Comscore Tracker

Selain Gudeg, Ini 5 Sarapan Enak di Yogyakarta yang Wajib Dicoba

Rasanya enak, bikin perut kenyang dan hati puas

Yogyakarta selama ini dikenal sebagai kota dengan kulinernya yang beragam. Dari mulai kuliner pagi, siang, dan malam. Ada banyak pilihan kuliner menarik untuk dicicipi di kota ini.

Buat kamu yang sedang berkunjung ke kota ini, tak perlu khawatir mau sarapan apa. Kota yang dijuluki sebagai Kota Wisata dan Budaya ini punya ragam kuliner enak yang bisa kamu santap di pagi hari. Gak cuma gudeg yang menjadi makanan khas kota ini.

Ada juga menu sarapan gak kalah enak seperti soto, brongkos sampai jajanan pasar. Berikut daftar tempat kuliner pagi di Yogyakarta yang wajib kamu coba. Catat. ya!

1. Soto Pak Sholeh Kridosono 

Selain Gudeg, Ini 5 Sarapan Enak di Yogyakarta yang Wajib DicobaSoto Pak Sholeh Kridosono (instagram.com/sotopaksholehyk)

Buat kamu yang lagi berkunjung ke Yogyakarta, jangan melewatkan sarapan di Soto Pak Sholeh. Warung soto ini berlokasi di tempat parkir Stadion Kridosono. Soto Pak Sholeh menyajikan semangkuk soto daging sapi berkuah bening. Rasa kuahnya gurih, namun tidak mendominasi. Potongan taoge, seledri, dan kubis yang ada dalam soto menambah kesegaran.

Yang membuat soto ini spesial adalah potongan daging sapi yang empuk dan diiris besar-besar. Selain itu, ada menu pelengkap yang bisa dipesan berupa empal dan jeroan sapi dari mulai paru, babat, hingga usus. Tempe garit yang disediakan di warung ini juga nikmat dan cocok dijadikan pendamping soto. Oh ya, kamu juga bisa memesan soto daging ini campur atau nasinya terpisah. Bagi yang ingin mencicipi soto ini, disarankan untuk datang pagi-pagi begitu buka yaitu mulai pukul 07.00 supaya tidak kehabisan lauk.

Alamat: Parkir Stadion Kridosono, Jl. Yos Sudarso No.28, Kotabaru, Yogyakarta

Jam operasional: Pukul 07.00—16.00 WIB

Harga: Semangkuk soto Rp17 ribu

2. Soto Sumuk Pak Wongso 

Selain Gudeg, Ini 5 Sarapan Enak di Yogyakarta yang Wajib DicobaSoto Sumuk Pak Wongso (instagram.com/chef_budilee)

Lokasi warung ini cukup strategis. Tepatnya berada di seberang McDonalds Jalan Sudirman, Jembatan Gondolayu, Yogyakarta. Ukuran warung yang kecil sehingga menimbulkan sensasi gerah ketika menyantap soto panas sepertinya menjadi alasan mengapa warung ini dinamakan “Soto Sumuk” yang artinya gerah dalam bahasa jawa.

Warung soto ini menyediakan soto daging sapi dengan kuah yang bening. Tidak seperti soto pada umumnya yang menggunakan kubis, soto ini cukup minimalis dengan taburan taoge, seledri, dan bawang goreng. Meskipun tampilannya minimalis dan kuahnya bening namun rasa kaldu sapi di sini sangat lezat dengan aroma yang kuat.

Lauk pendamping soto juga tak kalah enak. Ada daging goreng dengan bumbu yang meresap dengan baik dan bahkan sudah cukup enak hanya dimakan dengan nasi. Kemudian ada iso, babat, empal dan tempe goreng yang dimasak dengan arang sehingga terasa khas.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.57, Terban, Yogyakarta

Jam operasional: Pukul 08.30—14.30 WIB

Harga: Semangkuk soto Rp12 ribu

3. Sop dan Soto Cak Nur 

Selain Gudeg, Ini 5 Sarapan Enak di Yogyakarta yang Wajib DicobaSop dan Soto Cak Nur (instagram.com/hobimakanenak)

Buat kamu yang ingin sarapan berkuah dengan citarasa segar, bisa mencoba Sop dan Soto Cak Nur. Warung yang buka sejak 1980 ini menyediakan aneka sop dan soto. Ada sop daging dan komplit serta soto ayam maupun daging.

