Comscore Tracker

5 Minuman Menyegarkan Khas Yogyakarta, Bikin Adem

Kamu harus coba salah satunya!

Yogyakarta adalah kota yang sangat memikat untuk dijelajahi kapan pun. Siang atau malam, Yogyakarta selalu memberi nuansa menyenangkan yang membuatmu ingin menapaki setiap inchi kota ini.

Berkeliling Yogyakarta saat siang hari bisa jadi cukup menantang, khususnya saat cuaca panas. Tidak perlu khawatir, Yogyakarta punya banyak tempat di mana kamu bisa istirahat dan melepaskan dahaga dengan minuman dingin dan menyegarkan. Berikut adalah beberapa minuman segar yang bisa kamu nikmati di Yogyakarta.

1. Rujak es krim

5 Minuman Menyegarkan Khas Yogyakarta, Bikin Ademinstagram.com/rianfarisa

Minuman ini sangat unik karena kekayaan rasa yang dimilikinya. Minuman ini mengandung rujak, terdiri atas potongan buah-buahan dengan kuah pedas. Rasanya bercampur antara manis, pedas, dan asam. Kemudian, satu sendok topping es krim ditambahkan di atas rujak. Kamu bisa mencicipi minuman unik ini di Rujak Es Krim Pak Nardi, terletak di Jl. Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta.

2. Es semlo

5 Minuman Menyegarkan Khas Yogyakarta, Bikin Ademinstagram.com/sasabibi

Ini adalah minuman khas Yogyakarta yang susah ditemukan. Dulu minuman ini adalah kesukaan Sultan Hamengkubuwono IX, jadi umumnya bisa ditemukan di Keraton Yogyakarta. Pada dasarnya, minuman ini adalah potongan buah pisang matang dengan kuah unik.

Kuah es semlo dibuat daru rempah pilihan seperti daun pandan, cengkeh, kayu manis, lemon, kayu secang, dan gula. Jika kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan minuman ini di Bale Raos Jogja.

3. Es dawet

5 Minuman Menyegarkan Khas Yogyakarta, Bikin Ademinstagram.com/jajanyogya

Dawet adalah minuman yang bisa ditemukan hampir di semua wilayah Jawa. Masing-masing wilayah punya keunikan dawet tersendiri. Dawet dibuat dari tepung beras yang diproses sampai menjadi kenyal. Minuman ini lalu dicampur dengan santan kelapa dan juruh (pemanis alami dari gula kelapa).

Kamu bisa menemukan penjual dawet hampir di setiap tempat di Yogyakarta. Jika kamu sedang di dekat wilayah keraton, kamu bisa mencicipi Es Dawet Keraton yang terletak di Jl. Rotowijayan, Kadipaten, Kraton, Yogyakarta.

Baca Juga: 5 Minuman Penghangat Tubuh Khas Yogyakarta, Bikin Tenang!

4. Es degan tape

5 Minuman Menyegarkan Khas Yogyakarta, Bikin Ademinstagram.com/yatscolony

Minuman segar ini menggabungkan dua bahan utama, yakni kelapa muda dan tape. Tape adalah singkong fermentasi dengan tekstur lembut dan rasa yang manis. Es degan tape umumnya terdiri atas kelapa muda, krim susu, dan beragam sirup jadi satu. Kamu bisa mencicipi minuman ini di Brongkos Handayani, terletak di Jalan Gading No. 2 Yogyakarta.

5. Es krim batok

5 Minuman Menyegarkan Khas Yogyakarta, Bikin Ademinstagram.com/kedaibatoks

Secara sederhana, es krim batok adalah es krim yang dijual dalam wadah batok kelapa. Tidak hanya es krim, minuman ini juga punya beragam topping unik. Kamu bisa memilih beberapa jenis topping seperti snack, buah, selai, dan sirup.

Kamu bisa mencicipi minuman ini di Mangkok Kelapa Cream and Fruit, terletak di Jl. Seturan Raya No.189, Ngropoh, Condongcatur, Kabupaten Sleman.

Menjelajahi Yogyakarta di siang hari akan terasa lebih asyik jika kamu mencicipi minuman-minuman segar tersebut. Kamu bisa memilih minuman segar tradisional atau modern, hampir semuanya tidak berat di kantong.

Baca Juga: 5 Fakta Jejamuran Resto Yogyakarta, Surganya Pecinta Jamur

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You