Comscore Tracker

5 Manfaat Lain Wortel untuk Kesehatan

Untuk menjaga kelembapan kulit juga lho

Wortel merupakan salah satu bahan pangan yang paling banyak dijumpai. Selain digunakan sebagai sayuran, wortel juga dimanfaatkan untuk pengobatan. Selain kaya akan vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B kompleks, C, D, E, K, dan antioksida.

Wortel merupakan sayuran yang multi khasiat bagi kesehatan karena memiliki banyak kandungan zat gizi. Sering dikenal bermanfaat bagi kesehatan mata, ternyata wortel juga memiliki khasiat lain untuk kesehatan. Nah berikut 5 manfaat lain dari wortel bagi kesehatan.

1. Penyedia antioksidan bagi tubuh

5 Manfaat Lain Wortel untuk Kesehatanunsplash.com/Markus Spiske

Salah satu manfaat lain dari wortel adalah sebagai penyedia antioksidan bagi tubuh. Antioksidan adalah salah satu senyawa yang mamph menghambat reaksi oksidasi dengan mengikat radikal bebas dan molekul yang sangat reaktif. Dampak reaktivitas senyawa radikal bebas mulai dari kerusakan sel atau jaringan, penyakit autoimun, penyakit degeneratif, hingga kanker. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi wortel secara rutin, dapat mengurangi keganasan dari radikal bebas

2. Menjaga kelembapan kulit wajah

5 Manfaat Lain Wortel untuk Kesehatanunsplash.com/Louis Hansel

Selain dimanfaatkan sebagai bahan pangan, umbi wortel juga dapat digunakan untuk keperluan kosmetik, yakni menjaga kolembapan tubuh. Karoten dalam umbi wortel bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit, dan memperlambat timbulnya kerutan pada wajah, sehingga wajah selalu tampak berseri.

Untuk merawat kecantikan wajah, umbi wortel digunakan sebagai masker wajah dengan cara memarut umbi wortel lalu ditambah kuning telur dan diaduk hingga rata. 

Baca Juga: Girls, Ini Lho Ternyata 6 Manfaat Jus Wortel untuk Kecantikan

3. Mampu menyuburkan rambut

5 Manfaat Lain Wortel untuk Kesehatanunsplash.com/Markus Spiske

Selain untuk mempercantik kulit, kandungan karoten yang dimiliki wortel juga dapat memperkuat jaringan tempat tumbuh helaian rambut, sehingga dapat menyuburkan rambut. Untuk menyuburkan rambut, wortel digunakan sebagai hairtonic. Pemakaian wortel untuk hairtonic sangat dianjurkan terutama untuk kamu yang memiliki jenis rambut yang kering. Hal ini karena wortel dapat menjaga kelembaban kulit kepala akibat kekurangan minyak.

4. Dapat mencegah kanker

5 Manfaat Lain Wortel untuk Kesehatanunsplash.com/Harshal S. Hirve

Wortel memiliki kandungan zat-zat yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit. Salah satu kandungan kari wortel adalah betakaroten. Senyawa β-karoten yang dimiliki wortel dapat menimbulkan kekebalan tubuh terhadap penyakit tumor. Betakaroten juga mampu menghambat penyebaran sel kanker serta mengaktifkan enzim pelawan kanker.

5. Mereduksi plasma kolesterol serta mengurangi terjadi obeositas

5 Manfaat Lain Wortel untuk Kesehatanunsplash.com/Gabriel Gurrola

Wortel nerupakan sayuran yang tergolong memiliki kadar serat pangan tinggi, baik serat pangan larut maupun serat pangan tidak larut. Serat pangan larut yang dimiliki wortel lebih efektif dalam mereduksi plasma kolesterol yaitu low density lipoprotein (LDL), serta meningkatkan kadar high density lipoprotein (HDL). Serat pangan larut juga dapat membantu mengurangi terjadinya obesitas, penyakit jantung dan mencegah penyakit divertikulosis. Serat pangan tidak larut tersebut sangat penting peranannya dalam pencegahan disfungsi alat pencernaan seperti konstipasi, ambeien, kanker usus besar dan infeksi usus buntu.

Nah itulah 5 manfaat yang dimiliki wortel selain untuk kesehatan mata. Teruslah konsumsi wortel agar tubuh, kulit serta rambutmu semakin sehat.

Baca Juga: Mudah Banget, 5 Kreasi Resep Berbahan Wortel yang Sehat dan Kekinian

Bife SoE Photo Community Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You