Comscore Tracker

Selalu Bikin Kangen, Ini 5 Fakta Menarik Tempe Mendoan Khas Banyumas

Rasanya yang khas selalu bikin kangen 

Jika kamu sedang berkunjung ke Kawasan Banyumas, kamu akan menemui satu kuliner wajib yang harus kamu coba. Mendoan, siapa yang tidak tahu tentang kuliner legenda yang satu ini. Tempe mendoan selalu menjadi makanan yang paling dicari. Rasanya yang khas, membuat semua orang selalu bikin kangen. Berikut fakta unik mendoan tentang mendoan.

1. Mendoan berasal dari kata “mendo”

Selalu Bikin Kangen, Ini 5 Fakta Menarik Tempe Mendoan Khas Banyumascommons.wikimedia.org/Midori

Mendoan berasal dari kata “mendo” yang dalam bahasa Banyumas berarti setengah matang. Tempe mendoan adalah tempe yang digoreng setengah matang, sehingga disebut mendoan. Maka kalau kamu makan mendoan, rasanya lembek itulah yang bikin spesial.

2. Mendoan lebih enak kalau dibuat dengan menggunakan pawon 

Selalu Bikin Kangen, Ini 5 Fakta Menarik Tempe Mendoan Khas Banyumasunsplash.com/fikry_anshor

Pawon memang menjadi andalan kompor di zaman dahulu untuk memasak berbagai kuliner lezat. Salah satunya untuk memasak mendoan. Pawon dalam bahasa Jawa berarti dapur. Selain itu pawon biasanya menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakarnya.

Baca Juga: Nagihnya Gorengan Tempe Mendoan Khas Banyumas, Mantap Betul!

3. Tempe yang digunakan mendoan berbeda dari tempe biasa 

Selalu Bikin Kangen, Ini 5 Fakta Menarik Tempe Mendoan Khas Banyumascommons.wikimedia.org/Kembangraps

Tempe yang digunakan untuk mendoan merupakan tempe khusus yang bentuknya tipis dan bukan dari tempe umum yang diiris tipis-tipis. Pembuatan tempenya cukup rumit, tempe jenis ini sulit dijumpai di luar daerah Banyumas.

4. Kalau makan mendoan bukan di Banyumas, rasanya tetap berbeda

Selalu Bikin Kangen, Ini 5 Fakta Menarik Tempe Mendoan Khas Banyumascommons.wikimedia.org/Tri-Triyani

Bagi kamu yang merantau baik sebagai mahasiswa ataupun bekerja di luar Banyumas, jika menikmati mendoan di luar kota ngapak rasanya tetap berbeda. Memang mendoan selalu menjadi obat kangen bagi para perantau, obat kangen dengan kampung halaman.

5. Mendoan nikmat disajikan dengan sambal kecap atau cabai rawit

Selalu Bikin Kangen, Ini 5 Fakta Menarik Tempe Mendoan Khas Banyumascommons.wikimedia.org/Hersy_ardianty

Biasanya mendoan disajikan dengan sambal kecap atau cabai rawit. Sambal kecap tersedia dalam satu paket ketika Anda membelinya dari toko oleh-oleh. Makan mendoan yang masih hangat dengan sambal kecap dan cabai rawit sangatlah nikmat tiada tara.

Itulah fakta unik tentang tempe mendoan yang selalu bikin kangen. Kalau kalian main ke Purwokerto atau Banyumas jangan lupa makan tempe mendoan ya. Kalau ke Banyumas tempe mendoan adalah salah satu kuliner wajib yang harus kamu coba.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Tempe Mendoan yang Lezat, Anti Gagal!

Begras Satria Photo Verified Writer Begras Satria

Pencari makna dalam belantara kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya