Comscore Tracker

Nostalgia, 5 Warung Es Sirup di Malang dengan Topping Roti Tawar

Rasa nikmat harga hemat

Jauh sebelum ada minuman boba, dalgona, atau sejenisnya, untuk melepaskan dahaga, banyak orang yang menjatuhkan pilihan pada es. Salah satunya es sirup yang ditambahi selembar roti tawar di atasnya, menyegarkan sekaligus mengenyangkan.

Sayangnya, di era milenium ketiga, memang semakin sulit menemukan pedagang yang menjual es jadul tersebut. Nah, kalau kamu sedang liburan ke Malang dan ingin bernostalgia dengan es sirup plus roti tawar, ini sejumlah referensi yang dapat disambangi.

1. Es ketan hitam tanimbar

Nostalgia, 5 Warung Es Sirup di Malang dengan Topping Roti Tawarinstagram.com/alymalyma

Ini bisa dikatakan sebagai warung es legendaris di Malang karena konon sudah eksis sejak tahun 1950-an silam. Seperti namanya, lokasinya di Jalan Tanimbar, tepat di depan SMK Negeri 4 Malang, dulu SMK Grafika, sehingga juga sering disebut Es Grafika.

Alih-alih es batu, minuman ini memakai air santan yang dibekukan. Lantas, diisi dengan ketan hitam, dawet berwarna merah, dan disiram sirup. Pelengkapnya, disajikan selembar roti tawar di atasnya, yang juga disiram sirup merah. Hmm, segar.

2. Es santan 68

Nostalgia, 5 Warung Es Sirup di Malang dengan Topping Roti Tawarinstagram.com/cobainyuk.id

Tidak jauh dari es ketan hitam tanimbar, kamu juga bisa menemukan sajian sejenis di Es Santan 68. Letaknya di Jalan Sempu dan kabarnya sudah ada sejak tahun 1968 silam. Saat ini, Es Santan 68 juga hadir di Jalan Puncak Borobudur, dekat SMAN 9 Malang.

Bahan minuman ini sebenarnya sederhana, hanya santan, gula, pandan hijau, vanili, tape, dan cendol. Tidak lupa, penjual menambahkan roti tawar yang disiram sirup. Untuk menikmati segelas es sederhana nan nikmat ini, cukup membayar harga Rp4.000,- an.

Baca Juga: Legend Banget! 7 Kuliner Malang Tempo Dulu yang Wajib Kamu Coba

3. Es sirup selorejo (es Tombo Ngelak)

Nostalgia, 5 Warung Es Sirup di Malang dengan Topping Roti Tawarinstagram.com/nengbiker/

Seperti namanya, lokasi penjual es ini berada di perempatan Jalan Selorejo. Es Tombo Ngelak bisa diartikan sebagai es pelepas dahaga. Berbeda dengan dua es sebelumnya, penjual menyajikannya dengan mangkuk, sehingga porsinya sedikit jumbo.

Dalam satu mangkuk tersebut, sudah ada bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, cincau hitam, plus santan yang gurih dan menggiurkan. Satu mangkuk dibanderol dengan harga Rp4.000,- Sementara, jika ingin plus roti tawar di atasnya, cukup menambah Rp1.000,-.

4. Es Tempoe Doeloe Mangliawan

Nostalgia, 5 Warung Es Sirup di Malang dengan Topping Roti Tawarinstagram.com/inginkurrus_

Namanya sudah mencerminkan jajanan yang disajikan. Es Tempoe Doeloe menyajikan kesegaran es santan yang dikombinasikan ketan hitam, bubur kacang hijau, dawet, dan roti tawar. Satu porsi es plus roti tawar dibanderol dengan harga Rp4.000.- an saja.

Kalau kamu ngiler, bisa langsung meluncur ke kawasan Mangliawan, tepatnya di Jalan Raya Wendit Timur, No. 6. Lokasinya tidak jauh dari Taman Rekreasi Wendit, menuju arah timur (arah ke Tumpang) kalau kamu berangkat dari Kota Malang.

5. Warung es Lindu

Nostalgia, 5 Warung Es Sirup di Malang dengan Topping Roti Tawarinstagram.com/melidoyanmakan

Masih di kawasan Malang sisi timur, ada pula warung es Lindu yang menyajikan es sirup plus selembar roti tawar di atasnya. Tempatnya berada di di pertigaan Terminal Madyopuro-Velodrome, tidak jauh dari perumahan Sawojajar, Malang.

Sedikit berbeda dengan kuliner sejenis, es sirup di tempat ini disajikan bersama dengan roti singkong dan ketan hitam yang diklaim buatan rumah alias homemade. Dihidangkan dalam gelas kaca bening, satu porsi dibanderol dengan harga cuma Rp5.000,- an.

Selain daftar di atas, rekomendasi lain yang bisa juga didatangi antara lain di kawasan Jalan Sulfat, pojok selatan Hutan Malabar, atau di depan Taman Halmahera. Kamu mungkin punya referensi yang lain?

Baca Juga: Bikin Nagih, Inilah 9 Street Snack di Malang yang Wajib Kamu Ketahui

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya