4 Buah Ini Bisa Jadi Pengganti Kurma, Kandungan Gizinya Setara

#RamadanMasaKini Manfaatnya gak kalah dengan kurma

Buah kurma sangat identik dengan Ramadhan. Buah yang satu ini biasanya dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa. Tetapi yang menjadi kendala bagi setiap orang adalah harga kurma ketika Ramadhan melonjak tinggi.

Nah, ini akan ada 4 buah yang bisa menjadi pengganti kurma yang harganya lebih murah dan tetap memiliki manfaat yang sama. Penasaran buah apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Semangka

4 Buah Ini Bisa Jadi Pengganti Kurma, Kandungan Gizinya SetaraPexels/Rawpixel.com

Semangka bisa menjadi pilihan buah untuk pengganti kurma. Pasalnya buah ini memiliki kandungan cairan yang tinggi serta kandungan serat yang baik untuk pencernaan, sehingga sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Serta buah ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi yakni 17 gram, sehingga merupakan alternatif pengganti buah kurma yang baik.

2. Ceri

4 Buah Ini Bisa Jadi Pengganti Kurma, Kandungan Gizinya SetaraPexels/Pixabay

Buah ceri memiliki kandungan energi yang cukup besar. Kandungan itu dapat mengganti energi yang telah hilang setelah seharian berpuasa hanya dengan mengonsumsi 5-6 buah ceri ukuran sedang. Dan juga buah ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Oleh karena itu ceri bisa menjadi pilihan alternatif pengganti kurma.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Buah Naga Segar, Cocok untuk Minuman Berbuka

3. Anggur

4 Buah Ini Bisa Jadi Pengganti Kurma, Kandungan Gizinya SetaraPexels/BrunoScramgnon

Buah anggur juga dapat menjadi pengganti kurma. Pasalnya buah ini memiliki kandungan yang hampir sama dengan kurma. Buah ini mengandung kandungan gula yang cukup tinggi di mana 8-12 butirnya mengandung 23 gram gula. Buah ini juga diperkaya dengan kandungan yang mirip dengan kurma seperti kalori, karbohidrat, air, protein, serat, lemak, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan masih banyak lagi. 

4. Mangga

4 Buah Ini Bisa Jadi Pengganti Kurma, Kandungan Gizinya SetaraUnsplash/Hotchicksing

Buah mangga memiliki kandungan gula yang tinggi yakni sekitar 45 gram. Mangga juga diperlengkap oleh kandungan kalori, karbohidrat, air, protein, serat, lemak, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin D, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Oleh karena itu mangga menjadi salah satu buah yang bisa kamu jadikan pengganti kurma. Tetapi hal yang perlu diingat adalah pilihlah mangga yang rasanya tidak terlalu asam agar tidak mengganggu lambung.

Nah, itu tadi refrensi mengenai buah-buahan yang bisa menjadi pengganti kurma. Jadi gak perlu cemas dengan harga kurma yang lagi melonjak tinggi.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Berkat Prima Photo Community Writer Berkat Prima

Smart Boy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You