Comscore Tracker

Makan Besar Tiga Kali atau Sering dalam Porsi Kecil, Sehat yang Mana?

Kamu biasa melakukan yang mana nih?

Banyak penelitian yang dilakukan untuk mengungkap kebenaran pola konsumsi diet. Ada penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi makanan dengan porsi kecil berkali-kali lebih sehat serta melancarkan metabolisme tubuh, dibanding makan tiga porsi besar setiap harinya.

Namun, penelitian serupa terus dikembangkan hingga mendapat hasil yang beraneka ragam. Untuk program diet pun, ada beberapa penelitian yang menyarankan untuk tetap makan tiga kali sehari, tetapi dengan mengurangi porsi.

Ada pula penelitian dengan hasil lebih baik makan berkali-kali, tetapi dengan porsi yang sangat kecil. Nah, manakah yang lebih baik? Simak ulasannya berikut ini!

1. Porsi kecil berkali-kali atau makan tiga kali sehari

Makan Besar Tiga Kali atau Sering dalam Porsi Kecil, Sehat yang Mana?yummy.co.id

Beberapa universitas di California dan New Mexico mengungkapkan hasil penelitian, mereka yang makan berkali-kali dengan porsi kecil memiliki kadar glukosa, insulin, dan kolesterol yang lebih sehat dibanding mereka yang makan tiga kali sehari dalam porsi banyak.

Namun, ditemukan pula bahwa mengonsumsi makanan berkali-kali dengan jumlah kecil belum tentu mengurangi jumlah kalori terbakar dalam tubuh.

Seorang profesor nutrisi dan psikologi di Universitas Cornell, David Levitsky, mengatakan tidak ada perbedaan antara mengonsumsi 12 makanan kecil dengan makan 3 atau 4 kali sehari dengan jumlah kalori yang sama.

2. Makanlah porsi kecil berkali-kali

Makan Besar Tiga Kali atau Sering dalam Porsi Kecil, Sehat yang Mana?yummy.co.id

Pola konsumsi seseorang dengan orang yang lain tentu berbeda. Setiap pola konsumsi seseorang, bergantung pada waktu yang mereka miliki ataupun kemampuan pencernaan mereka.

Untuk seorang ibu yang baru memiliki anak mungkin lebih cocok dengan pola konsumsi porsi kecil, tapi berkali-kali. Kenapa? Karena ia mungkin harus selalu mengawasi anaknya dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengunyah makanannya.

Selain itu, ada pula beberapa orang yang merasa cepat kenyang meski hanya makan sedikit. Namun, beberapa saat kemudian ia akan kembali lapar. Untuk itulah, pola konsumsi porsi kecil namun berkali-kali ini lebih cocok untuk sebagian orang.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Diet Yoyo Tak Baik untuk Kesehatan, Segera Hentikan!

3. Makan tiga kali sehari

Makan Besar Tiga Kali atau Sering dalam Porsi Kecil, Sehat yang Mana?Instagram : pouree.id

Seseorang mungkin memiliki pekerjaan banyak yang harus dilakukan, tetapi tak memiliki banyak waktu untuk sekadar makan. Maka, ia akan lebih memilih makanan yang membuat perutnya kenyang dengan lama.

Dia lebih cocok makan tiga kali sehari dengan porsi tetap atau dikurangi jika sedang berdiet. Seseorang dengan pola konsumsi yang cocok seperti ini sebaiknya tidak makan berkali-kali.

Ia bisa saja memakan makanan dengan jumlah kalori yang terlalu banyak. Hal tersebut malah akan berdampak buruk bagi kesehatan maupun bagi yang sedang berdiet. Diet akan gagal jika makan berkali-kali dengan kalori cukup besar.

Entah itu makan tiga kali sehari ataupun makan porsi kecil berkali-kali, semuanya memiliki manfaat yang disesuaikan dengan kondisi tubuh masih-masing. Intinya, kedua pola konsumsi ini dapat kamu terapkan.

Bahkan, untuk mengurangi berat badanmu juga. Namun, kenali dulu kondisi tubuhmu dan pilih pola konsumsi mana yang tepat untukmu. Nah, kalau kamu sendiri paling suka dengan pola yang mana, nih?

Download aplikasi cari resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 10 Makanan yang Justru Membuat Kamu Lebih Lapar, Bikin Gagal Diet

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya