Comscore Tracker

Meski Enak, 6 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari kalau Ingin Cepat Hamil

Gak cuma calon ibu saja, buat calon ayah juga nih

Memiliki anak merupakan salah satu impian pasangan yang telah menikah. Selain faktor kesehatan masing-masing pasangan, ternyata makanan yang dikonsumsi juga mempengaruhi proses fertilisasi, lho. Baik yang dikonsumsi suami atau pun istri. 

Oleh karena itu, ada baiknya calon orangtua menghindari beberapa jenis makanan di bawah ini agar bisa cepat hamil.

1. Minuman dalam kemasan botol plastik

Meski Enak, 6 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari kalau Ingin Cepat Hamilpixabay.com/priyanka98742

Untuk meningkatkan kesuburan, baik pada wanita dan laki-laki, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bebas bisphenol A (BPA). Sebab, senyawa BPA dapat menurunkan tingkat kesuburan keduanya. Ironisnya, senyawa kimia satu ini banyak terkandung pada botol-botol plastik minuman kemasan.

Jika keadaan terdesak untuk membeli minuman dalam kemasan, sebaiknya memilih kemasan dalam botol kaca atau yang berbahan stainless steel. Lebih amannya, disarankan untuk membawa botol minum sendiri. Selain aman dan sehat, tentunya lebih ramah lingkungan.

2. Makanan dan minuman yang mengandung listeria

Meski Enak, 6 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari kalau Ingin Cepat Hamilpixabay.com/Myriams-Fotos

Apel impor, susu murni yang tidak dipasteurisasi, dan beberapa jenis keju termasuk bahan makanan yang mengandung bakteri listeria. Selain dapat menyebabkan keracunan, bakteri ini juga meningkatkan potensi keguguran.

Proses kehamilan memang biasanya baru terdeteksi pada satu bulan pertama. Sehingga lebih baik untuk menghindari bahan makanan yang mengandung listeria sebelum kehamilan terdeteksi. Tujuannya untuk menjaga organ kandungan dan kesuburan suami-istri.

3. Produk susu low fat

Meski Enak, 6 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari kalau Ingin Cepat Hamilfood-ndtv.com

Tidak hanya susu low fat, produk yoghurt rendah lemak juga termasuk dalam golongan ini. Saat dikonsumsi, produk low fat dapat menyebabkan tubuh melepaskan hormon androgen, yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi wanita. Jika siklus wanita berubah-ubah dan menjadi tidak teratur, tentunya akan sulit menghitung masa subur wanita.

Baca juga: Jangan Dibuang, Ternyata 7 Biji Buah Ini Sehat untuk Tubuh Lho

4. Makanan yang tinggi kadar gula

Meski Enak, 6 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari kalau Ingin Cepat Hamilstokpic.com

Selama program hamil, sebaiknya menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar gula. Misalnya seperti nasi putih, kentang, fast food, dan minuman bersoda. Apalagi kalau mengonsumsinya tanpa diimbangi dengan olahraga dan makanan sehat lainnya. Jika ingin cepat hamil, disarankan makan makanan yang tinggi serat, protein, dan rendah lemak.

Kadar gula yang meningkat dapat menyebabkan beberapa risiko. Mulai dari peradangan, membuat produksi hormon tidak stabil, hingga menghambat terjadinya ovulasi atau pembuahan. Padahal, untuk terjadinya kehamilan, hormon-hormon reproduksi harus tetap seimbang.

5. Daging dengan tingkat kematangan medium rare

Meski Enak, 6 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari kalau Ingin Cepat Hamilpixabay.com/RitaE

Bagi pecinta steik, terutama yang dimasak setengah matang atau medium rare, sebaiknya mulai menghindari makanan ini kalau ingin cepat hamil. Makanan-makanan yang boleh dikonsumsi wanita selama program hamil harus dimasak dengan tingkat kematangan sempurna. 

Tentu saja telur setengah matang dan sushi juga harus dihindari. Makanan-makanan yang tidak matang mengandung beberapa bakteri berbahaya, seperti salmonela, coliform, dan toxoplasmosis. Sehingga, usahakan setiap masakan yang disajikan matang sempurna ya!

6. Seafood yang mengandung merkuri

Meski Enak, 6 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari kalau Ingin Cepat Hamilpixabay.com/DanaTentis

Meski memiliki banyak manfaat, faktanya beberapa produk laut banyak yang terkontaminasi merkuri. Kadar merkuri sendiri dapat mengendap dalam tubuh, sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi janin. 

Merkuri dapat membahayakan dan merusak sistem saraf janin. Padahal, proses pembentukan sistem saraf biasanya dimulai pada saat seorang wanita belum menyadari bahwa dirinya tengah hamil. Sebagai gantinya, penuhi kebutuhan protein dari daging ayam, sapi, atau kacang-kacangan. 

Nah, kalau kamu ingin cepat hamil, perhatikan makanan-makanan di atas ya. Selamat mencoba!

Baca juga: 15 Varian Dessert Oreo yang Gak Ada di Indonesia, Bikin Ngiler!

Topic:

Just For You