Sop daging di sini disajikan dengan isian kentang, emping dan tomat. Kuah sop berwarna agak keruh dengan rasa bawang putih yang kuat dan taburan bawang goreng yang banyak. Dagingnya terasa empuk dan lezat. Paling nikmat disajikan dengan nasi yang terpisah. Sedangkan, sop komplit berisi daging dengan sumsum, otak dan jeroan.

Soto ayam berisi suwiran ayam, bihun, tomat dalam kuah yang bening. Lauk andalan lain di warung ini adalah tempe goreng yang sangat pas bila dicocol dalam campuran sambal dan kecap manis.

Alamat: Jl. Jambon No.47, Kricak, Yogyakarta

Jam operasional: 08.00—16.00 WIB

Harga: Mulai Rp30 ribu

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Bubur di Jogja, Cocok Buat Mampir Sarapan

4. Warung Brongkos Bu Handayani 

Selain Gudeg, Ini 5 Sarapan Enak di Yogyakarta yang Wajib DicobaWarung Brongkos Bu Handayani (instagram.com/ny.rempong)

Yang pengin sarapan mengenyangkan tapi enak bisa mencoba brongkos di Warung Bu Handayani ini. Lokasinya di daerah Kraton Yogyakarta. Buat yang belum tahu, brongkos merupakan makanan asal Yogyakarta yang mirip dengan rawon karena sama-sama menggunakan kluwak. Bedanya, kuah brongkos lebih kental dan gurih karena menggunakan santan. Selain itu, bahan utama brongkos adalah kacang tolo.

Nah, di warung ini kamu bisa menyantap nasi brongkos daging atau ayam maupun koyor yang merupakan urat sapi dengan tekstur kenyal dan rasa yang gurih. Rasa brongkos memang cenderung manis tetapi memiliki perpaduan yang pas dengan aneka lauk yang terdapat dalam hidangan dan nasi yang pulen dan potongan cabai rawit.

Rasanya juga makin nendang bila disantap dengan kerupuk udang. Kamu juga bisa mencoba es campur di sini yang amat segar berisi kelapa muda, tape plus sirup yang cocok jadi pemuas dahaga.

Alamat: Jl. Gading No.2, Patehan, Yogyakarta

Jam operasional:  Pukul 08.00—16.00 WIB

Harga: Mulai Rp30 ribu

5. Toko Kue Trubus 

Selain Gudeg, Ini 5 Sarapan Enak di Yogyakarta yang Wajib DicobaToko Kue Trubus (instagram.com/voilajogja)

Ini dia salah satu tempat legendaris di Yogyakarta. Toko yang berdiri sejak 1960 ini sudah dikenal dari generasi ke generasi. Ciri khas dari toko kue ini adalah produknya yang dijajakan oleh penjual keliling menggunakan tenongan atau wadah berbentuk lingkaran dan bersusun yang terbuat dari bambu.

Tapi saat ini Kue Trubus ini bisa dengan mudah dikunjungi di gerainya yang terdapat di Jl. Poncowinatan. Di sini, kamu bisa menikmati sarapan mie dan bihun goreng Trubus dengan bumbu ebi yang sangat enak dan dibungkus daung pisang. Pilihan lainnya ada  nasi kuning dan nasi goreng. Selain itu, kamu juga bisa mencoba aneka camilan seperti lumpia, kroket, risoles, sosis solo dan kue sus. Banyak juga jajanan pasar seperti lemper, lopis, kue mangkok hingga putri mandi. Toko Kue Trubus sudah buka mulai pukul 07.00.

Alamat: Jl. Poncowinatan No.65, Cokrodiningratan, Yogyakarta

Jam operasional: Pukul 07.00—17.00 WIB

Harga: Mulai Rp4 ribu

Nah, itu tadi lima sarapan enak di Yogyakarta yang wajib dicoba ketika mengunjungi kota ini. Dijamin rasanya enak, perut kenyang dan hati puas. Tertarik mencoba yang mana dulu, nih?

Aulia Pandamsari Photo Writer Aulia Pandamsari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya