7 Street Food di Penang yang Bikin Menyesal Jika Terlewatkan!

Pencinta durian harus baca No. 4!

Liburan di Penang tidak lepas dari wisata kulinernya yang unik beragam. Contohnya adalah Penang Street Food. Nah apa saja sih makanan yang banyak dijual di Penang Street Food itu sendiri? Berikut adalah 5 makanan yang harus kamu cicipi di Penang Street Food.

1. Teochew Chendul

7 Street Food di Penang yang Bikin Menyesal Jika Terlewatkan!Instagram.com/nyonyokecil

Belum mencicipi Penang Street Food kalau belum makan Teochew Chendul. Tidak hanya di Indonesia, ternyata negara tetangga seperti Malaysia juga memiliki minuman dingin bernama Cendol dengan keunikannya tersendiri. Teochew Chendul sangat mudah ditemukan pada jalanan di Penang, apalagi di jalanan yang merupakan pusat wisata kuliner.

Salah satu Teochew Chendul yang sangat populer adalah Penang Road Famous Teochew Chendul . Telah berdiri sejak lama, kini Penang Road Famous Teochew Chendul sudah memiliki banyak cabang, yaitu di 27 & 29 Lebuh Keng Kwee, Georgetown, atau di beberapa mall seperti Gurney Plaza, Prangin Mall, dan Queensbay Mall.

2. Penang Asam Laksa

7 Street Food di Penang yang Bikin Menyesal Jika Terlewatkan!Instagram.com/foodloverss___

Kalau jalan-jalan ke Kek Lok Si Temple, kalian akan melihat banyak penjual Penang Asam Laksa di sepanjang daerah Air Itam. Merupakan hidangan  mi khas Penang, Laksa memiliki rasa yang gurih, pedas, dan juga asam. Bentuk mi-nya sendiri bulat, putih, dan sedikit tebal. Mi itu nanti akan disajikan dengan kuah, pasta udang, dan irisan makarel atau sarden.

3. Lor Bak

7 Street Food di Penang yang Bikin Menyesal Jika Terlewatkan!sethlui.com

Lor Bak adalah berbagai potongan daging babi goreng yang dibungkus kulit tahu, fishcake, sosis, telur, tahu, yang disajikan dengan saus yang cenderung manis. Lor Bak bisa kalian temukan di berbagai food court, seperti pada New Lane Hawker Center, atau New World Park Food Court, sesuaikan saja mana yang lebih dekat dari tempat tinggalmu.

Baca Juga: 5 Tempat Berburu Street Food & Souvenir di Jepang, Dijamin Murah

4. Musang King Ice Cream

7 Street Food di Penang yang Bikin Menyesal Jika Terlewatkan!Instagram.com/foodloverss___

Pecinta durian harus coba es krim Durian Musang King! Tidak susah kok mencari penjual es krim durian ini, cukup datang ke jalanan tempat wisata kuliner, pasti banyak penjual durian maupun es krim durian. 

Fyi, di dekat Armenian Street Heritage Hotel juga ada, kalau kalian ke sini, bisa tanya sama orang-orang lokal letak pasti penjualnya.

5. Char Koay Teow

7 Street Food di Penang yang Bikin Menyesal Jika Terlewatkan!Penangfoodie.com

Seperti di Indonesia, Penang juga memiliki Kwetiau Goreng-nya sendiri, yaitu Char Koay Teow. Char Koay Teow adalah jenis kwetiau, yang digoreng di kuali dengan minyak panas, sehingga aromanya sangat khas. Char Koay Teow berisi telur, udang, tumisan bawang putih, kerang, taoge, dan irisan daging babi. Untuk mendapatkan seporsi Char Koay Teow, kamu membutuhkan budget sekitar RM 6 - RM 9.

Salahsatu penjual Char Koay Teow yang paling terkenal adalah 'Red Hat Aunty's Penang Char Koay Teow'. Walaupun selalu ramai, tapi penjualannya cepat kok, jadi tidak perlu lama menunggu!

6. Nasi Kandar

7 Street Food di Penang yang Bikin Menyesal Jika Terlewatkan!Sethlui.com

Nasi Kandar merupakan makanan khas Penang yang tercipta dari perpaduan budaya disana. Nasi Kandar ini terdiri dari nasi, kari, daging, sayur, telur, dan lain-lain. Harga sepiring nasi Kandar berbeda di setiap tempatnya, yaitu sekitar RM 5 - RM 10, tergantung pada berapa banyak porsi lauk yang diminta. Karena merupakan hidangan India Muslim di Penang, biasanya nasi Kandar ini halal, dan kalian bisa menemukannya di sekitar Little India Penang.

7. Dim Sum

7 Street Food di Penang yang Bikin Menyesal Jika Terlewatkan!www.mariefranceasia.com

Walaupun sudah banyak restaurant dimsum di Indonesia, kalian harus mencoba rasa dimsum di Penang! Di sini, terdapat lebih banyak variasi dimsum yang tentunya jarang ditemukan di Indonesia.

Aik Hoe Restaurant adalah contoh tempat yang wajib dikunjungi wisatawan kuliner yang doyan makanan enak dengan harga ramah di dompet. Di sini kalian bisa menikmati pagi hari bersama warga lokal. Karena selain enak dan murah, ternyata tempat ini juga menjadi lokasi favorit orang lokal untuk sarapan dimsum! 

Itu tadi 7 Penang Street Food yang harus dicoba ketika berkunjung ke Penang. Tertarik?

Baca Juga: 5 Resep Street Food Thailand yang Mudah Dibuat, Coba di Rumah Yuk!

Beatrice Annabelle Maureen Photo Community Writer Beatrice Annabelle Maureen

follow ig : @foodloverss___ for yummy foods!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You