengan bermacam-macam topping seperti sayur asin, pangsit, dan bawang goreng.

Tak lupa ada suwiran ayam kampung yang semakin menambah kelezata. Untuk menambah kekayaan rasa, kamu bisa berikan kecap asin, kecap manis, atau merica. Bubur Ayam Sukabumi ini buka mulai pukul 15.00 WIB setiap harinya.

Alamat: Jl. Depok No.24, Kembangsari, Semarang, Jawa Tengah

5. Soto Bokoran 1949

5 Kuliner Hidden Gem di Semarang, Sedapnya Gak Main-main!Soto Bokoran 1949  (instagram.com/hobimakanenak)

Terletak di kampung bernama 'Bokoran', warung soto ini sudah berdiri sejak tahun 1949. Makanya tak heran, soto ini menjadi langganan dari sekian banyak generasi.

Soto Bokoran ini disajikan dalam mangkok porselen mungil dengan suwiran daging ayam kampung, seledri, tomat, dan bawang putih goreng. Kuahnya berwarna cokelat keruh dengan rasa kaldu ayam yang gurih ditambah sedikit rasa manis kecap.

Agar lebih kenyang, kamu bisa tambahkan pilihan lauk yang terdiri dari telur pindang, tempe goreng garing, perkedel, sate usus, ati ampela, dan kerang. 

Buat kamu yang ingin mencicipi soto ayam ini sebaiknya datang pagi, ya, karena warung ini kerap dipadati pengunjung. Soto Bokoran 1949 buka dari pukul 06.00 WIB.

Alamat: Jl. Plampitan No.55, Bangunharjo, Semarang, Jawa Tengah

Lengkap banget, kan, kuliner di Semarang! Jangan lupa mampir ke salah satu deretan rekomendasi kuliner di atas, ya. Tak ada salahnya mencoba kuliner jenis baru ketika di Semarang agar gak bosan dengan rekomendasi yang itu-itu saja. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tempat Kuliner di Kawasan Semarang Atas, Cocok untuk Nongkrong

Aulia Pandamsari Photo Writer Aulia Pandamsari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya