Comscore Tracker

4 Cara Mudah Memilih Labu Kuning yang Baik, Biar Gak Salah Pilih!

Siapa suka labu kuning nih? Enak banget untuk buka puasa!

Labu kuning adalah salah satu bahan pangan lokal yang mempunyai kandungan gizi tinggi dan baik bagi tubuh manusia. Nilai gizi yang dimiliki labu kuning seperti beta karoten, vitamin A, serat, vitamin C, vitamin K, dan niacin atau vitamin B3. Selain itu labu kuning juga mengandung mineral seperti kalium, zat besi, fosfor, magnesium, dan kalium.

Kandungan gizi yang tinggi membuat labu kuning banyak dipilih sebagai bahan dasar pembuatan kue kering atau cookies ataupun dijadikan sebagi sayur. Dalam membuat suatu hidangan tertentu, labu kuning yang dipilih haruslah memiliki kualitas yang bagus agar nantinya dapat diterima dan diminati banyak orang. Agar bisa menghasilkan hidangan yang nikmat, labu kuning yang dipilih haruslah yang baik berdasarkan aroma, warna, tekstur dan rasa yang khas dari bahan dasar yang digunakan.

Biar gak salah pilih, yuk simak empat cara memilih labu kuning yang baik!

1. Perhatikan warna kulit labu kuning

4 Cara Mudah Memilih Labu Kuning yang Baik, Biar Gak Salah Pilih!unsplash.com/JESHOOTS.COM

Warna merupakan komponen yang sangat penting untuk menentukan kualitas atau derajat penerimaan suatu bahan pangan. Salah satu cara memilih labu kuning yang baik berdasarkan warnanya adalah dengan menghindari memilih labu kuning yang memiliki bintik putih atau menghitam pada kulitnya. Labu yang memiliki bintik putih atau hitam pada kulitnya menuntulan bahwa labu kuning tersebut habis jatuh atau terbentur.

2. Jangan memilih labu yang berjamur

4 Cara Mudah Memilih Labu Kuning yang Baik, Biar Gak Salah Pilih!unsplash.com/Marius Ciocirlan

Aroma atau bau merupakan salah satu aspek yang mendukung suatu makanan akan disukai oleh seseorang atau tidak. Aroma makanan yang wangi secara langsung akan menarik minat seseorang untuk mencicipinya. Cara memilih labu yang baik adalah dengan menghindari memilih labu yang berjamur.

Tanda yang menunjukkan labu kuning berjamur adalah ditandai dengan warna keputihan, atau abu-abu menyerupai kapas. Selain itu cobalah untuk periksa bagian batangnya, jika tercium aroma jamur, maka bisa dipastikan dalamnya juga berjamur.

Baca Juga: 10 Khasiat Biji Labu Bagi Kesehatanmu, Jangan Dibuang ya!

3. Pilihlah labu yang berat

4 Cara Mudah Memilih Labu Kuning yang Baik, Biar Gak Salah Pilih!unsplash.com/Derek Owens

Cara lain yang dapat digunakan dalam memilih labu kuning yang baik adalah dengan memilih labu yang berat. Selain bentuk fisiknya bagus, kamu juga harus memastikan ukuran berat labu. Hal ini berhubungan dengan matang atau tidaknya labu kuning tersebut. Jika terasa berat menunjukkan kandungan air dalam labu cukup banyak dan berarti labu tersebut sudah matang.

4. Cobalah mengetuk labu kuning

4 Cara Mudah Memilih Labu Kuning yang Baik, Biar Gak Salah Pilih!unsplash.com/Jake Lorefice

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan agar bisa mendapatkan labu kuning yang baik adalah dengan mengetuk. Ketika kamu mengetuk labu kuning dan terdengar berongga, maka menunjukkan bahwa labu tersebut sudah matang. Namun jika yang kamu dapatkan adalah sebaliknya, maka bisa dipastikan bahwa labu kuning tersebut belum matang atau bahkan sudah busuk.

Nah guys, itulah empat cara mudah dalam memilih labu yang baik. Tunggu apa lagi nih, yuk terapkan empat cara ini agar makanan yang kamu hasilkan dari labu kuning tersebut, dapat disukai banyak orang.

Baca Juga: 6 Manfaat Sayur Labu Siam, Kurangi Resiko Stroke Juga Lho

Bife SoE Photo Verified Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya