Comscore Tracker

6 Trik Rahasia Memasak Ayam Super Enak, Rasanya Bikin Merem Melek

Rasanya bakal selalu dirindukan

Paling mudah diolah, ayam menjadi favorit banyak orang. Protein hewani ini bisa dijadikan berbagai macam masakan. Mulai dari digoreng, dibakar, sup, sampai kulitnya yang jadi primadona.

Namun, dibutuhkan proses agar ayam memiliki citra rasa yang sempurna dan memiliki tekstur yang tepat saat dimasak. Beberapa orang memikirkan teknik khusus untuk mengolah ayam menjadi super lezat. Padahal, jika mengikuti beberapa tips dan trik simpel ini, masakan ayam kamu bakal dirindukan banyak orang!

1. Rendam ayam di dalam yogurt untuk daging yang super empuk

6 Trik Rahasia Memasak Ayam Super Enak, Rasanya Bikin Merem Melekbudgetbytes.com

Selain kaya serat untuk melancarkan proses pencernaan, rupanya ada satu lagi kegunaan yogurt. Yogurt dapat membuat daging ayam menjadi cepat lunak atau empuk.

Caranya gampang, tinggal rendam daging ayam ke dalam yogurt. Kalau tidak ada yogurt, dapat juga digantikan dengan susu.

2. Sebelum memasak, mulailah dengan merendam ayam dengan air garam

6 Trik Rahasia Memasak Ayam Super Enak, Rasanya Bikin Merem Meleksavorymadesimple.com

Pasti gak enak banget kalau makan ayam cuma enak di bagian luarnya, tapi dagingnya hambar. Agar tidak terjadi hal semacam ini, kamu bisa merendam ayam di dalam air garam.

Tujuannya supaya rasa gurihnya menyebar dari luar sampai ke bagian terdalam. Selain merendamnya, bisa juga dengan melumuri ayam dengan garam.

3. Bukan dicemplungkan langsung ke minyak panas

6 Trik Rahasia Memasak Ayam Super Enak, Rasanya Bikin Merem Meleksaucierspecialties.com

Seringnya dalam menggoreng ayam, kita memanaskan minyak goreng terlebih dahulu, baru memasukan daging ayam. Ternyata, ada juga metode yang memasukkan ayam ke penggorengan dari awal, atau saat penggorengan masih dingin.

Proses ini akan secara perlahan mengeluarkan lemak yang terkandung pada ayam. Efeknya, akan membuat kulit ayam buatanmu menjadi semakin krispi dan gurih.

Baca juga: Lagi Ngetren, 6 Artis Ini Buka Bisnis Olahan Ayam

4. Sayap ayam lebih kriuk karena tambahan garam dan baking soda

6 Trik Rahasia Memasak Ayam Super Enak, Rasanya Bikin Merem Melekseriouseats.com

Siapa yang tidak suka chicken wings? Karena banyak yang menyukainya, untuk itu memasak sayap juga butuh trik khusus.

Sayap ayam sebaiknya dimasukkan dulu ke dalam campuran garam dan baking soda, lalu dibiarkan semalaman. Proses ini akan meningkatkan kerenyahan sayap ayam dan membuatnya tetap lembab. Sehingga, kamu dapat menikmati sayap ayam yang renyah dan tidak kering.

5. Suwir ayam pakai mixer. Gak lama, lho

6 Trik Rahasia Memasak Ayam Super Enak, Rasanya Bikin Merem Melekgeniuskitchen.com

Selama ini, menyuir ayam dapat dilakukan dengan bantuan garpu, pisau atau secara manual menggunakan tangan. Prosesnya membutuhkan beberapa waktu untuk menyuir satu bagian dada ayam. 

Nah, siapa sangka, rupanya menyuir ayam juga dapat dilakukan secara instan menggunakan mixer. Tinggal taruh daging ayam yang masih panas, nyalakan mixer, dan daging ayam akan tersuir dengan lembut secara sendirinya. Gak pake repot!

6. Bakar ayam lebih cepat kalau pakai mayonnaise

6 Trik Rahasia Memasak Ayam Super Enak, Rasanya Bikin Merem Melekdartagnan.com

Sebelum membakar ayam, coba baluri dulu seluruh daging dengan mayonnaise. Hal ini akan membuat proses membakar lebih cepat, karena tidak memerlukan olesan ulang di tengah proses pembakaran.

Selain itu, lemak yang terkandung pada mayonnaise akan membuat kulit ayam menjadi lebih krispi. Warna ayam bakar yang dihasilkan pun terlihat cokelat keemasan. Sempurna!

Siap mencobanya? Yuk, ke dapur!

Baca juga: VIDEO: Resep Sempol Ayam, Enak Banget dan Bikin Nagih!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya